27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Pemda Padang Umumkan Konsep Pengembangan KWT Gunung Padang
P

Kategori -

Pemerintah Kota Padang serius mengembangkan pariwisata, bahkan bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia menyelenggarakan sayembara perencanaan konsep pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang. Penjurian terhadap sayembara tersebut sudah dilaksanakan dan akan diumumkan pemenangnya di Hotel Grand Inna Muara, pukul 9.00 WIB, Rabu (26/11).

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi terselenggaranya sayembara ini serta apresiasi terhadap peserta sayembara yang telah menuangkan gagasannya untuk pengembangan kepariwisataan di Kota Padang.

“Saya berharap melalui sayembara ini akan melahirkan karya desain arsitekturterbaik untuk pengembangan kawasan wisata terpadu Gunung Padang. Dengandemikian akan tumbuh iklim investasi yang baik,” ujarnya.

Disamping menyelenggarakan sayembara ini, keseriusan untuk penataan pariwisata di Kota Padang sesuai visi misi yang dituangkan dalam program unggulan, Walikota juga memaparkan terkait beberapa upaya yang telah dilakukan. Diantaranya, pembangunan Lapau Panjang Cimpago (LPC) di kawasan Pantai Purus untuk mengakomodir pedagang, pembangunan sarana dan prasarana di Pantai Aie Manih, pembangunan sarana dan prasarana di Danau Cimpago, peningkatan kebersihan objek wisata pantai dan penataan heritage Kota Padang.

“Untuk pengembangan ke depan, maka sayembara yang dilaksanakan ini akan menentukan bagaimana konsep pariwisata Kota Padang akan dikembangkan. Dari hasil karya para peserta yang kita pilih yang terbaik maka rencana itu disesuaikan untuk idealnya,” ujar Walikota.

Adapaun rencana terhadap Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang ini menurut pemaparan Walikota Padang sebagai berikut;

1. Kawasan wisata Pantai Padang dikembangkan atraksi wisata pantai yang
dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang wisata baik untuk rekreasi,
kuliner, sarana bermain anak, parkir dan sarana penunjang lainnya seperti hotel, mall dan restoran, serta perlu mempertimbangkan antisipasi terhadap bencana gempa dan tsunami.

2. Kawasan wisata Padang Lama direncanakan sebagai kawasan pelestarian yang dapat menunjang fungsi kawasan sebagai kawasan wisata. Saya berharap di kawasan heritage ini menghidupkan kembali stasiun kereta api Pulau Aie. Diharapkan dapat mengembangkan kawasanwisata budaya menggerakkan aktifitas ekonomi dan budaya.

3. Kawasan sekitar Jembatan Siti nurbaya direncanakan sebagai Pelabuhan Marina yang akan menunjang kegiatan wisata di sepanjang sungai Batang Arau. Pada kawasan ini juga dikembangkan wisata air, sandaran nkapal – kapal pesiar dan restoran terapung serta sarana olah raga air.

4. Mengembangkan ekowisata flora dan fauna di kawasan wisata Gunung Padang serta pengembangan nilai sejarah dan budaya berupa legenda makam Siti Nurbaya, meriam dan bunker peninggalan tentara Jepang.

5. Merencanakan cabel card yang menghubungkan Pantai Padang – Gnung Padang – Pantai Air Manih dengan memanfaatkan gedung kantor Pariwisata Kota Padang atau bangunan penjara yang nantinya akan ruislag sebagai stasiun dari cabel card yang direncanakan berupa bangunan gedung tinggi yang bagian bawahnya berfungsi sebagai mall dan bagian atas berfungsi stasiun dari cabel card. Pada kawasan Wisata Gunung Padang juga dikembangkan hotel , cotage dan villa sebagai sarana penunjang fungsi kawasan wisata.

6. Pada koridor jalan dari Gunung Padang menunju Pantai Air Manih dikembangkan kegiatan hiking, sepeda gunung dan rekreasi alam serta pengembangan sarana dan prasarana pendukung pengembangan Pantai Aie Manih dengan legenda Batu Malin Kundang-nya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menyebutkan, dari 27 peserta yang mengikuti sayembara ini, hasil karya yang masuk menjadi nominasi dari hasil penjurian ada 11 karya. “Dari sebelas karya ini diambil satu yang terbaik sebagai konsep ideal pengembangan KWT Gunung Padang,” kata Hervan.

Peserta sayembara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, 3 diantaranya adalah peserta lokal dan satu peserta luar negeri, yaitu dari Singapura.

Adapun Dewan Juri yang melakukan penilaian dalam sayembara ini terdiri dari, Ir. Karnaya, M.Arch, UD(ketua), Ir.H Hervan Bahar, MM (anggota), DR.Ir. Eko Alfares Z. MSA (anggota), IrDhasmayzal (anggota) dan Ir. Rudi Ferial, MSi (anggota).

(du/rel/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -