24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Pemkab Pasaman Barat Berlakukan Darurat Bencana
P

Kategori -

Simpang Ampek – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat memberlakukan darurat bencana di Kecamatan Talamau pascabencana alam longsor dan banjir beberapa waktu lalu.

“Memang Pasaman Barat daerah rawan bencana dan saat ini kita berlakukan tanggap darurat bencana di Pasaman Barat khususnya di Kecamatan Talamau,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Pasaman Barat, Yunadi di Simpang Ampek, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini musim hujan terus berlangsung dan sejumlah warga masih mengungsi di tempat sanak famili.

Khusus untuk longsor di Sinuruik Talamau saat ini ada sekitar 25 kepala keluarga (KK) yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Sebab, bukit Kapalo Banda tersebut masih sangat rawan kembali longsor.

“Retakan bukit itu masih jelas terlihat. Dikhawatirkan longsor kembali datang,” ujarnya.

Untuk wilayah longsor Sinuruik, Pemkab Pasaman Barat memberlakukan tanggap darurat selama 14 hari sejak Jumat (22/8).

Pihaknya juga telah memberikan bantuan 225 paket lauk pauk untuk 25 KK dan beras 402 kilogram untuk 25 KK. Bantuan akan terus dilakukan jika situasi belum kondusif.

“Kerusakan akibat longsor tersebut merusak puluhan hektare sawah warga. Sedangkan warga yang berdomisi disekitarnya masih trauma dan banyak yang mengungsi,” ujarnya.

Sedangkan untuk wilayah Kajai Talamau, pascaluapan dua sungai pada Senin (25/8) malam, sekitar 77 KK masih mengungsi di rumah saudaranya.

Pemkab memberlakukan darurat bencana selama tujuh hari dan jika belum kondusif maka akan diperpanjang selama 14 hari.

Pihaknya saat ini telah menyalurkan sejumlah bantuan kepada korban bencana banjir. Sebanyak 919 kilogram beras untuk 97 KK atau 413 jiwa telah disalurkan.

“Sebanyak 238 kilogram beras untuk 85 jiwa atau 20 KK baru kita salurkan Rabu (27/8) untuk kejorongan Kampung Alang setelah sebelumnya Selasa (26/8) bantuan juga telah sampai,”jelasnya.

Selain beras juga diberikan bantuan berupa peralatan dapur, peralatan mandi kepada 46 KK yang peralatannya hanyut semua dibawa air.

“Khusus untuk tenda akan kita lihat situasinya dan jika belum kondusif akan dipasang tenda. Kita akan meminta peralatan tenda ke Pemprov Sumbar,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD, Dinas PU, Dinas Pertanian dan instansi terkait dalam penanggulangan bencana.

Dinas Sosial menyiagakan tenaga tagana, tenaga kampung siaga bencana dan tenaga kerja sosial. Mereka ditempatkan di 11 kecamatan yang ada di Pasbar.

Sementara dilokasi banjir Jorong Kajai Talamau saat ini kondisi sudah mulai kondusif. Warga mulai membersihkan rumahnya yang tergenang lumpur.

Secara keseluruhan ada sekitar 77 rumah rusak berat dihantam banjir. 10 titik irigasi rusak berat, dua jembatan putus dan 5.000 jiwa terisolasi akibat terputusnya jembatan di lokasi itu.

“Saat ini kondisi mulai kondusif namun warga masih trauma karena musim hujan terus berlangsung,” kata Wali Nagari (kepala desa) Kajai, Gusti Dt Mangkudum.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangam Hortikultura dan Peternakan, Edrizal mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan berapa kerusakan lahan pertanian dan sarana lainnya akibat longsor dan banjir.

“Kita masih berkoordinasi dengan instansi terkait dan petugas sedang melakukan pendataan di lapangan,” katanya. (antara)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Bupati Pessel Serahkan Bantuan 8 Ton Beras

Walaupun sedang hari libur, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tetap melaksanakan tugas nya sebagai kepala daerah, kali ini Sabtu (9/1/2021) turun ke kampung Akad, Koto Tangah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan sembako pada warga terkena dampak banjir.
- Advertisement -

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...
- Advertisement -