26 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

A Playground
A

Oleh: Faldo Maldini (Mantan Ket.BEM UI & PPI UK)

Bekerja, yang dipahami sebagian (atau bahkan banyak) orang sebagai aktivitas pergi jam X pulang jam Y, menerima gaji pada tanggal Z pada sebuah kantor berlabel XYZ dan itu berjalan menjadi rutinitas. Namun, ada sebagian orang lagi mendefinisikan bekerja dengan menjadi pebisnis dengan cita-cita besar bisa menaklukkan uang dengan pola aktivitas bisa lebih padat dari mainstream atau bisa juga lebih lowong. Ya, begitulah bekerja dipahami secara garis besar di lingkungan kita 🙂

Namun untuk diri saya sendiri, impian saya tentang kantor dan bekerja sudah saya buang jauh jauh ketika mendefinisikan kembali bekerja itu seperti apa.

Fase Hidup yang Harus Dijalani

Setelah dipikir ulang, bekerja adalah fase hidup yang harus dijalani manusia pasca selesai sekolah (pun beres doktor). Mau namanya punya usaha sendiri, namanya juga bekerja. Suka tidak suka, bekerja perlu terus dilakukan untuk melanjutkan hidup (memenuhi kebutuhan hidup), kecuali ada yang bisa menanam pohon uang sehingga bisa hongkang-hongkang kakisambil tidur-tiduran.

Jadi memang pada akhirnya, jika ada seseorang ada yang mau bilang “Gw gak mau hidup dengan kerja” mungkin kerja yang dimaksud adalah kerja yang dipahami banyak orang, yakni berupa rutinitas seperti yang saya sampaikan pada awal tulisan ini.

Memang, ada kerja yang berupa rutinitas yang bisa jadi membosankan. Namun bukan berarti itu hal yang buruk. Dulu, saya merupakan orang yang mengutuk aktivitas rutinitas membosankan, namun pada akhirnya saya pun memperbaiki pola pikir saya ketika mendengarkan banyak cerita dari kawan yang bekerja seperti itu. Bagi mereka itu pun menyenangkan. Saya menikmati cerita-cerita bagaimana challenge di kantor yang mereka hadapi yang juga tak kalah menantang dengan cerita orang-orang yang merintis usahanya dengan bisnis.

Pada titik ini saya pun berkesimpulan

Tidak ada yang lebih keren di antara kerja kantoran/luar kantoran (bisnis atau usaha sendiri). Semua tergantung bagaimana kita menikmati dan mensyukurinya

Bekerja = Bermain?

Mungkin ini yang menjadi keyakinan saya saat ini. Bekerja tak jauh beda dengan bermain. Asumsi asumsi tentang kerja menjadi “BERAT” tatkala dibicarakan dengan Professor. Membicarakan bekerja menjadi “SULIT” ketika bertemu CEO perusahaan besar. Tak jarang pula diskusi tentang kerja menjadi “RUMIT” jika dibicarakan dengan orang yang lebih tua.

Namun, untuk saat ini saya mencoba memaknai bekerja dengan definisi sendiri. Yakni memaknainya sebagai sebuah arena… sebuah tempat bermain

Working space is a playground

Terminologi playground bisa menjadi sebuah ceruk ketika kita menganggap pekerjaan itu membosankan, tidak ada peningkatan kapasitas diri dan terasa melelahkan.

A playground… Tempat untuk bermain bersama teman-teman dan tim. Di tempat kerja kita bermimpi, berimajinasi dan berinovasi. Pun ada rutinitas yang dijalani, hal itu tidak mematikan waktu waktu untuk bermimpi tentang hal ideal yang ingin kita capai, Indonesia yang ingin kita wujudkan, tidak menghambat kita mendobrak stagnansi dan status quo yang sedang berjalan di dunia ini.

A playground… Menganggap tim yang membersamai kita adalah teman main bareng.Dimana kita bisa saling belajar, saling bertanya, saling memberitahu, dan saling berbagi mimpi. Mimpi yang akan kita wujudkan dengan tangan kita sendiri dan bersama tim. Semuanya tumbuh bersama, bukan hanya untuk Bos nya, tapi juga tim nya. Setidaknyaplayground yang menjadi tempat bekerja ini memberi leverage bagi setiap orang yang ada di dalamnya

A playground… Ya, begitulah tentang bekerja yang saya maknai hari ini. Pun juga ketika kuliah dan melakukan penelitian sebagai pekerjaan, rasa-rasanya jika dianggap beban akan menghasilkan sesuatu yang tidak oke. Namun, ketika dianggap seperti bermain, masuk Lab dari jam 8 pagi dan pulang jam 11 malam (dan itu berjalan selama 1 minggu) rasanya bukan menjadi masalah. Dan tak jarang hasil yang didapatkan pun sangat baik

Karena kita menganggapnya seperti bermain. Ada rasa bahagia yang hadir selayaknya seperti yang kita tau saat orang-orang (anak kecil) yang bermain.

Maka dari itu kawan..

Jadikanlah apa-apa yang kita kerjakan bagaikan mainan kita. Ciptakan tempat kerja yang memungkinkan kita semua bagaikan sedang “bermain”. Setidaknya dengan begitu kita akan bahagia dan tidak takluk oleh lingkungan sekitar kita 🙂

Selamat bermain! 🙂

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...
- Advertisement -

Bupati Sijunjung Buka Kegiatan Gebyar PKH Cinta Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir membuka secara resmi kegiatan Gebyar PKH Cinta vaksin Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Senin (19/7).

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -