26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengurus PDBI Payakumbuh Dikukuhkan
P

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh – Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Payakumbuh, dikukuhkan Ketua Harian Pengprov PDBI Sumatera Barat Drs.Akhri Meinhardi, dalam acara di aula SMKN 1 Payakumbuh, Sabtu (30/11). Pengukuhan pengurus PDBI yang dipimpin duet ketua Herman Ujang Niar dan sekretaris Yudi Thamrin ini dihadiri Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Kadisdik H. Hasan Basri Sy, S.Pd serta sejumlah kepala sekolah SD sampai ke tingkat SLTA.

PDBI Kota Payakumbuh itu, sudah terbentuk sejak Juni lalu, hasil musyawarah dan mufakat dari sejumlah publik drum band dan kepala sekolah. Ujang Niar sapaan akrab Herman yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, terpilih secara aklamsi bersama Yudi Thamrin sebagai sekretarisnya.

Karena itu, baik Ketua Harian Pengprov PDBI Sumbar Akhri Meinhardi dan Wawako Suwandel Muchtar, meyakini PDBI Payakumbuh akan lebih sukses dan maju dari daerah lainnya, karena dipimpin oleh sosok yang benar-benar peduli dengan dengan dunia drum band dan maching band. Harapan kita, PDBI Payakumbuh akan menjadi perhatian khusus oleh publik olahraga musik ini, kata wawako.

Dikatakan, KONI Sumatera Barat sudah menetapkan marching band masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porprov Sumatera Barat XIII/2014 di Dharmasraya. Meski sifatnya baru dalam taraf eksibisi, tapi momentum Porprov Sumbar itu, saat tepat bagi seluruh kota dan kabupaten memperlihatkan eksistensinya dalam membina drum band dan marching band selama ini. “Kami optimis, Payakumbuh mampu tampil lebih baik dalam multi iven olahraga milik warga Minangkabau itu,” sebut Akhri.

Ketua PDBI Payakumbuh Ujang Niar, ketika dihubungi, mengaku siap membawa terbang tinggi prestasi drumb band dan marching band Payakumbuh. Kita punya asset yang cukup banyak, berjenjang dari SD, SLTP dan SLTA. Malahan, dari sekolah TK pun sudah ada yang punya unit drum band. Aset-aset drum band yang ada pada semua sekolah itu, akan didata, lalu akan dilakukan pembinaan lebih intensif, sebut Ujang Niar.

Dalam pembinaan drum band dan marching band, PDBI akan melibatkan mitra kerja, terutama jajaran Dinas Pendidikan Payakumbuh serta unsure TNI/Polri yang punya komitmen tinggi dalam dunia korsik dan drum band. Menurutnya, dengan sinergisitas seluruh pihak itu, prestasi drum band dan marchin band Payakumbuh akan lebih cepat berkembang.

Di Payakumbuh, selain seluruh SLTP dan SLTA negeri dan swasta, total 25 sekolah sudah punya drum band, juga sudah ada grup marching band dari SMA Negeri 1 Payakumbuh, pimpinan Kepsek Drs. Resnulius. Marching band berkekuatan 150 personil itu, sudah dipercaya Dinas Pendidikan dan PDBI Provinsi Sumatera Barat, tampil dalam parade senja, penurunan bendera merah putih, pada HUT Kemerdekaan RI ke-68 di Gubernuran Padang, 17 Agustus lalu. Saat pengukuhan PDBI Payakumbuh, marching band SMAN 1 juga ikut tampil menghibur publik.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img