31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menuju Porprov Sumbar XIII/2014, PAYAKUMBUH RAMPING KONTINGEN, GEMUK PRESTASI
M

Kategori -
- Advertisement -

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bersama KONI Payakumbuh, akan memangkas sejumlah atlet dari cabang olahraga yang tak mampu mengukir prestasi dalam Porprov Sumatera Barat XIII/2014, di Dharmasraya, Desember mendatang. Kota Payakumbuh ke Porprov nanti, disepakati Disparpora dan KONI, ramping dalam kontingen, tapi gemuk, dengan prestasi.

Kesepakatan tersebut diputuskan dalam rapat Tim Pembina Porprov Sumbar XIII/2014 Kota Payakumbuh, dalam pertemuan dipimpin Sekretaris Disparpora Dafrul Pasi, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (29/8). Tim Pembina Porprov ini, gabungan pengurus KONI, pejabat Disparpora, serta pemerhati olahraga kota ini. Tim diketuai Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Yoherman, ini diberi kewenangan oleh pemko untuk menetapkan jumlah cabang dan atlet yang akan memperkuat kontingen Payakumbuh menuju medan laga Porprov Sumbar nanti.

Ketua Umum KONI Dedrizal dan Wakil Ketua KONI Ostimardi bersama Kadisparpora Payakumbuh, Syahnadel Khairi, mengatakan, pengetatan jumlah cabor dan atlet yang akan diberangkatkan itu, disebabkan terbatasnya anggaran pemko untuk menghadapi Porprov. “Tak ada pilihan lain, pemko harus membatasi jumlah cabor dan atlet yang akan diberangkatkan,” tegas Kadisparpora Syahnadel.

Dalam hal penetapan cabor dan atlet, tim pembina akan melakukan monitoring ke setiap cabang olahraga yang sudah terdaftar di KONI Payakumbuh. Sekarang ini, tercatat 29 cabor yang terdaftar di KONI dan kesemuanya sudah mendapatkan dana pembinaan dari pemko melalui KONI.

Terhadap cabor yang mendapat medali pada Porprov Sumbar XII/2012 di Kabupaten Limapuluh Kota lalu, mendapat prioritas untuk memperkuan kontingen Payakumbuh. Tapi, tim pembina tetap melakukan evaluasi, apakah cabor bersangkutan masih tetap eksis dan masih punya prestasi terbaik.

Terhadap cabor yang tidak punya prestasi pada Porprov lalu, dikatakan, akan menjadi catatan bagi tim. Sepanjang atlet dari cabor dimaksud punya catatan prestasi di kejurda, olahraga pelajar, apalagi di tingkat nasional, sudah barang tentu direkomendasikan membela bendera Payakumbuh.

Tapi, kalau baru pertama mengikuti Porprov dan tak punya catatan prestasi dalam dua tahun terakhir, atlet bersangkutan akan menjadi catatan khusus tim pembina, apakah layak untuk diberangkatkan. “Kita akan menguji kemapuan atlet dimaksud, apalagi dari cabang olahraga yang terukur, seperti atletik dan renang,” tegas Dedrizal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img