28 C
Padang
Kamis, Oktober 21, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi dan Advokasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif
P

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI), Pemko Payakumbuh menggadakan Sosialisasi dan Advokasi Pengembangan PAUD HI serta pengukuhan Gugus Tugas PAUD HI yang diadakan di Aula Ngalau Indah lantai 2 kantor Wali Kota Payakumbuh, Selasa(08/12/2020).

Acara Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda.
Dalam sambutannya Rida mengatakan Tujuan utama dari PAUD HI sebenarnya telah tercantum dalam Peraturan Presiden No 60 Tahun 2013, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhnya Holistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

“Anak merupakan suatu totalitas yang utuh, oleh karena itu dibutuhkan pendidikan yang menyeluruh untuk memenuhi hak anak, salah satunya adalah dengan adanya PAUD Holistik Integratif ini,”ujar Rida

Lebih lanjut Rida mengungkapkan Gugus tugas PAUD yang telah dikukuhkan saat ini dapat berkolaborasi dalam penyusunan rencana program, kegiatan dan anggaran bagi pengembangan PAUD HI.
“Tanggung jawab pengembangan PAUD HI bukan tanggung jawab Dinas Pendidikam saja, melainkan seluruh OPD terkait yang dapat menunjang pemenuhan kebutuhan esensial anak,”pungkas Rida.

Bunda Paud Kota Payakumbuh sekaligus narasumber dalam acara tersebut Ny.Henny Riza Falepi mengatakan pada dasarnya proses belajar di PAUD HI merupakan solusi pembelajaran yang efektif agar pengembangan anak usia dini bisa berjalan dengan maksimal. “Selain itu, pengertian dan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak keluarga dan pihak pemerintah juga harus terjalin dengan baik agar tujuan dari pembelajaran holistik integratif dapat diraih,”terang Henny.

Ditambahkan Henny, Dengan diadakannya sosialisasi PAUD HI ini kepada peserta diharapkan terbangunnya komitmen semua pemangku kepentingan pembangunan agar setiap anak usia dini dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia.

Setelah acara Sosialisasi dan pengukuhan Gugus Tugas PAUD HI selesai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama Pemerintah Kota Payakumbuh dengan STKIP ADZKIA Padang untuk penyelenggaran program sarjana pendidikan Guru PAUD demi meningkatkan Kompetensi para pendidik PAUD kota Payakumbuh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas pendidikan Azwardi, Kasi PAUD Syafni Hasni, Ketua Yayasan STKIP ADZKIA Padang Alfadhlani serta OPD terkait.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img