29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Peringati HGN dan HUT ke 68 PGRI
P

Kategori -
- Advertisement -

Untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Ulang Tahun ke 68 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), ratusan guru, PNS, dan Siswa sekolah Kota Payakumbuh, memadati lapangan Kubu Gadang untuk melakukan upacara. Wakil Walikota Payakumbuh, Suwandel Mukhtar, yang juga ikut memakai baju seragam PGRI, bertindak sebagai Irup dalam upacara yang berlangsung khidmat, Jumat (29/11).

 

Dalam amanatnya, Wawako membacakan sambutan Ketua umum PB PGRI Dr. H. Sulistyo, M.Pd. Hari Guru dan Hut PGRI yang jatuh pada tanggal 25 November ini, berangkat dari semangat para guru yang melahirkan PGRI sebagai hasil Kongres Guru Indonesia di Surakarta, 68 tahun yang lalu.

 

“Guru merupakan Pembina dan pengawas generasi. Apabila guru tidak ikut andil dalam peran ini, maka dapat dipastikan, generasi penerus bangsa ini akan menjadi momok menakutkan bagi kelangsungan bangsa ini. Atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh, Kami ucapkan selamat hari Guru Nasional dan HUT ke-68 PGRI kepada para guru di seluruh tanah air, khususnya di Kota Payakumbuh, semoga perjuangan dan pengabdian guru memberi makna dalam kemajuan bangsa, dan menjadi ladang amal ibadah” ujar Wawako.

 

Wawako menambahkan, sebagai organisasi profesi guru, PGRI harus bisa mendorong terjadinya perubahan kinerja dan peningkatan kompetensi guru, dosen, dan tenaga kependidikan menjadi lebih baik sejalan dengan berbagai upaya peningkatan kesejahteraannya.

 

“Selain memperjuangkan kesejahteraan guru, PGRI juga bertanggung jawab untuk memajukan mutu Pendidikan bangsa” tambah Wawako.

 

Disampaikan oleh Drs. Dalius, Ketua PGRI yang baru dilantik menggantikan Syahnadel Khairi, untuk masa bakti 2013-2018, upacara peringatan HGN dan HUT ke-68 PGRI ini mengambil tema “Mewujudkan Guru yang Kreatif dan Inspiratif dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Implementasi Kurikulum 2013”.

 

“Walaupun upacara ini terlambat dari tanggal 25 November, namun semangat para Guru melalui PGRI untuk memeriahkan HGN dan HUT ke 68 PGRI tetap tinggi. Semoga menjadi motivasi bagi kami untuk terus memperjuangkan mutu pendidikan dan kesejahteraan Guru” ujar Dalius yang juga menjabat sebagai Kepsek. SMP Negeri 5 Tiakar.

 

Untuk memeriahkan HGN dan HUT PGRI ini, berbagai lomba dilakukan. Diantaranya lomba Kompetensi Bahasa Inggris Guru tingkat SMP, SMA, dan SMK, Lomba Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi. “Kemudian, hari Minggu (1/12), kita akan melakukan lomba Gerak Jalan sehat yang akan dimulai di depan Kantor Dinas Pendidikan Kubu Gadang” tutup Dalius.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img