25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi
P

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Sumbar Nurkhalis Dt. Bijo, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, anggota DPRD Maharnis Zul, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Kapolres diwakili Kabag Ops Kompol Khairil, Ketua GOW Machdalena Erwin Yunaz, Ketua LKAAM Wirianto Dt. Paduko Bosa Marajo diwakili Dt. Patiah Nan Baringek, serta Angku-angku, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda Parik Paga Nagari Koto Nan Ompek.

Elfijon Dt. Rajo Sinaro selaku ketua panitia menyampaikan YE Dt. Panghulu Rajo Nan Itam dilantik sebagai Ketua KAN dan Hj. Riwayati dilantik sebagai Ketua Bundo Kanduang Koto Nan Ompek Periode 2021-2026.

Ketua KAN Koto Nan Ompek yang lama Dt. Asa Dirajo menyampaikan selama periode 2016-2020 ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di masa kepemimpinannya. Mungkin tidak semuanya bisa memenuhi keinginan dan harapan masyarakat, tapi itu tentunya adalah kekurangan sebagai seorang manusia.

“Saat Lomba KAN tingkat Provinsi Sumatera Barat, Koto Nan Ompek mewakili Kota Payakumbuh, berkat kerja sama seluruh unsur, meraih Juara 1. Setelah itu kita diberi apresiasi oleh Wali Kota dengan dana hibah merenovasi balai adat,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi peran serta seluruh tokoh yang ada, dimana KAN di 10 nagari tidak bosan meminta kepada walikota agar KAN dibantu terus dalam hal penganggaran melalui dinas terkait.

“Yang tidak kalah penting, Koto Nan Ompek di masa pemerintahan Wali Kota Riza Falepi periode kedua, telah dipusatkan pembangunan seperti normalisasi Batang Agam, GOR, WTP, rencana Masjid Agung, dan lapangan sepak bola,” tukuknya.

Dt. Asa juga menyampaikan partisipasi masyarakat kepada Pemda, yang dengan suka rela membebaskan tanah untuk pembangunan sangat diapresiasi oleh KAN.

“Mudah-mudahan apa yang diberikan menjadi pahala berlipat ganda hendaknya. Semoga pengurus KAN yang baru bisa berbuat lebih baik dan lebih banyak untuk kemajuan Nagari Koto Nan Ompek di periode selanjutnya,” ujarnya.

Dari sisi Ketua LKAAM diwakili Dt. Patiah Nan Baringek berpesan agar jangan sampai pecah hubungan baik antar niniak mamak di Payakumbuh, harus selalu solid.

“Sesuai dengan komitmen secara bersama-sama adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, syarak mangato adat mamakai, alam takombang jadi guru. Adat minangkabau ini tidak ada yang mengatakannya adat jahiliah. Kalau mau mengkajinya, butuh waktu yang tidak singkat menjabarkannya, makanya orang minangkabau terkenal dengan ilmunya,” ujarnya.

Wali Kota Riza Falepi dalam sambutannya mengatakan selamat kepada pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang telah dikukuhkan. Berharap kerja-kerja kedepan dilanjutkan sesuai tupoksi masing-masing.

“Pemerintah harus baelok-elok (menjalin hubungan dan komunikasi baik-Red) dengan niniak mamak, apa yang bakal dibangun kalau tanah saja tidak bisa dibebaskan lahannya,” kata Riza.

Riza menyebut di Minangkabau pemimpin harus bisa berkomunikasi, berbicara, dan menghargai Niniak Mamak sebagai orang yang lahir secara adat turun temurun.

Hal ini diperjelas lagi oleh Riza, dirinya menjawab keluhan Niniak Mamak kepadanya terkait Payung Hukum bagi mereka. Maka Wali Kota dua periode itu mengusulkan Perda adat sebagai Perda inisiatif DPRD, sehingga banyak pihak yang terlibat membahasnya.

“Urusan adat ini luas. Silahkan usulkan kepada Wali Kota mau diapakan nagari dengan Perda itu. Kita bahas persoalan tertinggal, tidak bisa selesai oleh Wali Kota sendiri. Termasuk kalangan Bundo Kanduang, bagaimana menginginkan keluarga yang lebih baik, aspirasi yang masuk bisa diperwakokan untuk kemaslahatan bersama. Dasar aturan sudah ada, payung hukum untuk segala urusan adat di Payakumbuh. Kito tingga Mandayuang Biduak Ka Hilia,” kata Riza.

Yang jelas, kata Riza, dirinya menginginkan bagaimana adat budaya nagari tetap dilestarikan. Kemajuan nagari tergantung dari bagaimana menyikapi hendak dibawa kemana Payakumbuh ini.

“Kami ingin berpesan, setelah habis masa bakti kami, orang Payakumbuh sudah cerdas, tak perlu diajarkan memilih pemimpin. Yang diperlukan hikmah kebijaksanaan, banyak hal yang secara tidak sadar sedikit demi sedikit pasti ada perubahan yang tidak diinginkan. Maka kita harus menuju kemajuan berkeadilan dan berkesejahteraan bagi orang banyak dan itu adalah anak kemenakan kita,” ujarnya.

Riza juga memaparkan bagaimana dirinya sejak awal menjabat sebagai wali kota, dimulai dengan merintis bidang pendidikan, hingga sampai pada keinginan membangun industri di Payakumbuh. Sinergi antara pengusaha muda dan akademisi akan memberikan perubahan kepada Payakumbuh Maju.

“Kita sedang menjalin kerjasama dengan banyak universitas untuk membangun kampus disini, agar banyak anak kuliahan di Payakumbuh, generasi muda kita tak perlu lagi jauh-jauh ke luar daerah untuk kuliah, mereka bisa bersekolah tanpa khawatir biaya ekstra, tapi outputnya tetap luar biasa,” ungkap Riza. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -