32 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Petugas Trantib Pasar Dilatih 4 Hari di Taram
P

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 30 petugas trantib (ketentraman dan ketertiban) Bidang Pengelola Pasar Dinas Koperindag Payakumbuh, menjalani pendidikan dan pelatihan di alam terbuka di kawasan Bukit Bulek Taram, Kabupaten Limapuluh Kota. Selama empat  hari,  23-26 Januari 2013, pelatihan itu dimaksudkan dalam rangka membentuk karakter dan berkepribadian yang baik, sebagai petugas yang  pengayom masyarakat.

Sebelum bertolak ke pemusatan latihan, ke-30 petugas trantib dilepas Kepala Dinas Koperindag Indra Syofyan, SE, MM, dalam acara di halaman kantor setempat, Kamis.  Pada kesempatan itu, Kadis Koperindag didampingi Sekretaris Diskoperindag Suhatril, S.Pd dan Kabid Pengelola Pasar Devitra, S.Sos serta  sejumlah pejabat lainnya.

Kepada petugas trantib, Kadis koperindag Indra Syofyan, mengingatkan, agar seluruh petugas menjalani latihan dengan disiplin dan semangat juang yang tinggi. Selain itu juga dipesankan, agar memelihara  kebersamaan dan kekeluargaan. Karena, saat bertugas nanti dalam menertibkan pasar Payakumbuh, disiplin dan semangat kebersamaan sangat diperlukan. Sikap tersebut tidak dapat timbul sendirinya jika tidak dilatih sedari dini, dan ditempat dengan pengalaman dalam hidup keseharian, tegasnya.

Dikatakan, tantangan tugas di lapangan nanti, sangat berat dan melelahkan. Karena menghadapi ragam sikap dan tingkah pedagang.  Karena, sebagian   pedagang, terutama pedagang usaha mikro,  cenderung  indisipliner,  suka memasuki kawasan terlarang buat berdagang. Karena itu, kekuatan mental dan kesabaran petugas sangat diperlukan. Pelatihan ini, katanya, akan melatih tingkat kesabaran dan ketangguhan petugas trantib, selain akan diperoleh dalam pengalaman kerja.

Kegiatan pembinaan dan pembekalan fisik dan mental itu, selain diberikan oleh pejabat dalam lingkungan Dinas Koperindag sendiri, juga melibatkan anggota TNI-AD dan anggota pencinta alam Payakumbuh. Di antara materi yang diberikan,  pelatihan baris-berbaris (PBB), hiking, outbond, dan pembinaan mental yang nantinya bermaterikan sikap sikap budi pekerti dan kepribadian.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img