30 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Pembelajaran Daring Diperpanjang Di Limapuluh Kota
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi masih berkembangnya Virus Corona Covid 19 dan sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid 19, Keputusan MenKes Nomor HK.01.07/Menkes/260/2020 tentang Penetapan PSBB di Sumbar dan Instruksi Gubernur Sumbar Nomor 360/051/Covid 19-Sbr/IV-2020, maka Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Memperpanjang Kegiatan Pembelajaran Daring 1 sd 30 Mei 2020 sesuai Instruksi Bupati Nomor 420/1128/1/DPK.LK/IV.2020.
“Untuk menghindari penularan Covid 19 pada peserta didik dan sesuai aturan yang berlaku kita memperpanjang masa pembelajaran daring/jarak jauh diseluruh satuan pendidikan (29/4)” Ujar Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi.Selanjutnya ditegaskan Bupati bahwa orang tua peserta didik diminta bantuan untuk tetap patuh terhadap Pelaksanaan Protokol Kesehatan dengan membimbing dan mengawasi anaknya belajar di rumah dan menjaga kesehatan.
Kadisdikbud Indrawati lebih lanjut menjelaskan bahwa Proses Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh harus dilaksanakan oleh guru dengan perencanaan yang baik dan bertanggung jawab.
“Kami meminta laporan dari guru dalam pembelajaran daring melalui aplikasi dan diteruskan ke Kemendikbud” jelas Indrawati.Selama Ramadhan kegiatan di fokuskan pada Pesantren Ramadhan di rumah, dimana guru akan memberikan materi melalui daring dan memberikan tugas fortopolio yang berkaitan penumbuhan nilai Budi pekerti luhur tukuk Indrawati.
Sementara itu Pimpinan Sekolah Islam Terpadu An Nahal Guguak VIII Koto Ustazd Hasrat Chan, Lc memberikan apresiasi dan bersyukur kepada Allah Swt bahwa Bupati Lima Puluh Kota sangat memahami kondisi wabah ini.”Ini adalah keputusan yang terbaik untuk saat ini menyelamatkan ummat dari wabah penyakit menular yang membahayakan.”ujar Ustazd Hasrat Chan yang merupakan Alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir.
Dalam pembelajaran Daring Perguruan An Nahal memanfaatkan media sosial WA dan Youtube sebagai sarana pembelajaran dan selama Ramadhan ada Juornal Ramadhan setiap peserta didik dan dilaporkan melalui WA ke Wali Kelas,ujar Hasrat Chan yang juga Pengurus MUI Lima Puluh Kota.Selanjutnya
Kadisdikbud juga berpesan kepada orang tua peserta didik untuk membantu mengawasi dan mengendalikan putra putrinya untuk melaksanakan kegiatan Amal Ramadhan dan meningkatkan Budi pekerti luhur.
“Fokuskan kegiatan peserta didik di rumah dengan beribadah dan menjaga kesehatan.” Ujar Kadisdikbud.Salah satu program amalan yang dapat diterapkan Perguruan Islam terpadu An Nahal adalah Ramadhan Berbagi dimana peserta didik menyumbang bahan makanan seperti telur dan kurma dan mengantarkan ke sekolah selanjutnya dibagikan ke masyarakat sekitar sekolah dan siswa yang kurang mampu.
Untuk kegiatan akademik Kadisdikbud lebih lanjut menegaskan pengumuman Kelulusan SMP tanggal 5 Juni 2020 dan SD 15 Juni 2020.
Ketua MKKS SMP Kabupaten Lima Puluh Kota yang juga Kepala UPT SMPN 1 Kec.Harau menambahkan bahwa jadwal ujian Semester Kenaikan Kelas direncanakan 8 Juni 2020. Untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020/2021 kita menunggu Keputusan Gubernur Sumbar yang pada tahun ini disamakan untuk semua jenjang pendidikan di Sumbar tanpa membedakan sekolah umum dan agama dan Hari Pertama sekolah 13 Juli 2020 ujar M Yusuf Lubis.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.
- Advertisement -

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.
- Advertisement -

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

PWI Tanah Datar Gelar KLW

Persatuan Wartawan Indonesia Tanah Datar gelar karya latihan wartawan di pendopo Indojalito Kamis (14/01) ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Dengan Dana CSR, PT HKI Bantu Perbaikan Jalan Di Lareh Sago Halaban

Upaya keras dan perjuangan masyarakat Lasahan untuk perbaikan infrastruktur jalan utama di Kecamatan Lareh Sago Halaban yang menghubungkan Payakumbuh-Tanah Datar ini akhirnya berbuah manis dan segera terwujud, setelah sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda mengadakan perbahasan final yang bertempat di ruangan Kantor Camat Lareh Sago Halaban pada Rabu (13/01) siang.
- Advertisement -