24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Mengintip PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh
M

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai satu-satunya daerah di Pulau Sumatera yang memiliki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Negeri Percontohan, Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia sejak dari usia dini.

PAUD Negeri Percontohan yang beralamat di Jalan Pacuan Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur itu telah selesai dibangun pada akhir tahun 2019 lalu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar 1,13 miliar rupiah, namun karena pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020, peresmiannya sempat tertunda, dan akhirnya dapat diresmikan oleh Wali Kota Riza Falepi bersama Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Yusnita pada 17 Maret 2021 lalu.

Dalam peresmian saat itu, Wali Kota Riza Falepi mengatakan usia dini merupakan masa emas perkembangan anak, untuk mengembangkan potensinya anak membutuhkan asupan gizi seimbang, perlindungan kesehatan, serta rangsangan pendidikan yang dilakukan sejak lahir.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya untuk dapat melayani anak usia 0-6 tahun dalam hal layanan PAUD. Untuk mewujudkan pendidikan berkarakter perlu didirikan PAUD percontohan yang mengangkat dan memprogramkan karakteristik adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah serta mengangkat kearifan lokal sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud dimasa yang akan datang.

“Selama ini perhatian pemerintah sudah cukup besar terhadap keberlangsungan PAUD di Kota Payakumbuh seperti bantuan operasional, alat permainan edukatif, dan peningkatan kompetensi serta kesejahteraan guru PAUD. Dampak dari bantuan tersebut menghasilkan sejumlah prestasi yang dicapai guru dan peserta didik baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional,” terang Riza didampingi Kepala Dinas Pendidikan Agustion bersama Sekdis Azwardi serta Kabid PAUD dan PNFI Syafni Hasni.

Sementara itu, selaku pembina, Bunda PAUD Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi mengatakan PAUD Negeri Percontohan merupakan sekolah yang akan menjadi acuan dan pedoman bagi PAUD lainnya yang ada di Kota Payakumbuh. Layak dan bagus diberikan sebutan PAUD Uswatun Hasanah.

“Karena dengan nama tersebut kita berharap dapat menjadi contoh baik bagi PAUD lainnya serta untuk tenaga pendidik kita akan mengadakan pelatihan dan kami juga mengacu pada PAUD yang bertaraf nasional seperti PAUD yang ada di Jakarta dan di kilometer 0,”ujarnya.

Henny berharap dengan adanya PAUD Negeri Percontohan, ini kualitas pendidikan anak usia dini di Kota Payakumbuh menjadi lebih baik lagi serta kualitas para pendidik dapat ditingkatkan dengan semaksimal mungkin.

Sementara itu, ditemui media di sekolahnya, Selasa (5/3), Kepala PAUD Negeri Percontohan Kota Payakumbuh Husni, S.Pd.AUD menyampaikan luas lahan yang dimiliki oleh PAUD percontohan adalah 1686 meter persegi dan luas gedung 350 meter persegi.

Fasilitas yang ada di PAUD Negeri Percontohan antara lain ruang Pustaka, UKS, Kantor, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Pendopo, Area Bermain, serta pagar yang tinggi untuk keselamatan anak-anak.

“Kamar mandi untuk penitipan sudah memakai shower, dan WC sudah betul-betul yang sesuai standar, kebersihannya sangat diperhatikan,” kata Husni.

Disini ada siswa yang tergabung dalam Kelompok Bermain (KB) yaitu anak usia 2-3 tahun, Taman Kanak-kanak (TK) A yaitu anak usia 4-5 tahun, dan Taman Kanak-kanak (TK) B yaitu anak usia 5-6 tahun.

Menurut Husni, akan ditambah dengan tempat penitipan anak (TPA) untuk anak usia 7 bulan keatas, rencananya di tahun ajaran baru bulan Juli 2021 mendatang.

“Tempat penitipan anak (TPA) nanti ada tenaga khusus yang ahli dalam mengurus anak kecil, adalah guru Kelompok Bermain yang sudah terampil dan tentunya Sarjana PG-PAUD,” ulasnya.

Ada 4 orang tenaga pendidik dan 1 orang penjaga sekolah di bawah pimpinan kepala sekolah. Guru PNSnya sudah digaji pemerintah dan guru honornya sudah dapat insentif dari dinas. Saat ini, sudah ada 42 orang anak didik, terdiri dari 15 orang di KB dan 27 orang di TK.

“Kapasitas kita bisa menampung paling banyak maksimal 80 orang anak didik, testimoni di awal cukup banyak peminatnya, karena biaya sekolah disini hanya dikenakan untuk membeli kebutuhan seragam, tas, dan uang formulir anak di awal sebesar 575.000 rupiah, sama seperti biaya masuk di TK Negeri Pembina yang ada di Kecamatan,” ujar Husni.

Husni menjelaskan program-program unggulan yang ada di PAUD Percontohan seperti Literasi (fonik, vocabullary, story telling, story book), Al-Qur’an dan hadits, Syiroh Nawabiyah, kegiatan amal, Hafiz 1 juz, dan Sentra.

“Bahkan kita juga mengajarkan pengenalan bahasa inggris dan arab, serta Budaya Alam Minangkabau (BAM),” pungkas Husni. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).
- Advertisement -