26 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penangkaran Penyu Kota Pariaman
P

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman,Beritasumbar.com,– Indonesia dengan segala kekayaan alamnya yang luar biasa, dan juga merupakan rumah untuk kehidupan laut yang sangat indah, salah satunya adalah penyu. Masih banyak orang yang tidak tau bahwa penyu juga merupakan salah satu makhluk purba yang telah menjadi penghuni lautan di Indonesia sejak jutaan tahun yang lalu, dan hingga saat ini penyu masih menjadi pemegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Salah satu tempat pelestarian penyu dan juga sebagai pemegang peranan penting untuk menjaga spesies ini adalah kota Pariaman, Sumatera Barat.

Namun, perlu diingat bahwa sejarah panjang penyu di Indonesia juga mencakup penggunaan manusia yang telah berlangsung selama berabad-abad. Sejak zaman dahulu, penyu telah menjadi makanan bagi manusia, dengan baik daging maupun telurnya yang enak dan komoditas yang diekspor. Namun, aktivitas manusia juga menjadi ancaman serius bagi populasi penyu, termasuk perusakan habitat, penangkapan ilegal, dan penggunaan bagian-bagian tubuh penyu untuk barang-barang kerajinan.

Pelestarian penyu menjadi semakin penting di tengah ancaman ini. Salah satu upaya penting adalah pembinaan habitat peneluran. Ada tujuh spesies penyu laut di seluruh dunia, dan keenam spesies di antaranya dapat ditemukan di perairan Indonesia. Dalam penyebarannya yang luas dan dengan berbagai habitat yang digunakan dalam siklus hidup mereka juga berineraksi dengan manusia sepanjang hidup mereka. Maka dari itu penting bagi kita untuk memahami dan mengharagi peranan mereka dalam menjaga ekosistem laut dan untuk melindungi spesies ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan alam Indonesia.

Pariaman, salah satu kota di pesisir barat Sumatera Barat yang menjadi rumah dari berbagai jenis penyu. Termasuk penyu lekang, penyu hijau, dan penyu sisik. Dengan garis pantai yang panjang dan luas serta lingkungan yang cocok untuk dijadikan tempat yang ideal bagi penyu untuk bertelur. Inilah alasan mengapa sebuah penangkaran penyu dibangun di kota ini. Penangkaran penyu di Pariaman bertujuan untuk melindungi telur-telur penyu dan memastikan bahwa spesies ini tetap bertahan.

Pentingnya Pelestarian
Penyu Pelestarian penyu adalah tugas penting yang melibatkan banyak pihak, termasuk pemerintah, masyarakat setempat, dan organisasi lingkungan. Mengapa penyu sangat penting untuk dipelihara?

  1. Keseimbangan Ekosistem Laut: Penyu adalah pemakan alga dan makhluk-makhluk kecil seperti ubur-ubur dan kepiting. Dengan memakan organisme-organisme ini, penyu membantu menjaga populasi makhluk laut yang lain dan menjaga keseimbangan ekosistem laut.
  2. Pariwisata Ekologi: Penyu seringkali menjadi daya tarik bagi wisatawan ekologi yang ingin melihat proses penetasan telur dan pelepasan anak penyu ke laut. Ini memberikan peluang ekonomi tambahan untuk daerah seperti Pariaman dan dapat memberikan insentif bagi pelestarian penyu.
  3. Keanekaragaman Hayati: Pelestarian penyu juga berkontribusi pada keanekaragaman hayati. Memelihara spesies ini berarti menjaga sebagian dari warisan alam dunia yang penuh dengan keajaiban alam dan sejarah panjang.

Upaya Pelestarian di Penangkaran Penyu Pariaman Penangkaran penyu di Pariaman bukan hanya tempat bertelur bagi penyu, tetapi juga merupakan pusat pelestarian dan penelitian. Beberapa upaya yang dilakukan di sini meliputi:

  1. Perlindungan Sarang Penyu: Petugas penangkaran bekerja keras untuk melindungi sarang penyu dari gangguan manusia dan hewan pemangsa. Ini melibatkan pengawasan ketat selama musim bertelur.
  2. Pendidikan Masyarakat: Penangkaran penyu tidak hanya untuk pelestarian fisik penyu tetapi juga untuk pendidikan masyarakat. Kunjungan ke penangkaran seringkali disertai dengan program edukasi tentang pentingnya pelestarian penyu.
  3. Penelitian dan Pengembangan: Penangkaran di Pariaman juga menjadi tempat penelitian tentang penyu. Ini membantu ilmuwan memahami lebih baik kehidupan penyu dan bagaimana kita dapat melindunginya.

Mengunjungi Penangkaran Penyu Pariaman
Bagi mereka yang ingin merasakan keajaiban pelestarian penyu di Pariaman, penangkaran penyu ini terbuka untuk umum. Dalam kunjungan Anda, Anda dapat mengamati penyu bertelur dan anak penyu yang baru menetas, bahkan juga bias melepaskan penyu kecil (tukik) dari pantai langsung. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan peluang yang langka untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan.

Penangkaran penyu di Kota Pariaman adalah contoh yang inspiratif tentang bagaimana upaya pelestarian dapat memberikan manfaat besar bagi lingkungan dan komunitas setempat. Melalui pelestarian penyu, kita tidak hanya menjaga kehidupan laut yang menakjubkan tetapi juga mendukung ekonomi lokal dan memberikan pelajaran berharga tentang keanekaragaman hayati dan ekologi laut. Pariaman, dengan pesonanya yang khas dan kepedulian terhadap penyu, adalah destinasi yang seharusnya masuk dalam daftar perjalanan Anda.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img