24.2 C
Padang
Rabu, Januari 19, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pelayanan Publik, Pakan Sinayan Lebih Maju
P

Kategori -
- Advertisement -

Dalam hal pelayanan publik, Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, selangkah lebih maju dibanding 75 kelurahan lainnya di Kota Payakumbuh. Kelurahan berpenduduk 1.900 jiwa ini, punya 3 loket pelayanan dalam melayani masyarakat, yang dirancang secara terpadu.

“Kami ingin memberikan pelayanan prima dan tak berbelit kepada masyarakat,” ucap Lurah Pakan Sinayan Zailendra, S.IP, dalam laporannya saat lounching pelayanan terpadu satu pintu itu, dalam acara di halaman kantornya, Jum’at (29/8).

Launching pelayanan terpadu itu dilakukan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, dihadiri ratusan masyarakat, LPM, pengurus RT/RW bersama pimpinan SKPD terkait, Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal dan kepala kelurahan se Kecamatan Payakumbuh Barat serta pimpinan SKPD terkait.

Pelayanan terpadu yang digagas Lurah Pakan Sinayan Zailendra itu, diapresiasi Wawako Suwandel Muchtar dan Camat Payakumbuh Barat Nurdal, saat keduanya memberi sambutan. Wawako berharap, inovasi dan terobosan Pakan Sinayan ini, seyogianya diteladani dan diterapkan di kelurahan lainnya di Payakumbuh.

Dikatakan, lurah bersama jajarannya adalah ujung tombak pemerintah dalam menyukseskan seluruh program. Karena itu, dalam menyukseskan program, diperlukan peran serta masyarakat dalam bentuk dukungan moral dan fisik. “Bagaimana dukungan warga akan muncul, jika mereka tak terlayani selama ini oleh pihak kelurahan. Makanya, usaha pelayanan terpadu ini, bagian dari usaha memancing swadaya masyarakat terhadap kemajuan pembangunan ke depan,” kata Suwandel.

Keterangan Lurah Zailendra, warga yang berurusan ke kantornya, akan melewati tiga loket. Loket satu, berupa pemberian informasi. Loket dua buat pelayanan urusan-urusan pemerintahan, trantib, kesejahteraan sosial, ekonomi dan pembangunan. Kemudian, loket 3, pengambilan berkas. Setiap warga yang datang akan difasilitasi dengan baik dan diarahkan, bagaimana berurusan dengan SKPD terkait.

Tidak sebatas itu, di kantor kelurahan dipajang tiga kotak saran dengan warna berbeda. Jika warga mendapatkan pelayanan sangat tidak puas, kotak sarannya berwarna merah. Jika puas, kotak sarannya berwarna kuning. Sedangkan, warna hijau, kotak saran bagi warga yang mendapatkan pelayanan sangat puas. Kotak saran itu, alat mengukur kepuasan terhadap pelayanan kelurahan, kata Zailendra.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img