26.9 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Pasaman Barat Berlakukan Darurat Bencana
P

Kategori -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memberlakukan darurat bencana di Kecamatan Talamau pascabencana alam longsor dan banjir beberapa waktu lalu.

“Memang Pasaman Barat daerah rawan bencana dan saat ini kita berlakukan tanggap darurat bencana di Pasaman Barat khususnya di Kecamatan Talamau,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Pasaman Barat, Yunadi di Simpang Ampek, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini musim hujan terus berlangsung dan sejumlah warga masih mengungsi di tempat sanak famili.

Khusus untuk longsor di Sinuruik Talamau saat ini ada sekitar 25 kepala keluarga (KK) yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Sebab, bukit Kapalo Banda tersebut masih sangat rawan kembali longsor.

“Retakan bukit itu masih jelas terlihat. Dikhawatirkan longsor kembali datang,” ujarnya.

Untuk wilayah longsor Sinuruik, Pemkab Pasaman Barat memberlakukan tanggap darurat selama 14 hari sejak Jumat (22/8).

Pihaknya juga telah memberikan bantuan 225 paket lauk pauk untuk 25 KK dan beras 402 kilogram untuk 25 KK. Bantuan akan terus dilakukan jika situasi belum kondusif.

“Kerusakan akibat longsor tersebut merusak puluhan hektare sawah warga. Sedangkan warga yang berdomisi disekitarnya masih trauma dan banyak yang mengungsi,” ujarnya.

Sedangkan untuk wilayah Kajai Talamau, pascaluapan dua sungai pada Senin (25/8) malam, sekitar 77 KK masih mengungsi di rumah saudaranya.

Pemkab memberlakukan darurat bencana selama tujuh hari dan jika belum kondusif maka akan diperpanjang selama 14 hari.

Pihaknya saat ini telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban bencana banjir. Sebanyak 919 kilogram beras untuk 97 KK atau 413 jiwa telah disalurkan.

“Sebanyak 238 kilogram beras untuk 85 jiwa atau 20 KK baru kita salurkan Rabu (27/8) untuk kejorongan Kampung Alang setelah sebelumnya Selasa (26/8) bantuan juga telah sampai,”jelasnya.

Selain beras juga diberikan bantuan berupa peralatan dapur, peralatan mandi kepada 46 KK yang peralatannya hanyut semua dibawa air.

“Khusus untuk tenda akan kita lihat situasinya dan jika belum kondusif akan dipasang tenda. Kita akan meminta peralatan tenda ke Pemprov Sumbar,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD, Dinas PU, Dinas Pertanian dan instansi terkait dalam penanggulangan bencana.

Dinas Sosial menyiagakan tenaga tagana, tenaga kampung siaga bencana dan tenaga kerja sosial. Mereka ditempatkan di 11 kecamatan yang ada di Pasbar.

Sementara dilokasi banjir Jorong Kajai Talamau saat ini kondisi sudah mulai kondusif. Warga mulai membersihkan rumahnya yang tergenang lumpur.

Secara keseluruhan ada sekitar 77 rumah rusak berat dihantam banjir. 10 titik irigasi rusak berat, dua jembatan putus dan 5.000 jiwa terisolasi akibat terputusnya jembatan di lokasi itu.

“Saat ini kondisi mulai kondusif namun warga masih trauma karena musim hujan terus berlangsung,” kata Wali Nagari (kepala desa) Kajai, Gusti Dt Mangkudum.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangam Hortikultura dan Peternakan, Edrizal mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan berapa kerusakan lahan pertanian dan sarana lainnya akibat longsor dan banjir.

“Kita masih berkoordinasi dengan instansi terkait dan petugas sedang melakukan pendataan di lapangan,” katanya. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.
- Advertisement -

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Danlantamal II Teluk Bayur Siap Kerjasama Kembangkan Kampung Bahari Di Kawasan Mandeh

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL/II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E.,M.M.,M.Si memastikan siap jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dalam hal pengembangan potensi budidaya ikan kerapu di kawasan objek wisata bahari Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan
- Advertisement -

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....

Percepat Pembangunan Infrastruktur, DPRD Sumbar Raker Bersama Pemkab Pasaman-Pasbar

Padang, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Daerah Pemilihan (Dapil) IV Pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, melakukan Rapat Kerja Usaha Percepatan Penanganan dan...

Terlibat Kasus Narkoba, Dua Personel Polres Sijunjung Dipecat

Sijunjung, beritasumbar.com - Dua personil Polres Sijunjung dipecat dari Anggota Kepolisian Republik Indonesia karena terlibat kasus narkoba. Upacara pemberhentian tidak hormat untuk Brigadir  Andres Ofiyandra sesuai...
- Advertisement -