26 C
Padang
Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Terima APE, Dua Pelajar SMA RJ Ikut Forum Anak
P

Kategori -
- Advertisement -

Lagi, Pemko Payakumbuh kembali memperoleh penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini kota yang berpenduduk 130 ribu jiwa ini, memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat pratama dari Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono,  melalui Kementerian  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

APE ini direncanakan akan diterima Walikota Riza Falepi, dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, dalam acara  di Gedung Sasana Karya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu  (18/12), bersamaan dengan peringatan Hari Ibu Tingkat Nasional ke-85/2013.

APE semacam penghargaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah  yang berhasil melaksanakan pembangunan dibidang penyetaraan  gender dan perlindungan anak. Saat penyerahan Walikota Riza Falepi, didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  Perempuan dan KB Payakumbuh, Drs. Hermayunis.

Keterangan Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis, MM, di Bukit Sibaluik, Jum’at (13/12), APE bentuk kepedulian Payakumbuh dalam program pemberdayaan masyarakat dan perlindungan anak. Selama ini Pemko dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,  benar-benar melibatkan masyarakat seluruh lapisan masyarakat.

Keterlibatan masyarakat dilakukan Pemko dengan menggandeng seluruh organisasi wanita, seperti TP-PKK, Dharmawanita, Persit KCK, IKD, Bhayangkari, IWAPI, yang kesemuanya tergabung dalam GOW (Gabungan Organisasi Wanita). “kita selalu melibatkan seluruh anggota GOW dalam gerakan pemberdayaan masyarakat,” ucap  Sekdako.

Diantara sukses yang diraih Payakumbuh dalam pemberdaya masyarakat adalah lewat prestasi lomba-lomba gerakan PKK, kelurahan berprestasi P2WKSS, serta kegiatan perlindungan anak melalui organisasi Pemuda Pelopor Indonesia. Untuk perlombaan tersebut, Payakumbuh selalu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Dampaknya, peningkatan ekonomi Payakumbuh dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Forum Anak

Bersamaan dengan penyerahan APE dan peringatan Hari Ibu, juga akan berlangsung kegiatan Forum Anak Indonesia, di TMII. Dalam pertemuan tingkat nasional itu, Kota Payakumbuh diwakili dua pelajar SMA Raudhatul Jannah (RJ) Kota Payakumbuh, Miratul Aufa dan Annisa Rahmajefi. Keduanya, tercatat sebagai pengurus Forum Anak Indonesia Kota Payakumbuh.

Dalam pertemuan Forum Anak Itu, seluruh peserta dari provinsi, kota dan kabupaten seluruh Indonesia, akan berkomunikasi dalam sebuah diskusi menyampaikan ide-ide kreatif, guna membuka wawasan anak Indonesia. “Harapan kita, kedua wakil Payakumbuh menjadi perhatian khusus peserta, karena Aufa, panggilan akrab Miratul, ketika masih di SD, tercatat sebagai pemenang Pildacil yang digelar TV Swasta Indosiar.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img