25.8 C
Padang
Sunday, October 25, 2020

Pesisir Selatan Kembangkan Pengolahan dan Pemasaran Ikan

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pada 2016 akan lebih fokus mengembangkan usaha pengolahan ikan, dan memperluas pemasarannya guna menggairahkan usaha sektor perikanan daerah itu.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran (P2KP) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat, Syahrul di Painan, Rabu, mengatakan untuk unit usaha pengolahan ikan, pihaknya berencana mendirikan toko pemasaran hasil olahan ikan.

Sesuai rencana awal, toko itu nantinya berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Painan. Kami akan sasar wisatawan yang setiap minggunya selalu memadati Pantai Carocok, kata dia.

Sementara untuk usaha pengolahan ikan, pemerintah daerah akan terus melakukan pembinaan pada sebanyak 44 kelompok usaha rumah tangga yang menjadi binaan DKP Pesisir Selatan.

Pengembangan itu, tambahnya dilakukan melalui bantuan anggaran pada program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (GPEMP).

Program GPEMP merupakan salah satu program unggulan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan potensi ekonomi di daerah secara optimal.

Kegiatan itu ditujukan untuk mengembangkan masyarakat pesisir yang mata pencahariannya bersumber dari eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya pesisir dan kelautan.

Selain itu, juga dibina melalui program bantuan Pengembangan Usaha Mina Perikanan (PUMP) yang masing-masing kelompok nantinya akan diberi alokasi dana Rp50 juta.

Dengan besaran modal itu, setiap kelompok usaha dapat membeli berbagai peralatan untuk mengolah ikan dengan skala industri rumah tangga, jelasnya.

Selain itu, DKP Pesisir Selatan pada 2016 juga mengalokasikan dana dari APBD sebesar Rp900 juta untuk pembinaan dan promosi.

Ia berharap bagi masyarakat atau kelompok masyarakat yang tersentuh program pembinaan dan pemberdayaan untuk dapat memanfaatkan program ini semaksimal mungkin.

Sebab tujuannya adalah untuk kesejahteraan dan perbaikan ekonomi masyarakat, harapnya. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....

Polres Inhil Ungkap Narkoba, 50 KG Sabu Berhasil Diamankan

Riau, - Sat Narkoba Polres Inhil patut diapresiasi karena berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis shabu seberat 50 kilo, di Perkebunan milik PT...

Wako Riza Harapkan ASN Berikan Pelayanan Bersih. Tolak Pungli Dan Gratifikasi

Payakumbuh --- Wali Kota Riza Falepi berharap setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dalam pelayanan yang...

Dr Andani Gagas Gerakan Semesta Menghadapi Pandemi

Solok Selatan, - Guna menyiapkan nagari-nagari yang berdaya dalam masa pandemi Covid, diperlukan usaha-usaha yang konkrit dari berbagai lini untuk menghadapinya. Konsep...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -