Muhammad Habibi Husni, pelajar kelas VI SD Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh,  terpilih sebagai wakil Indonesia dalam Kompetisi Olimpiade Matematika berskala Internasional pada iven Asian Science International (ASMOPS) 2014 yang akan  berlangsung  di Hotel Marbella Banten, selama lima hari, 8-13 November 2014.

Kepala SD Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, Syamsuardi, S.Ag, di Balaikota Payakumbuh, menginformasikan, Selasa (4/11), tidak mudah bagi Habibi untuk menembus ASMOPS 2014. Karena, harus melewati berbagai seleksi yang ketat dari ratusan pelajar di Sumbar dan provinsi lainnya.

Terpilihnya putra dari pasangan Husni dan Wildayati ini, diawali dari kompetisi  atau road to ASMOPS yang berlangsung diberbagai daerah di seluruh Indonesia. Untuk Sumatera Barat,  Surya Institute dibawah pimpinan Prof. Yohanes Surya selaku penyelenggara,  melaksanakan seleksi di Padangpanjang,  30 Agustus lalu. Pesertanya, total 1.017 pelajar, terdiri dari bidang sains 484 pelajar dan matematika 533 pelajar.

Waktu itu, jelas Syamsuardi, tercatat dua pelajar SDI RJ yang lolos seleksi babak pertama,  yakni M. Habibi Husni bidang matematika dan Hikamtul Faiza bidang sains.

Dalam road to ASMOPS  tingkat nasional di Jakarta, 10-12 Oktober baru lalu, dari  64 pelajar yang masuk  nominasi, panitia seleksi  berhasil menetapkan 14 pelajar   terbaik untuk masing-masing cabang dan berhak mewakili Indonesia pada olimpiade internasional. Salah satu di antaranya, adalah Habibi Husni sendiri, kata Syamsuardi.

“Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi dunia pendidikan Payakumbuh, dengan sukses Habib,  untuk mengibarkan Merah Putih dalam bidang keilmuan di pentas dunia. Mudah-mudahan Habib mampu menyamai seniornya Aiken Jethro, yang mampu merebut medali di olimpiade sains  di Philipina tahun lalu. Doa warga Payakumbuh dan Sumatera Barat, kami tunggu, agar Habibi sukses mengukir prestasi,” ucap Syamsuardi bersama guru pembina, Afrinaldi,  yang akan mendampingi Habibi selama lomba  di Banten.

loading...