27 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa KKN IPB Melakukan Sosialisasi dan Aplikasi Biopestisida Bersama KWT Sun Flower
M

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kuliah Kerja Nyata atau akrab di sebut KKN dikalangan mahasiswa selama masa penanganan pandemi covid-19 diarahkan ke kampung asal para mahasiswa. Seperti halnya mahasiswa asal Luak Limopuluah yang menimba ilmu di Institut Pertanian Bogor, mereka diberi tugas kuliah kerja nyata di Kota Payakumbuh.
Sekitar 10 orang mahasiswa asal Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota lakukan pendampingan para petani di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh selama 40 hari. KKN Mahasiswa IPB ini mengusung tema “Ketahanan Pangan dan Pencegahan Covid-19.”
KKN yang dilaksanakan secara semi daring oleh mahasiswa IPB selama 40 hari tersebut juga bekerjasama dengan Badan Penangulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Payakumbuh. Hal ini dilakukan untuk menunjang pelaksanaan kuliah kerja nyata para mahasiswa tersebut dilapangan.
Minggu (9/8), para mahasiswa ini lakukan sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Sun Flower Kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh. Kegiatan sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida tersebut bertujuan agar Kelompok Wanita tani paham dan mengetahui cara pembuatan biopestisida dari bahan-bahan rumah tangga. Sosialisasi dilakukan di kebun KWT Sun Flower yang berlokasi di belakang Rumah gadang Rakewi.
Kegiatan Sosialisasi diikuti oleh 20 orang anggota KWT Sun Flower. Demonstrasi pembuatan biopestisida menggunakan bahan rumah tangga seperti Bawan merah, Bawang Putih, Sereh dan ranting pohon Kulit Manis. Biopestisida yang dibuat baru bisa digunakan setelah didiamkan Selama dua hari. Selama sosialisasi ibu-ibu KWT sangat aktif dan bersemangat dalam diskusi.
Manfaat dari penggunaan biopestisida pada tanaman yaitu tidak menimbulkan residu pada tanah, aman bagi manusia yang hewan, tidak menyebabkan risisten pada hama yang lain, produk pertanian menjadi lebih sehat, murah dan mudah pembuatannya.
Penggunaan biopestida juga ramah lingkungan sehingga tidak merusak tanah namun hama pada tanaman bisa teratasi. Dengan adanya sosialisasi cara pembuatan dan pengaplikasian biopestisida, masyarakat Bulakan Balai Kandi khususnya Ibu-Ibu KWT Sun Flower bisa mengurangi penggunaan pestisida kimia dan beralih menggunakan biopestisida.
Daftar Nama dosen pendamping dan mahasiswa
KKN-T INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Dosen Pembimbing Lapang
Dr. Dewi Sukma, SP, M.Si
Mahasiswa
Retno Khairani
Hasnah Niaty
Rahmi Hidayanti Syaiful
Oktobi Yuda
Andini Syafira Ariesa
Nadia Oktaviana
Diah Nawang Wulan
Mega Aprillia
Ilham Kurniawan
Nabilla Suhasfi Winarno

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -