30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Penerapan SPM Kota Payakumbuh Ditargetkan 2014
P

Kategori -

Salah satu tanggung jawab Pemerintah pada masyarakatnya, adalah memberikan pelayanan yang optimal dan prima. Pelayanan yang diberikan haruslah efisien dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan tersebut, Pemerintah mengaturnya melalui SPM atau Standar Pelayanan Minimal. Standar Pelayanan publik ini harus sesegera mungkin diterapkan di kab/kota di Indonesia. Tak terkecuali Kota Payakumbuh. Untuk bisa mencapai target Pemerintah dalam menjalankan SPM di 2014, Pemko melalui Bag. Organisasi melakukan sosialisasi kepada SKPD-SKPD di Aula Balikota Bukik Sibaluik.

Sesuai dengan Undang-undang no. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Pasal 11 ayat 4, tentang penyelenggaraan urusan Pemerintah yang bersifat wajib yang berpedoman pada Standar Pelayanan Minimal (SPM), dilaksanakan secara bertahap dan ditetapkan oleh Pemerintah. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara signifikan kepada masyarakat. Dengan kata lain, SPM digunakan sebagai pedoman pelaksana dalam memberikan Pelayanan yang maksimal kepada khalayak ramai.

Disampaikan Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Mukhtar, yang membuka sosialisasi ini, SPM menjadi sangat penting dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal. Hal ini dikarenakan, supaya masyarakat mendapatkan akses untuk memperoleh pelayanan yang merupakan kebutuhan dan hak dasar masyarakat secara individual.

“Apabila SPM ini telah kita terapkan di Kota Payakumbuh, otomatis menuntut Pemerintah untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Standar baku yang menjadi pedoman pemberian layanan kepada publik” kata Wawako dalam sambutannya.

Menurut Herlina, Kabag. Organisasi, sosialisasi penerapan SPM ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan kebijakan terkait percepatan penerapan SPM di Kota Payakumbuh. “SPM adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal. Dengan kata lain, SPM dilakukan sebagai dasar minimal pemberian layanan pada masyarakat” ujar Herlina.

Ditambahkan, sosialisasi ini akan berlangsung selama 2 hari, Selasa dan Rabu (19-20 Nov) dengan mengundang 48 orang utusan dari SKPD-SKPD terkait. Sebagai Narasumber, Pemko mendatangkan Abdul Mutholib Dalimunthe dan Ramandhika Surya Asmara dari Kementerian Dalam Negeri.

“Selian itu, sebelum sosialisasi ini dilaksanakan, Pemko juga telah membentuk Tim Sosialisasi dan Penyusunan Pelaporan SPM di lingkungan Pemko. Tim ini juga akan berfungsi sebagai tim percepatan penerapan SPM di Kota Payakumbuh yang ditargetkan akan terealisasi pada 2014 mendatang, sesuai dengan target Nasional” katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.
- Advertisement -

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Maharnis Zul, Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan

Untuk meningkatkan Pariwisata di Kota Payakumbuh, Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh, Maharnis Zul, memboyong anggotanya di Komisi B ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Selasa 26 Januari 2020. Dalam Kunjungan itu, ia meminta kepada jajaran dinas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan terhadap objek wisata Ngalau Indah.

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.
- Advertisement -