29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Barat Belajar Ke Nagari Tetangga
P

Kategori -
- Advertisement -

Dipimpin Sekretaris Kecamatan Payakumbuh Barat, Hj. Sovita Yenuris, SH, sebanyak 22 lurah di bawah naungan FKL (Forum Koordinasi Lurah),  kecamatan setempat, melakukan kunjungan kerja ke  Nagari VII Koto Talago,  Kecamatan Guguk,  Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu(29/7).

Payakumbuh Barat, menurut Camat H. Nurdal, S.Sos, Minggu (2/8), ingin menjadikan Kecamatan Payakumbuh Barat sebagai  kecamatan berbasis internet  terbaik di kota ini. Nagari VII Koto Talago, daerah tetangga di Kabupaten Limapuluh Kota, yang sudah lebih dulu mengenal dunia IT, katanya.

Nagari VII Koto Talago, satu-satunya nagari yang telah melaksanakan Informasi tekhnologi atau Cyber nagari di Sumatera Barat. Peresmiannya dilakukan Gubernur Irwan Prayitno, sekitar tiga bulan lalu.  Di Nagari Talago, rombongan diterima  Sekretaris Nagari Sofianis, Kaur Pembangunan Heri Nizwar, ZA yang juga dipercaya sebagai Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)VII Koto Talago,  dan sejumlah staf lainnya.

Sebelum  Nagari Cyber diluncurkan, VII Koto Talago sudah memiliki Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), semacam komunitas yang nyaris sama dengan kegiatan  Kelompencapir (Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pemirsa) era Orde Baru dibawah binaan Deppen RI.

Sementara itu, dukungan perantau setempat, seperti Adityawarman Thaha, Anwar ZA, Dewi Fortuna dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon serta tokoh akademisi Sumbar Prof. Syafrudin Karimi, Kopertis Prof. Ganefi dan tokoh lainnya, juga  sangat tinggi terhadap Nagari Cyber.

Data centre  Nagari Cyber  VII Talago ditempatkan di  SMK Negeri setempat. Dalam operasionalnya, juga melibatkan Radio Komunitas yang ada di VII Koto Talago. Kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan antara lain thalk show, audien via telepon, dan teleconferen. Untuk mendapatkan informasi tentang VII Koto Talago dapat mengakses wibesite http://7kototalago.limapuluhkota.org atau email: kimtujuahkoto@gmail.com.

Menurut camat dan Sekcam Payakumbuh Barat Sovita Yenuris, pihaknya akan segera melakukan rakor kelurahan tentang rencana membangunan Payakumbuh Barat Cyber, diawali dengan pembekalan pengetahuan IT kepada seluruh lurah dan staf kecamatan. Tidak tertutup kemungkinan, kita akan kirim kembali lurah melakukan praktek lapangan di VII Koto Talago, sebutnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img