24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemprov Sumbar Segera Bangun Terowongan Balingka-Sianok Tahun Ini
P

Kategori -
- Advertisement -

Lubuk Basung – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), segera merealisasikan rencana pembangunan terowongan dari Balingka ke Batang Sianok, Kabupaten Agam, pada tahun ini.

Trase Bukittinggi Outter Ring Road menyambungkan jalan By Pass Bukittinggi, Trans Sumatera di sisi Utara Kota Bukittinggi dan Malalak di sisi selatan Kabupaten Agam.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Kabupaten Agam, Martias Wanto saat pertemuan dengan tokoh masyarakt serta Pemprov Sumbar di Kantor Camat IV Koto, Rabu (25/2) mengatakan, terowongan direncanakan dengan panjang satu kilometer dari Balingka ke Batang Sianok.

Selain terowongan, juga akan dibangun jalan dari Balingka menuju Batang Sianok dan Batang Sianok ke Gadut Kecamatan Tilatang Kamang. Total pembangunan jalan dan terowongan ini sekitar tujuh kilometer.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten setempat sudah menyiapkan beberapa lokasi, sudah melakukan uji kelayakannya, serta telah sosialisasi kepada masyarakat kemudian menentukan lokasi yang terkena dampak pembangunan jalan itu.

Menurutnya, secara prinsip masyarakat menyetujui untuk dilakukan pembangunan ini. Kemudian untuk pembebasan lahan, akan dilakukan dengan aturan berlaku yang tercantum dalam UU No 2 tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Kerugian masyarakat dari dampak pembangunan ini akan diganti, dulu yang diganti cuma tanaman dan bangunan, tapi sekarang tanah juga akan diganti,” ucapnya

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syafrudin, mengatakan anggaran pembangunan jalan dan terowongan dengan panjang sekitar tujuh kilometer ini sekitar Rp2,5 triliun.

Dana ini, tambahnya, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara dana untuk menganti kerugian masyarakat berasal dari APBD Provinsi Sumbar.

“Rencana pembangunan tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat dan akan selesai hingga tiga tahun mendatang,” katanya.

 

Editor: Rumi Gagarin
Sumber: Antara/cpw6/jpnn
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img