29 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Perda Penggabungan Disetujui, 14 KELURAHAN PAYAKUMBUH BERKURANG
P

Kategori -

Menyusul lahirnya 11 Perda Kota Payakumbuh tentang penggabungan kelurahan, jumlah kelurahan di Payakumbuh  berkurang sebanyak 14 dari 76 kelurahan yang ada sekarang.  DPRD  menyetujui Ranperda menjadi Perda penggabungan kelurahan yang diajukan pemko, sejak Juli 2014. Gubernur Sumatera Barat melalui Biro Hukum Setdako, telah meregistrasi Perda yang telah disepakati dewan dimaksud.

Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, didampingi Asisten I Setdako Yoherman dan Kabag Tapem Erwan, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, menginformasikan, Kamis (16/10), 11 kelurahan baru itu hasil penggabungan 25 kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Utara, Kecamatan Payakumbuh Barat dan Kecamatan Payakumbuh Timur. Secara bertahap, ke depan pemko akan terus melakukan penggabungan kelurahan, agar menjadi jumlah yang ideal sebanyak 41 atau 43 kelurahan.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 126 ribu jiwa ini, idealnya kota Payakumbuh hanya punya  41 atau 43 kelurahan saja. Karena, berdasarkan peraturan Mendagri, sebuah kelurahan itu harus punya penduduk minimal 2.000 jiwa. Di Payakumbuh, banyak kelurahan yang penduduknya di bawah angka tersebut,” tambah sekdako.

Dampak positif bagi 11 kelurahan baru dimaksud, di tahun anggaran 2015 nanti, kelurahan bersangkutan bakal memperoleh kucuran dana APBD yang lebih besar. Kelurahan dimaksud, akan lebih leluasa membelanjakan dana yang diperoleh buat kepentingan peningkatan  pembangunan fisik serta kesejahteraan warganya. “Kita menganggarkan, kalau bisa setiap kelurahan baru itu akan memperoleh kucuran APBD lebih kurang Rp50 atau Rp100 juta, sebutnya.

11 Perda yang menetapkan penggabungan kelurahan itu, terdiri Perda Kota Payakumbuh Nomor 5/2014, tentang pembentukan  Kelurahan Kototuo Limokampuang, (penggabungan Kelurahan Limo Kampuang dan Kelurahan Koto Tuo, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Kemudian Perda Nomor 6/2014, tentang pembentukan Kelurahan  Kapalo Koto Ampangan, (penggabungan  Kapalo Koto dan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan).

Di Kecamatan Payakumbuh Selatan, dari 9 kelurahan yang ada sekarang, untuk sementara tinggal 7 kelurahan, yaitu kelurahan-kelurahan Limbukan, Padang Karambia, Sawah Padang, Aur Kuniang, Balai Panjang dan dua kelurahan baru Kototuo Limokampuang serta Kapalo Koto Ampangan.

Berikutnya, di Kecamatan Payakumbuh Timur dari 14 kelurahan dengan terbitnya dua perda baru tentang pembentukan kelurahan, maka tinggal lagi 9 kelurahan. Lima kelurahan lama yang masih bertahan Kotopanjang Payobasuang, Kotobaru Payobasuang, Payobasuang, Bodi, Payobada Padang Tangah dan Balai Jariang. Sedangkan, sembilan kelurahan digabung menjadi 4 kelurahan, yaitu Kelurahan Padang Alai Bodi yang diatur dalam Perda Nomor 7/2014 (penggabungan Padang Alai dan Bodi).

Kelurahan Tiaka diatur dalam Perda Nomor 12/2014 (penggabungan Balai Batimah, Balai nan Tuo, dan Ranah).  Kemudian, Perda Nomor 10/2014, tentang pembentukan Kelurahan Padang Tiakar (penggabungan Padang Tiakar Hilir dan Padang Tiakar Mudik). Perda Nomor 11/2014 tentang pembentukan Kelurahan Sicincin (peggabungan Sicincin Hilir dan Sicincin Mudik).

Di Kecamatan Payakumbuh Utara, dari 25 kelurahan dengan perda pembentukan kelurahan baru, akan  berkurang menjadi 20 kelurahan. Delapan kelurahan lama digabung menjadi  3 kelurahan. Masing-masing Kelurahan Ompang Tanah Sirah (penggabungan Tanjung Anau, Talawi, dan Balai Batuang), Kelurahan Taratak Padang Kampuang (penggabungan Tambago dan Payonibuang) dan Kelurahan Tigo Koto Dibaruah (penggabungan Nan Kodok, Kaniang Bukik dan Payolinyam). Pembentukan kelurahan baru ini secara berturut di atur dalam Perda Nomor 13/2014, Perda Nomor 14/2014 dan Nomor 15/2014.

Sedangkan, 17 kelurahan lama yang masih bertahan masing-masing kelurahan-kelurahan Labuah Baru, Koto Baru Balai Janggo, Balai Baru, Balai Kaliki, Balai Cacang, Balai Gadang, Balai Gurun, Muaro, Pasia,  Taruko, Tarok, Napa, Padang Kaduduak, Balai Jariang, Pasir, Bunian, Kubu Gadang dan Cubadak Air.

Sementara di Kecamatan Payakumbuh Barat, dari 22 kelurahan yang ada baru 4 kelurahan yang digabung menjadi dua kelurahan. Dua kelurahan baru itu, Kelurahan Padang Tinggi Piliang (gabungan Padang Tinggi dan Piliang) dan Kelurahan Nunang Daya Bangun (gabungan Nunang dan Daya Bangun), diatur dalam Perda Nomor 8/2014 dan Nomor 9/2014.

Delapan kelurahan lama yang belum digabung, yaitu kelurahan-kelurahan  Pakan Sinayan, Kubu Gadang, Bulakan Balai Kandi, Tanjuang Gadang, Payolansek, Talang, Koto Tangah, Subarang Batuang, Padang Tangah, Sungai Pinago, Tanjuang Pauah, Ibuah, Parik Rantang, Tanah Mati, Parak Batuang, Padang Datar, Labuah Basilang dan Balai nan Duo.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -