26 C
Padang
Sabtu, Mei 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penguatan Scientific Inquiry Siswa SMP Dengan Memanfaatkan Bahan Sederhana Untuk Percobaan IPA
P

- Advertisement -

Sejak Maret 2020, semua jenjang pendidikan mengalami peralihan mode pembelajaran dari tatap muka menjadi blended atau sepenuhnya daring. Untuk konteks Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang, peserta didik yang saat ini duduk di kelas VII dan VIII boleh jadi belum pernah merasakan sepenuhnya bagaimana proses pembelajaran normal di sekolah. Melakukan percobaan untuk mata pelajaran IPA boleh jadi menjadi sesuatu yang asing bagi peserta didik di kedua kelas ini.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi pembelajaran IPA pada masa pandemi ini, tim dosen dari jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Padang yang terdiri dari Monica Prima Sari, M.Pd., dan Rahmah Evita Putri, M.Pd., menginisiasi suatu kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan memperkenalkan beberapa percobaan IPA yang dapat dilaksanakan sendiri oleh peserta didik di rumah. Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah guru IPA dan peserta didik kelas VII dan VIII di SMP Negeri 15 dan SMP Negeri 34 Padang.

Ket Foto: Peserta didik antusias melakukan percobaan IPA dengan alat bahan sederhana

Berhubung pelaksanaan tatap muka di sekolah masih terbatas, kegiatan ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti penyesuaian durasi waktu belajar yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Wilayah Kota Padang. Jumlah peserta kegiatan tiap sesi berkisar 12-16 orang, dan durasi kegiatan per sesi berkisar antara 40-60 menit. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 08 November 2021 di SMP Negeri 34 Padang dan tanggal 10 November 2021 di SMP Negeri 15 Padang. Seluruh rangkaian kegiatan direncanakan berakhir tanggal 19 November 2021.

Percobaan-percobaan yang diperkenalkan ini tergolong mudah, tidak memakan waktu lama, serta menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemui di rumah atau di warung sekitar rumah peserta didik. Beberapa diantara bahan yang dapat digunakan adalah balon karet, baking soda, telur, garam halus, susu cair, sabun cuci piring, pewarna makanan, dan cuka. Sementara alat yang mungkin dibutuhkan peserta didik antara lain: gelas kaca atau plastik, sendok atau sedotan plastik, piring atau wadah datar lainnya, serta botol bekas kemasan minuman ukuran kecil yang transparan.

Ket Foto: Pengenalan percobaan IPA menggunakan alat dan bahan sederhana.

Secara substansi, percobaan ini mungkin terlalu sederhana dibandingkan percobaan yang terdapat pada buku standar mata pelajaran IPA untuk tingkat SMP. Namun, tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah membangkitkan kembali jiwa “saintis” yang secara alami sudah ada dalam diri anak-anak. Rasa ingin tahu yang ada dalam diri mereka dapat diasah melalui percobaan-percobaan sederhana seperti “magic milk”, telur transparan, dan “does the egg sinks or floats”. Untuk memandu peserta didik dalam pelaksanaannya, tim pelaksana pengabdian membagikan buku saku berjudul “STEAM UP Your Science Class: A Collection Of Simple Experiments for Secondary School Science”. Buku saku ini memuat 18 percobaan sederhana yang relevan dengan materi IPA kelas VII, VIII, dan IX.

Ket Foto: Buku Saku “STEAM UP Your Science Class: A Collection Of Simple Experiments for Secondary School Science

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini tidak terlepas dari dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Negeri Padang, serta sambutan hangat dari pihak sekolah, terutama kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA serta peserta didik yang antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini. Meski waktu pelaksanaannya relatif singkat, tim dosen pelaksana pengabdian berharap pengalaman bereksperimen dengan alat dan bahan sederhana di rumah dapat menjaga api rasa ingin tahu peserta didik tentang bagaimana alam di sekitarnya bekerja tetap menyala meski pembelajaran di sekolah masih terdampak oleh pandemi Covid-19.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img