24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Pemda Padang Umumkan Konsep Pengembangan KWT Gunung Padang
P

Kategori -

Pemerintah Kota Padang serius mengembangkan pariwisata, bahkan bekerjasama dengan Ikatan Arsitektur Indonesia menyelenggarakan sayembara perencanaan konsep pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang. Penjurian terhadap sayembara tersebut sudah dilaksanakan dan akan diumumkan pemenangnya di Hotel Grand Inna Muara, pukul 9.00 WIB, Rabu (26/11).

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi terselenggaranya sayembara ini serta apresiasi terhadap peserta sayembara yang telah menuangkan gagasannya untuk pengembangan kepariwisataan di Kota Padang.

“Saya berharap melalui sayembara ini akan melahirkan karya desain arsitekturterbaik untuk pengembangan kawasan wisata terpadu Gunung Padang. Dengandemikian akan tumbuh iklim investasi yang baik,” ujarnya.

Disamping menyelenggarakan sayembara ini, keseriusan untuk penataan pariwisata di Kota Padang sesuai visi misi yang dituangkan dalam program unggulan, Walikota juga memaparkan terkait beberapa upaya yang telah dilakukan. Diantaranya, pembangunan Lapau Panjang Cimpago (LPC) di kawasan Pantai Purus untuk mengakomodir pedagang, pembangunan sarana dan prasarana di Pantai Aie Manih, pembangunan sarana dan prasarana di Danau Cimpago, peningkatan kebersihan objek wisata pantai dan penataan heritage Kota Padang.

“Untuk pengembangan ke depan, maka sayembara yang dilaksanakan ini akan menentukan bagaimana konsep pariwisata Kota Padang akan dikembangkan. Dari hasil karya para peserta yang kita pilih yang terbaik maka rencana itu disesuaikan untuk idealnya,” ujar Walikota.

Adapaun rencana terhadap Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang ini menurut pemaparan Walikota Padang sebagai berikut;

1. Kawasan wisata Pantai Padang dikembangkan atraksi wisata pantai yang
dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang wisata baik untuk rekreasi,
kuliner, sarana bermain anak, parkir dan sarana penunjang lainnya seperti hotel, mall dan restoran, serta perlu mempertimbangkan antisipasi terhadap bencana gempa dan tsunami.

2. Kawasan wisata Padang Lama direncanakan sebagai kawasan pelestarian yang dapat menunjang fungsi kawasan sebagai kawasan wisata. Saya berharap di kawasan heritage ini menghidupkan kembali stasiun kereta api Pulau Aie. Diharapkan dapat mengembangkan kawasanwisata budaya menggerakkan aktifitas ekonomi dan budaya.

3. Kawasan sekitar Jembatan Siti nurbaya direncanakan sebagai Pelabuhan Marina yang akan menunjang kegiatan wisata di sepanjang sungai Batang Arau. Pada kawasan ini juga dikembangkan wisata air, sandaran nkapal – kapal pesiar dan restoran terapung serta sarana olah raga air.

4. Mengembangkan ekowisata flora dan fauna di kawasan wisata Gunung Padang serta pengembangan nilai sejarah dan budaya berupa legenda makam Siti Nurbaya, meriam dan bunker peninggalan tentara Jepang.

5. Merencanakan cabel card yang menghubungkan Pantai Padang – Gnung Padang – Pantai Air Manih dengan memanfaatkan gedung kantor Pariwisata Kota Padang atau bangunan penjara yang nantinya akan ruislag sebagai stasiun dari cabel card yang direncanakan berupa bangunan gedung tinggi yang bagian bawahnya berfungsi sebagai mall dan bagian atas berfungsi stasiun dari cabel card. Pada kawasan Wisata Gunung Padang juga dikembangkan hotel , cotage dan villa sebagai sarana penunjang fungsi kawasan wisata.

6. Pada koridor jalan dari Gunung Padang menunju Pantai Air Manih dikembangkan kegiatan hiking, sepeda gunung dan rekreasi alam serta pengembangan sarana dan prasarana pendukung pengembangan Pantai Aie Manih dengan legenda Batu Malin Kundang-nya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar menyebutkan, dari 27 peserta yang mengikuti sayembara ini, hasil karya yang masuk menjadi nominasi dari hasil penjurian ada 11 karya. “Dari sebelas karya ini diambil satu yang terbaik sebagai konsep ideal pengembangan KWT Gunung Padang,” kata Hervan.

Peserta sayembara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, 3 diantaranya adalah peserta lokal dan satu peserta luar negeri, yaitu dari Singapura.

Adapun Dewan Juri yang melakukan penilaian dalam sayembara ini terdiri dari, Ir. Karnaya, M.Arch, UD(ketua), Ir.H Hervan Bahar, MM (anggota), DR.Ir. Eko Alfares Z. MSA (anggota), IrDhasmayzal (anggota) dan Ir. Rudi Ferial, MSi (anggota).

(du/rel/humas padang)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -