25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Melawan Petugas, Jambret Sadis Ini dilumpuhkan Dengan Timah Panas
M

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Tak kapok masuk penjara, begitulah prilaku Rangga Pratama, warga Kelurahan Padang Tiakar Hilir, Kecamatan Payakumbuh Timur. Kali ini, pria 28 tahun itu, kembali harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah aksi kejahataannya terbongkar. Bahkan, salah satu kakinya terpaksa di tembak karena berusaha melawan petugas saat dilakukan penangkapan.
Kurang dari sebulan menghirup udara bebas, Rangga Pratama kembali mendekam dijeruji besi. Pada 2018 lalu, Rangga Pratama pernah ditangkap petugas kepolisian di Padang dan mendekam di sel LP Muaro Padang. Dua tahun menjalani hukuman penjara karena terlilit kasus pencurian dengan pemberatan, pada April lalu Rangga Pratama dinyatakan bebas.
Setelah keluar dari penjara, pria asal Kecamatan Payakumbuh Timur itu, tidak kapok. Malahan kembali melakukan aksi kejahatannya, yakni dengan menjambret tas milik warga. “Tersangka merupakan residivis, bebas pada April dan kembali beraksi pada Mei. Dari pengakuannya, sudah beraksi sejak 3 bulan ini,”terang AKBP Dony Setiawan Kepala Polisi Resor Payakumbuh saat melakukan konferensi pers pada Senin (20/7) siang.
Diterangkan AKBP Dony, selama menjalankan aksinya, tersang Rangga Pratama sudah beraksi di 9 TKP. “Sasaran tersangka adalah kelompok rentan pengendara sepeda motor yang mayoritas wanita dalam keadaan sendirian dan membawa tas. Kemudian tersangka membuntuti dari belakang dan menarik paksa tas milik korban,”ucap Kapolres.
Dalam waktu tiga bulan tersebut, kata AKBP Dony, tersangka membawa kabur barang dan uang tunai milik korban senilai belasan juta rupiah di 9 TKP. Masing-masing korban yakni RZO warga Nagari Mungo dengan kerugian uang tunai Rp 3 juta dan ponsel Samsung. WY warga Ibuah dengan kerugian sekitar Rp 3 juta. Korban AZ warga Padang Alai dengan kerugian Rp 1,5 juta. YM warga Nagari Sarilamak dengan kerugian ponsel Xiaomi Redmi Note 4 dan surat berharga lainnya. YS warga Nagari Koto Tuo dengan kerugian sekitar Rp 2 juta.
“Ada juga TKP lain tetapi korban belum melapor. Seperti 2 perkara di Kelurahan Ibuah, 1 perkara dekat lapangan Saribulan dan 1 perkara di Kelurahan Payobasuang. Selain kerugian materi, para korban ada yang terluka akibat terjatuh saat ditarik paksa oleh tersangka. Tersangka menjual hasil barang hasil curian dan mempergunakan uangnya untuk membeli narkoba,”terangnya.
Melawan Petugas, Tersangka Di Tembak
Tersangka Rangga Pratama terpaksa dilumpuhkan petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Payakumbuh. Salah satu kaki tersangka, ditembak petugas karena berusaha melawan saat dilakukan penangkapan pada 17 Juli lalu di Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Bahuhampu, Kabupaten Agam.
Saat penangkapan, petugas juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya satu unit sepeda motor Honda Beat D 2478 UDQ, ponsel Samsung, kalung emas 2 gram dan liontin 0,7 gram dan sejumlah tas serta dompet. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.
- Advertisement -

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -