24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemprov Sumbar Distribusikan Bibit dan Prasarana Perkebunan di Dharmasraya
P

Kategori -
- Advertisement -

Dalam rangka penyerahan bantuan bibit perkebunan serta sarana prasarana tahun 2014, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Dharmasraya melaksanakan kegiatan sosialisasi penyerahan bibit sekaligus penanaman bibit di kebun petani bertempat di Nagari Koto Baru Sungai Basau Kabupaten Dharmasraya.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Kab Dharmasraya Adi Gunawan yang sekaligus melakukan penanaman perdana dikebun petani. Dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Ir Fajarudin yang juga melakukan penanaman perdana secara simbolis di kebun petani. Sosialisasi dihadiri oleh 219 petani perwakilan 30 Kelompok Tani dan 21 orang penyuluh.

Pada Tahun 2014 adapun bantuan bibit dari APBD Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat antara lain bibit karet +/- 21.000 batang, kakao +/- 16.000 batang, sawit +/- 18.000 batang. Jumlah bantuan bibit tahun 2014 untuk Kabupaten Dharmasraya baik dari APBD Kabupaten,Provinsi dan APBN berjumlah 226.000 batang.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat mengatakan bahwa Kabupaten Dharmasraya termasuk kawasan sentra pengembangan perkebunan di Sumatera Barat, terbukti dengan tiap tahunnya bibit tanaman perkebunan. Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mensejahterakan petani pekebun di Sumatera Barat dan meningkatkan pendapatan serta pertumbuhan perekonomian di Sumatera Barat.

Kadisbun berharap petani dapat memanfaatkan bantuan bibit dengan sebaik-baik mungkin jangan hanya diminta tapi tidak ditanam atau tidak dirawat setelah ditanam. Oleh sebab itu keberhasilan dari kegiatan ini dapat dicapai dengan kerjasama yang baik antara pihak-pihak terkait baik pemerintah Provinsi, Kabupaten,SKPD terkait dan petani. (humas sumbar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img