26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pebalap TDS 2014 Hati-Hati, JALAN LINGKAR LUAR UTARA RAWAN TERNAK LIAR
P

Kategori -
- Advertisement -

Stage 5 Tour d’ Singkarak 2014, Payakumbuh – Danau Singkarak, Kabupaten Solok, 135 Km, dilepas di Kota Payakumbuh, Rabu 11 Juni pekan depan. Sebelum bertolak ke Singkarak, lewat Piladang, Kabupaten Limapuluh Kota, para pebalap akan mengitari kota Payakumbuh. Jalan lingkar luar utara, dari Pakan Sinayan di Payakumbuh Barat sampai ke Tanjung Anau di Kecamatan Payakumbuh Utara, di antara jalur yang akan dilewati rombongan peserta TDS selain sejumlah ruas jalan dalam kota lainnya.

Jalan lingkar luar utara sepanjang lebih kurang 13 Km, merupakan ruas terbilang rawan dengan ternak peliharaan, seperti kambing, sapi, itik dan anjing. Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, minta seluruh pihak terkait, terutama camat dan kepala kelurahan di sepanjang jalan lingkar luar, untuk mengajak warga berpartisipasi dengan iven TDS dimaksud.

Camat dan kepala kelurahan diminta pro aktif, untuk memberikan penyuluhan kepada warga setempat, agar pada hari “H” TDS dimaksud, tidak melepas hewan peliharaannya. Kecepatan pebalap itu sangat tinggi, mencapai 80 Km perjam. Karena itu, sangat berbahaya bagi keselamatan pebalap, jika ternak peliharaan dilepas di jalan raya, sebut wawako.

Kadisparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi, mengatakan, pihaknya terus menerus melakukan koordinasi dengan aparat terkait, termasuk dengan camat dan kepala kelurahan, terutama pengamanan di jalan raya. “Mudah-mudahan, camat dan kepala kelurahan tetap memberikan sosialisasi terhadap ternak dimaksud, selain beramai-ramai menyaksikan rombongan TDS di sepanjang jalan yang dilewati.

Dikatakan, setelah dilepas Walikota Payakumbuh Riza Falepi dari garis star di depan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah, Jalan Sukarno-Hatta, tepat pukul 11.00 WIB, rombongan pebalap akan menuju Tanjung Anau melewati jalan lingkar utara bagian luar. Dari Simpang Tanjung Anau, pebalap menuju Simpang Kaniang Bukik, terus ke Simpang Napar. Dari Simpang Napar belok kiri menuju Simpang Bunian, dan belok kiri ke Simpang Masjid Ansharullah Muhammadyah.

Dari Simpang Masjid Ansharullah, belok kanan menuju Simpang Tugu Adipura, Simpang Kasda, Simpang Balaikota hingga Simpang Piladang, dan kemudian belok kiri menuju Danau Singkarak melewati Batusangkar.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian TDS ini, pebalap dan masyarakat akan dihibur dengan kegiatan pacu terbang itik dan musik. Sementara itu, dari pukul 07 hingga pukul 08. WIB, seluruh komunitas sepeda di kota ini, juga melakukan kegiatan sepeda sehat di dalam kota, memperebutkan ratusan hadiah atau doorprize dari sejumlah sponsor.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img