25.4 C
Padang
Friday, October 30, 2020

Persoalan Pendidikan Dominasi Laporan ke Ombudsman Sumbar

Padang – Persoalan seputar pendidikan menjadi bidang yang paling banyak dilaporkan masyarakat ke Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Barat sepanjang 2015.

“Pada 2015 kami menerima 270 pengaduan pelayanan publik dari masyarakat, sebanyak 44 aduan atau 16 persen substansi laporan di antaranya menyangkut masalah pendidikan,” kata Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar Yunafri di Padang, Rabu.

Ia merinci persoalan bidang pendidikan yang dilaporkan masyarakat antara lain pungutan tidak resmi di sekolah, kekurangan guru, perbuatan tidak patut guru kepada murid, pengelolaan dana pendidikan dan sertifikasi guru.

Kemudian kesalahan perguruan tinggi sehingga mahasiswa tidak dapat diwisuda, kekurangan sarana pendidikan, persoalan beasiswa, keselamatan di lingkungan kampus dan proses belajar mengajar, ujar dia.

Menurut Yunafri, pada tahun sebelumnya persoalan yang mengemuka soal pendidikan didominasi oleh pungutan liar di sekolah yang terjadi di Padang. Namun pada 2015 sudah berkurang dan lebih banyak terjadi di kabupaten dan kota lain di Sumbar.

Ia mengatakan sebagian besar persoalan yang dilaporkan sudah diselesaikan dengan menyurati pihak yang dilaporkan dan memberikan rekomendasi.

Yunafri optimistis ke depan pihaknya akan lebih maksimal menyelesaikan pengaduan masyarakat apalagi mengacu kepada Undang-Undang nomor 23 tahun 2015 yang menyatakan kepala daerah wajib melaksanakan rekomendasi Ombudsman.

Jika kepala daerah tidak melaksanakan maka Kemendagri akan menjatuhkan sanksi berupa pembinaan khusus, ujar dia.

Sementara Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman perwakilan Sumbar Adel Wahidi mengatakan dari tahun ke tahun kesadaran masyarakat untuk melapor ke Ombudsman semakin meningkat.

“Ini pertanda kesadaran untuk memperoleh pelayanan prima semakin tinggi,” kata dia.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan dalam negeri mendorong pemerintah daerah di Sumbar membenahi pelayanan publik agar bisa masuk zona kuning dan zona hijau.

“Sebagian besar pelayanan publik di Sumbar masuk zona merah, kecuali Padang masuk zona kuning, kami mendorong agar pemerintah daerah terus membenahinya,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy.

Menurut dia, pelayanan publik yang ideal sudah harus berbasis teknologi informasi sebagai jaminan kemudahan bagi masyarakat.

“Semua pelayanan publik harus menggunakan teknologi informasi sehingga lebih cepat dan akurat,” lanjut dia. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KPU Padang Pariaman Gelar Penyegaran Komitmen Profesionalitas Dan Integritas PPK

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan kegiatan penyegaran komitmen profesionalitas, dan integritas kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)...

21 ASN Kecamatan Payakumbuh Timur Dimutasi, Camat Irwan : Kebutuhan Organisasi dan Penyegaran

Payakumbuh --- Roda mutasi bergulir di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Senin (26/10) Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi menggelar mutasi terhadap ratusan ASN...

HWK Sumbar Bantu Tiga Keluarga Tinggal Satu Atap di Kota Padang

PADANG - Pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda semakin berdampak pada perekonomian masyarakat. Seperti yang tengah dialami oleh tiga keluarga yang tinggal satu...

Para Pengemudi Layanan “Maxim” di Padang Mendonorkan Darah untuk Palang Merah Indonesia

Padang,- Pada tangga 24 Oktober, sekitar 15 pengemudi layanan dan puluhan masyarakat yang peduli di kota ini telah mengisi bank persediaan darah...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Tanah Datar Selalu Imbau Pengunjung Pasar Batusangkar Gunakan Masker

Tanah Datar, www.beritasumbar.com- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres tanah Datar selalu mengimbau pengunjung Pasar Batusangkar agar tetap memakai masker, guna mencegah penyebaran...

Polres Limapuluh Kota Berhasil Mengamankan Dua Tersangka yang Miliki 135 Paket Besar Ganja

Limapuluh Kota, www.beritasumbar.com - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota berhasil mengamankan dua tersangka penyalahgunaan narkotika berinisial RS dan YFA yang miliki 135...

Bawaslu Limapuluh Kota Telah Keluarkan Enam Peringatan Selama Masa Kampanye

Limapuluh Kota, BeritaSumbar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota telah mengeluarkan enam peringatan tertulis kepada calon yang maju dalam Pilkada...

Peringati Sumpah Pemuda, Kodim 0310/SSD Gelar Penegakan Protokol Kesehatan

Sijunjung, www.beritasumbar.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92 tahun 2020 jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD menggelar penegakan disiplin protokol kesehatan kepada...
- Advertisement -