24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Pasaman Barat Berlakukan Darurat Bencana
P

Kategori -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memberlakukan darurat bencana di Kecamatan Talamau pascabencana alam longsor dan banjir beberapa waktu lalu.

“Memang Pasaman Barat daerah rawan bencana dan saat ini kita berlakukan tanggap darurat bencana di Pasaman Barat khususnya di Kecamatan Talamau,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Pasaman Barat, Yunadi di Simpang Ampek, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini musim hujan terus berlangsung dan sejumlah warga masih mengungsi di tempat sanak famili.

Khusus untuk longsor di Sinuruik Talamau saat ini ada sekitar 25 kepala keluarga (KK) yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Sebab, bukit Kapalo Banda tersebut masih sangat rawan kembali longsor.

“Retakan bukit itu masih jelas terlihat. Dikhawatirkan longsor kembali datang,” ujarnya.

Untuk wilayah longsor Sinuruik, Pemkab Pasaman Barat memberlakukan tanggap darurat selama 14 hari sejak Jumat (22/8).

Pihaknya juga telah memberikan bantuan 225 paket lauk pauk untuk 25 KK dan beras 402 kilogram untuk 25 KK. Bantuan akan terus dilakukan jika situasi belum kondusif.

“Kerusakan akibat longsor tersebut merusak puluhan hektare sawah warga. Sedangkan warga yang berdomisi disekitarnya masih trauma dan banyak yang mengungsi,” ujarnya.

Sedangkan untuk wilayah Kajai Talamau, pascaluapan dua sungai pada Senin (25/8) malam, sekitar 77 KK masih mengungsi di rumah saudaranya.

Pemkab memberlakukan darurat bencana selama tujuh hari dan jika belum kondusif maka akan diperpanjang selama 14 hari.

Pihaknya saat ini telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban bencana banjir. Sebanyak 919 kilogram beras untuk 97 KK atau 413 jiwa telah disalurkan.

“Sebanyak 238 kilogram beras untuk 85 jiwa atau 20 KK baru kita salurkan Rabu (27/8) untuk kejorongan Kampung Alang setelah sebelumnya Selasa (26/8) bantuan juga telah sampai,”jelasnya.

Selain beras juga diberikan bantuan berupa peralatan dapur, peralatan mandi kepada 46 KK yang peralatannya hanyut semua dibawa air.

“Khusus untuk tenda akan kita lihat situasinya dan jika belum kondusif akan dipasang tenda. Kita akan meminta peralatan tenda ke Pemprov Sumbar,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD, Dinas PU, Dinas Pertanian dan instansi terkait dalam penanggulangan bencana.

Dinas Sosial menyiagakan tenaga tagana, tenaga kampung siaga bencana dan tenaga kerja sosial. Mereka ditempatkan di 11 kecamatan yang ada di Pasbar.

Sementara dilokasi banjir Jorong Kajai Talamau saat ini kondisi sudah mulai kondusif. Warga mulai membersihkan rumahnya yang tergenang lumpur.

Secara keseluruhan ada sekitar 77 rumah rusak berat dihantam banjir. 10 titik irigasi rusak berat, dua jembatan putus dan 5.000 jiwa terisolasi akibat terputusnya jembatan di lokasi itu.

“Saat ini kondisi mulai kondusif namun warga masih trauma karena musim hujan terus berlangsung,” kata Wali Nagari (kepala desa) Kajai, Gusti Dt Mangkudum.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangam Hortikultura dan Peternakan, Edrizal mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan berapa kerusakan lahan pertanian dan sarana lainnya akibat longsor dan banjir.

“Kita masih berkoordinasi dengan instansi terkait dan petugas sedang melakukan pendataan di lapangan,” katanya. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -