24 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemerintahan Erman Safar – Marfendi Terapkan Transaksi Elektronik dalam Bertransaksi
P

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi di bawah kepemimpinan Erman Safar- Marfendi telah menerapkan transaksi digital atau elektronik di berbagai sektor, seperti di objek wisata, pasar, hotel dan bahkan di masjid.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui wakilnya Marfendi, Rabu (1/9/2021), mengatakan, transaksi elektronik akan menciptakan transparansi penggunaan biaya termasuk mengetahui secara cepat pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia menyebutkan, penerapan sistem transaksi digital pemungutan pajak perhotelan misalnya, Pemko sudah memberikan suatu alat yang dapat merekam langsung berapa banyak atau jumlah pajak harus dibayarkan pihak hotel.

“Melalui alat digital yang ditempatkan di hotel-hotel tersebut, kita bisa mengetahui day to day berapa jumlah pajak yang dibayarkan ke Pemko,” ucapnya.

“Selain itu, melalui transaksi digital kita pun akan lebih cepat mengakumulasi pemasukan, bahkan mampu mengurangi kebocoran PAD,” imbuhnya.

Kemudian, di masjid-masjid, kata Marfendi biasa disapa Buya ini, juga sudah menerapkan sistem elektronik berupa QRIS (Quick Response (QR) Code Indonesian Standard). Hanya saja, sambung Buya lagi, banyak masyarakat dan pengurus masjid yang belum bisa menggunakan.

“Terkait hal tersebut, memang diperlukan sosialisasi agar sistem QRIS berdaya guna dan memudahkan pembayaran melalui aplikasi uang elektronik atau nontunai,” jelasnya.

Sekedar diketahui, QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia. Tujuannya agar proses transaksi digital atau nontunai lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. Kemudian, bisa diawasi oleh regulator dari satu pintu. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img