28 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peringati Momentum Tahun Baru Islam, Remaja Di Padang Pariaman Lakukan Ini
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariamanberitasumbar.com – Untuk memperingati Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah, sekelompok remaja yang tergabung dalam sebuah kesatuan pemuda Nagari Kurai Taji, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman mengadakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi remaja setempat di Masjid Raya Ketimbuang pada 21-22 Agustus 2021.

Ketua panitia M. Raffi Nasdi mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk Nagari Kurai Taji, yang panitianya melibatkan seluruh pemuda Paguah Dalam yang berjumlah 28 orang dan remaja Masjid Raya Katimbuang.

“Jenis kegiatan yang dilombakan ada tiga cabang, yakni MTQ remaja, Tilawah remaja, adzan remaja, pidato,” sebutnya mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Syariah UIN IB Padang, baru-baru ini.

Ia menyebutkan pada kegiatan tersebut berkesempatan untuk menjadi pengamat lomba cerdas cermat Islam bersama Muhamad Berkah. Selain itu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta lainnya juga terlibat beberapa orang yang ahli di bidang-bidang perlombaan untuk menjadi dewan juri.

Panitia memberikan hadiah tropi khusus untuk para pemenang dalam lomba ini. Total piala yang diberikan sebanyak 9 piala untuk 3 kegiatan lomba bagi juara I, II dan III pada setiap kategori. Dalam pemberian tropi pemenang ini langsung diserahkan oleh ketua pemuda dan Kapalo Mudo Nagari Kurai taji beserta perwakilan pemuda lainnya.

Rafi menyebutkan selama berlangsungnya kegiatan tersebut memotivasi kembali anak anak mengaji dan qori-qoriah semakin giat lagi dan menggembirakan dakwah pada momentum Tahun Baru Islam. Melalui kegiatan ini pemuda Paguah Dalam dapat semakin mendekatkan diri dan melakukan program memberdayakan masyarakat khususnya bagi remaja atau pelajar Nagari Kurai Taji.

Dalam kegiatan tersebut juga mengundang 13 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) se-Nagari Kurai Taji untuk mengikuti acara tersebut, dan kegiatan berjalan lancar tidak ada halangan dengan jumlah peserta yang hadir lebih kurang 70 orang.

Ketua Pemuda Korong Paguah Dalam Efriandi ketika memberikan sambutan acara tersebut mengatakan kegiatan itu merupakan langkah awal bersama pemuda bagaimana bisa mengajak kembali anak-anak muda untuk ke masjid, khususnya remaja Korong Paguah Dalam.

Perwakilan dari Pemerintah Nagari Kurai Taji, Lisa Refmita mengatakan melihat antusias anak-anak muda dalam kegiatan islam ini, pemerintah nagari sangat mendukung penuh baik sarana prasarana serta fasilitas seperti khafilah serta hadiah di dalam RAPB nagari untuk menyukseskan acara MTQ ke depannya.

“Harapan kami seluruh pemuda aktif dalam membangun nagari bidang SDM guna mewujudkan cita-cita nagari yang aktif, inovatif serta produktif meski pada masa pandemi,” katanya yang juga Kaur Tata Usaha dan Umum itu.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh PLT Kepala KUA Nan Sabaris. Tampak hadir juga dalam kegiatan MTQ se- Nagari Kurai taji yaitu Kepala KUA Nan Sabaris, Staff Nagari, Ketua pemuda Korong Paguah Dalam, alim ulama, unsur perwakilan Korong se-Nagari kurai Taji. (Bima/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img