31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Pemda Padang Umumkan Konsep Pengembangan KWT Gunung Padang
P

Kategori -

Pemerintah Kota Padang serius mengembangkan pariwisata, bahkan bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia menyelenggarakan sayembara perencanaan konsep pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang. Penjurian terhadap sayembara tersebut sudah dilaksanakan dan akan diumumkan pemenangnya di Hotel Grand Inna Muara, pukul 9.00 WIB, Rabu (26/11).

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi terselenggaranya sayembara ini serta apresiasi terhadap peserta sayembara yang telah menuangkan gagasannya untuk pengembangan kepariwisataan di Kota Padang.

“Saya berharap melalui sayembara ini akan melahirkan karya desain arsitekturterbaik untuk pengembangan kawasan wisata terpadu Gunung Padang. Dengandemikian akan tumbuh iklim investasi yang baik,” ujarnya.

Disamping menyelenggarakan sayembara ini, keseriusan untuk penataan pariwisata di Kota Padang sesuai visi misi yang dituangkan dalam program unggulan, Walikota juga memaparkan terkait beberapa upaya yang telah dilakukan. Diantaranya, pembangunan Lapau Panjang Cimpago (LPC) di kawasan Pantai Purus untuk mengakomodir pedagang, pembangunan sarana dan prasarana di Pantai Aie Manih, pembangunan sarana dan prasarana di Danau Cimpago, peningkatan kebersihan objek wisata pantai dan penataan heritage Kota Padang.

“Untuk pengembangan ke depan, maka sayembara yang dilaksanakan ini akan menentukan bagaimana konsep pariwisata Kota Padang akan dikembangkan. Dari hasil karya para peserta yang kita pilih yang terbaik maka rencana itu disesuaikan untuk idealnya,” ujar Walikota.

Adapaun rencana terhadap Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang ini menurut pemaparan Walikota Padang sebagai berikut;

1. Kawasan wisata Pantai Padang dikembangkan atraksi wisata pantai yang
dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang wisata baik untuk rekreasi,
kuliner, sarana bermain anak, parkir dan sarana penunjang lainnya seperti hotel, mall dan restoran, serta perlu mempertimbangkan antisipasi terhadap bencana gempa dan tsunami.

2. Kawasan wisata Padang Lama direncanakan sebagai kawasan pelestarian yang dapat menunjang fungsi kawasan sebagai kawasan wisata. Saya berharap di kawasan heritage ini menghidupkan kembali stasiun kereta api Pulau Aie. Diharapkan dapat mengembangkan kawasanwisata budaya menggerakkan aktifitas ekonomi dan budaya.

3. Kawasan sekitar Jembatan Siti nurbaya direncanakan sebagai Pelabuhan Marina yang akan menunjang kegiatan wisata di sepanjang sungai Batang Arau. Pada kawasan ini juga dikembangkan wisata air, sandaran nkapal – kapal pesiar dan restoran terapung serta sarana olah raga air.

4. Mengembangkan ekowisata flora dan fauna di kawasan wisata Gunung Padang serta pengembangan nilai sejarah dan budaya berupa legenda makam Siti Nurbaya, meriam dan bunker peninggalan tentara Jepang.

5. Merencanakan cabel card yang menghubungkan Pantai Padang – Gnung Padang – Pantai Air Manih dengan memanfaatkan gedung kantor Pariwisata Kota Padang atau bangunan penjara yang nantinya akan ruislag sebagai stasiun dari cabel card yang direncanakan berupa bangunan gedung tinggi yang bagian bawahnya berfungsi sebagai mall dan bagian atas berfungsi stasiun dari cabel card. Pada kawasan Wisata Gunung Padang juga dikembangkan hotel , cotage dan villa sebagai sarana penunjang fungsi kawasan wisata.

6. Pada koridor jalan dari Gunung Padang menunju Pantai Air Manih dikembangkan kegiatan hiking, sepeda gunung dan rekreasi alam serta pengembangan sarana dan prasarana pendukung pengembangan Pantai Aie Manih dengan legenda Batu Malin Kundang-nya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menyebutkan, dari 27 peserta yang mengikuti sayembara ini, hasil karya yang masuk menjadi nominasi dari hasil penjurian ada 11 karya. “Dari sebelas karya ini diambil satu yang terbaik sebagai konsep ideal pengembangan KWT Gunung Padang,” kata Hervan.

Peserta sayembara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, 3 diantaranya adalah peserta lokal dan satu peserta luar negeri, yaitu dari Singapura.

Adapun Dewan Juri yang melakukan penilaian dalam sayembara ini terdiri dari, Ir. Karnaya, M.Arch, UD(ketua), Ir.H Hervan Bahar, MM (anggota), DR.Ir. Eko Alfares Z. MSA (anggota), IrDhasmayzal (anggota) dan Ir. Rudi Ferial, MSi (anggota).

(du/rel/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -