24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemkab Limapuluh Kota Kampanye Imunisasi Campak dan Rubella
P

- Advertisement -
Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi menghadiri dan membuka secara resmi program kampanye pencanangan imunisasi campak dan rubella tingkat Kabupaten Limapuluh Kota, sebagai bentuk usaha dalam meminimalisir penularan dan penyebaran penyakit campak dan rubela di Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (1/8), di SD N 01 Koto Tuo, Kecamatan Harau.
Dalam acara tersebut turut Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino,Kepala BPJS, Kepala Puskesmas Tanjung Pati, Camat Harau, Unsur Forkopimda, Majelis Guru SD N 01 Koto Tuo.
Dalam penyampaiannya, Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino mengatakan Kampanye Imunisasi yang diperuntukan bagi anak dari usia 9 bulan sampai 15 tahun ini nantinya akan dilaksanakan dari awal bulan Agustus sampai September tahun ini di setiap sekolah mulai dari Paud hingga SMP di Kabupaten Limapuluh Kota.
“Program ini diperuntukkan untuk anak-anak kita, sehingga dengan program ini diharapkan dapat mengurangi resiko penyebaran penyakit campak dan rubella di daerah kita,”ujarnya.
Sementara itu Kepala Sekolah SD N 01 Koto Tuo, Kecamatan Harau, Leli Sofiati mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati dan dinas kesehatan Limapuluh Kota yang telah mempercayakan sekolahnya sebagai tempat di mulainya kampanye imunisasi campak dan rubella 2018 ditingkat Kabupaten Limapuluh Kota.
“Kami bersama18 orang majelis guru dan 242 orang siswa, menyatakan komitmen untuk siap mendukung dan mensukseskan program imunisasi campak dan rubella ini,”ungkapnya.
Selanjutnya, dirinya berharap dengan program gerakan pencanangan imunisasi ini dapat menciptakan anak-anak yang sehat dan cerdas di Kabupaten Limapuluh Kota.
Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutanya mengatakan kegiatan ini merupakan langkah positif dalam minimalisir penyakit campak dan rubella di Kabupaten Limapuluh Kota.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung upaya Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota,” imbuh Bupati.
Dijelaskan Bupati, Pemerintah pusat telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/ kecacatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrom) pada Tahun 2020. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut, adalah dengan melaksanakan kampanye imunisasi Campak dan Rubella ini.
“Maka Imunisasi ini sangat baik, karena bertujuan untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella di masyarakat kita. Jadi,  dalam rangka menyukseskan imunisasi ini, saya mengajak Dinas terkait, beserta perangkat kerjanya, Organisasi Masyarakat Sipil, dan Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat, untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyukseskan imunisasi ini,” himbaunya.
Selanjutnya Bupati juga berpesan kepada orangtua dan wali murid mendukung program ini dengan  membawa anak-anaknya ke tempat-tempat pelayanan imunisasi, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
“Mari bersama kita sukseskan Kampanye campak dan rubella untuk Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih sehat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan apa yang kita kerjakan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” tukas Bupati.
Usai memberikan sambutan, Bupati Limapuluh Kota bersama murid dan majelis SDN 01Koto Tuo memotong pita dan melepaskan sejumlah balon ke udara pertanda dimulainya pencanangan kampanye Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella di Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2018.(*/rel)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img