31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Novermal SH Pertanyakan Alasan Bupati hentikan Pembangunan RSUD M.Zein
N

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Apa menjadi dasar pemerintah daerah, Pesisir Selatan melalui Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghentikan pembangunan gedung RSUD. M. Zein Painan, di di Bukit Kabun Taranak, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan anggaran senilai Rp.99 miliar. Perlu menjadi tanda tanya besar.
Dimana sumber pembiayaan berasal pinjaman dari Pusat Investasi Pemerintah ( PIP). Dimana, sebanyak Rp. 96 milir digunakan untuk fisik gedung dan Rp.3 miliar untuk pembelian alat kesehatan, hingga sekarang belum ada tanda – tanda.
” Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni harus bisa menjelaskan didepan anggota DPRD Pessel, atas dasar apa proyek tersebut dihentikan,” tegas Ketua Fraksi PAN DRPD Pessel, Novermal, SH, pada media, Sabtu (20/6).
Novermal mengatakan, proyek yang dibayai dengan uang pinjaman dari Pinjaman Investasi Pusat ( PIP) tiba – tiba saja dihentikan secara sepihak saja, padahal sebelumnya pemerintah daerah Pesisir Selatan, melalui Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni pernah meminta audit investigasi oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) Perwakilan Sumatera Barat. Tapi apa hasil audit tersebut?
Sesuai kewenangan di miliki pada Anggota DPRD Pessel, DPRD berhak memintak dan mendapatkan LHP Audit Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK), dan LHP tersebut. Maka seharusnya Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni berani menyampaikan hal tersebut ke publik. Tentu saja melalui lembaga DPRD Pessel.
” Bupati Hendrajoni harus menjelaskan secara resmi pengehentian proyek tersebut, sekaligus bisa menyerahkan LHP pada DPRD Pessel, apalagi ini program strategis menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Maka, Interpelasi itu harus dilakukan,” kata Novermal.
Ya, hal ini akan kita bawah tersebut ke rapat Fraksi PAN, dan akan memintak dukungan Fraksi lainya di DPRD Pessel, agar Interpelasi tersebut bisa lolos.
Informasi dikumpulkan di lapangan, hingga pada tahun 2017, pembangunan RSUD. M.Zein Painan tidak dilanjutkan, dengan alasan tidak adanya Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Bahkan, hal itu telah menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan ( BPKP).
Pembangunan itu berada pada luas 9 ribu meter persegi,ternyata luasnya mencapai 12 ribu meter persegi. Tentu harus ada AMDAL, sedangkan IMB baru dikeluarkan pada tahun 2016 silam, sedangkan pembangunan dimulai pada tahun 2015.(tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).
- Advertisement -

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.
- Advertisement -

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

Gerak Cepat, Tim Opsnal Satnarkoba Polres Pessel Ciduk Tersangka dan BB

Tidak berhenti dalam memberantas narkoba di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan, tim opsnal Satnarkoba Polres Pessel kembali menciduk tersangka penyalagunaan narkoba jenis sabu - sabu, Jumat (20/1) di kampung Sikabu, Kenagarian Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pessel.

Ketum DPP PAN H.Zulkifli Hasan, buka Musda V PAN serentak secara virtual

Partai Amanat Nasional menggelar MUSDA DPD PAN ke V yang dilaksanakan serentak secara virtual Sekabupaten/kota Sumatera Barat. Salah satunya DPD PAN, Kabupaten Pesisir Selatan ini.

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -