Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dalam rangka meningkatkan peran keluarga dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar pencanangan bulan bakti kelompok dasawisma. Acara berlangsung di lapangan Muda’s Top Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lampasi Tigo Nagari,Selasa (26/3).

Pencanangan ditandai pemukulan gong oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Pada kesempatan itu, Walikota bersama Ketua TP PKK, GOW, DW menyerahkan secara simbolis peralatan gotong royong beserta bantuan bibit sayuran kepada masing-masing ketua dasawisma Kelurahan se kota Payakumbuh.

Dala sambutan, walikota berharap kegiatan bulan bhakti dasawisma mampu terus mengembangkan peran PKK dalam menjaga keseimbangan antara peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat serta peran dalam membantu ekonomi keluarga.

“Melalui sepuluh progran pokok PKK dan Dasawisma, saya yakin kaum ibu bis berperan membantu ekonomi keluarga dan turut berperan dalam peningkatan produksi pangan, melalui gerakan HATINYA PKK,” ujar Wlikota Riza Falepi.

Adapun tema yang diangkatkan dalam pencanangan bulan bakti dasawisma tersebut adalah “Cegah Stunting dan Meminimalisir Sampah Plastik”. Dikatakan, tema Stunting (gizi buruk-red) sengaja diangkat karena stunting sebagian besar terjadi karena ketidaktahuan para ibu hamil dan pemilik anak balita akan penyebabnya.

“Stunting bukan semata-mata hanya karena masalah ekonomi, banyak faktor penyebab, tapi umumnya kareba ketidaktahuan para ibu. Untuk itu kepada Kadis kesehatan saya minta diadakan sosialisasi dan anggarkan untuk menindaklanjuti stunting” ujar Riza.

Walikota berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial dan sebatas pencanangan saja, melainkan ada tindak lanjut kedepannya. Dan ia meyakini, ketua TP-PKK mampu menggerakkan seluruh Dasawisma yang ada.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Yusnita Riza Falepi dalam kata sambutannya mengungkap rasa terima kasihnya atas binaan dan dukungan Walikota serta kerjasama semua pihak / OPD terkait hingga acara pencanangan bulan bakti ini bisa berlangsung dengan sukses.

Ny.Henny Riza berharap dengan adanya pencanangan bulan bhakti Dasawisma ini, kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak PKK harus membumi dan terus meningkatkan perananya dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Ia juga berharap dasawisma yang sudah vakum atau mati suri untuk kembali bangkit dalam mengembangkan perannya sebagai ujung tombak terlaksana dan suksesnya program – program PKK.

“Dengan bertahap kita berharap semua kelompok Dasawisma yang ada di Kota Payakumbuh dapat aktif guna mencapai 10 pokok program PKK demi kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya” ujar Henny

Terkait tema kegiatan, Ny. Henny sangat setuju sekali. Dikatakan, stunting saat ini sudah menjadi isu nasional. “Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai sosialisasi dan penyuluhan,”ujar Ny. Henny Riza.

Pasca dibuka oleh Walikota, selanjutnya diadakan penandatanganan MoU dengan Dinas-dinas terkait guna meningkatkan berbagai kegiatan dan sosialisasi terkait kegiatan stunting dan pengolahan sampah plastik serta kesejahteraan kader – kader PKK yang bekerja seperti Jemantik, Posyandu maupun yang lainnya.

Momen spesial terwujud dipenghujung acara, kegiatan pencanangan bertepatan dengan hari ulang tahun Ny.Henny Riza falepi. Para undangan dan peserta beramai ramai membri ucapan selamat kepada Ny. Henny Riza.

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai lomba antar pengurus dasawisma kecamatan dan kelurahan, diantaranya Lomba yel-yel kontingen PKK, Lomba makanan olahan dan Lomba cerdas cermat antar PKK se Kota payakumbuh.(relis)

loading...