24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Depok Dan Payakumbuh Sepakati Kerjasama Antar Daerah
P

Kategori -

Pemko Payakumbuh, Sumatera Barat  dan Pemko Depok, Jawa Barat, sepakat melakukan kerjasama dibidang pembangunan. Penandatanganan nota kesepahaman antar kedua daerah, dilakukan di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (2/4).

Kedua kepala daerah, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menandatangani naskah kerjasama itu, disaksikan Wakil Ketua DPRD H. Suparman, Sekdako H. Benni Warlis, Kepala Bappeda H. Rida Ananda,  Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi serta Asisten Tata Praja Kota Depok, Drs. Dudi Mi’raz, M.Si.

Dalam acara ini hadir sejumlah pimpinan SKPD, anggota DPRD Ahmad Zifal, camat, Ketua Dewan Pendidikan Sevindra Juta,   Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan ketua KAN dari 8 nagari, Ketua Kelompok Tani Coklat Chokato Joni Saputra,  serta pengurus ormas dan LSM lainnya. Rombongan tamu dari Depok, juga menyertakan Kabag  Umum  Manto dan Kabag Humas dan Protokol,  drg. Nessi Annisa Handari.

Selain untuk mempererat hubungan kedua daerah, tujuan nota kesepahaman itu, guna  memacu dan meningkatkan pembangunan kedua daerah, dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan ketahanan pangan. Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengakui, dalam lima sektor itu, banyak kesamaan yang perlu ditindak lanjuti, untuk lebih baik ke depan.

Pendidikan inklusif Payakumbuh sebagai penerima MDGs Award 2013, sebuah catatan prestasi yang pantas dipelajari oleh Depok. Kerjasama dibidang ini, mudah-mudahan akan meningkatkan SDM masyarakat kedua daerah.

Begitu juga dibidang kesehatan, lingkungan hidup serta kepariwisataan. Kota Payakumbuh yang lingkungannya masih asri, hijau, dan didukung dengan sumber daya air yang baik, dinilai punya potensi lebih berkembang ke depan. “Jarang ada di kawasan Jabodetabek, air  bersih yang sebaik ini  (Payakumbuh, Red) ada di daerah kami,” kata Walikota Depok Mahmudi.

Mahmudi juga mendukung dan mengapresiasi, rencana Payakumbuh, seperti disampaikan Walikota Riza Falepi,  untuk menata atau membenahi Sungai Batang Agam, sebagai kawasan yang benar-benar jauh dari ancaman lingkungan hidup yang tak sehat, seperti Sungai Ciliwung di Jakarta. Walikota Mahmudi, meramalkan, Payakumbuh ke depan akan lebih baik dari Depok yang juga punya lahan yang sangat terbatas.

Hanya saja, Mahmudi mengakui, pihaknya bersama DPRD komit  menyediakan 20% dari luas kota untuk ruang terbuka hijau. Kemudian, Depok juga ingin menjadi daerah terdepan di Jawa Barat, dalam  mewujudkan ketahanan pangan nasional, melalui program arbortum pangan, atau pembudidayaan seluruh aneka tanaman pangan.

Di Depok, sebutnya, sudah berbilang tahun dilakukan program one day not rice, atau tidak makan beras selama satu hari setiap pekan. Warga diajak, tidak makan dari beras selama sehari, dan mengaklihkannya ke aneka tanaman lainnya yang juga mengandung karbohidrat yang rendah. Menurutnya, jika terlalu banyak memakan nasi atau  beras ketan, kemungkinan terserang dengan penyakit diabetas dan penyakit tidak menular lainnya sangat tinggi.

Berdasarkan hasil survei Menkes data WHO, warga  Indonesia terbilang tinggi memakan nasi, mencapai 139,15 Kg/orang/tahun. Lihatlah warga Korea hanya memakan nasi 40 Kg, disusul Jepang (50 Kg), Malaysia (80 Kg), Thailand (70 Kg) per orang per tahun. Tapi, kinerja  dan kesehatan warga tersebut jauh lebih tinggi dari bangsa Indonesia. Di Indonesia, kemungkinan warga Sumatera Barat paling tinggi mengkosumsi beras, karena kebiasaannya, belum kenyang jika belum memakan nasi. “Padahal yang bersangkutan sudah makan lontong,” kata Mahmudi.

Walikota Riza Falepi mengajak seluruh SKPD terkait dalam nota kesepahaman itu, dibawah koordinasi Sekdako Benni Warlis dan Kepala Bappeda Rida Ananda, untuk menindak lanjuti kerjasama pembangunan itu. Mudah-mudahan ke depan, Payakumbuh dan Depok akan lebih maju dalam bidang yang sudah disepakati  dalam nota kesepahaman dimaksud. Namun demikian, bukan tidak mungkin dikembangkan dengan sektor lainnya, dalam memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebut walikota.

Sementara itu,  terhadap program one day not rice yang sudah dilakukan Depok, Walikota Riza Falepi, mengingatkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh, agar merancang program yang sama di Payakumbuh. “Kita banyak pangan lokal yang dapat dikonsumsi untuk pengganti beras,” katanya.

Diakhir acara kedua daerah saling tukar cenderamata, berupa plakat atau lambang daerah serta makanan spesifik masing-masing. Walikota Riza Falepi juga menyerahkan cincin batu akiaknya, lumuik Payakumbuh kepada Walikota Mahmudi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.
- Advertisement -

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -