23 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pekan Ini Muslim Amerika Salat Jumat di Katedral. Kok Bisa?
P

Kategori -
- Advertisement -

Organisasi masyarakat (Ormas) Washington National Cathedral (WNC). Berencana menyelenggarakan salat jumat bagi Umat Muslim Amerika Serikat, pekan ini. Hal ini dilakukan untuk merefleksikan hubungan keagamaan yang kuat antara muslim dan Kristen.

“Kami inginkan dunia melihat komunitas Kristen berpartner dengan kami dan mendukung kebebasan beragama,” ujar juru bicara dewan hubungan Umat Islam Amerika, All Dulles Area Muslim Society (ADAM), Rizwan Jaka, beberapa hari lalu, sebagaimana dimuat onislam.

Menurutnya, ini adalah pertama kalinya salat jumat diselenggarakan di Katedral yang kerap menyelenggarakan penguburan presiden di Amerika Serikat.

Katedral ini memiliki sejarah yang kerap menyelenggarakan kegiatan hubungan keagamaan.

Dengan menyelenggarakan salat jumat ini, pemimpin keagamaan Kristen dan Islam dapat bersama-sama menyatakan keharmonisannya dalam suasana kekristenan.

Salat jumat akan dimulai sekitar 12.20 waktu setempat. Hanya untuk mereka yang diundang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak katedral, yaitu direktorat liturgi yang dipimpin Gina Campbell. Juga didikung oleh Duta Besar Afrika Selatan untuk AS, Ebrahim Rasool.

Kegiatan ini juga untuk mengenang Nelson Mandela. “Hal ini nantinya akan menjadi momentum yang sangat dramatis bagi Islam dan Kristen,” ujar Rasool, dalam pernyataannya.

Semuanya berhak meyakini dan menjalankan keyakinannya. Hal ini dilakukan dengan membuang kebencian, islamopobia, rasisme, antisemitisme, dan antikristen. Didalam kegiatan ini dinilainya mengandung semangat kemanusiaan untuk bebas menjalankan keyakinan. (republika)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img