27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

LKAK Payakumbuh Ditutup, Pelajar dan Generasi Muda Punya Talenta Seni Religi dan Budaya
L

Kategori -

Lomba  Kreatifitas Agama dan Kemasyarakatan (LKAK) yang digelar Pemko Payakumbuh, sejak 10 Oktober,  dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 H,  di kawasan GOR Kubu Gadang Payakumbuh,  berakhir Jum’at (16/7). Setelah ditutup Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II Setdako H. Amriul Dt. Karayiang.

Kegiatan yang digawangi Bagian Kesra Setdako,  melibatkan 500-an peserta dari pelajar SLTP/SLTA dan pemuda anak nagari itu, banyak melahirkan generasi muda telenta dibidang seni relegi dan budaya Minangkabau. Makanya, Asisten II Dt.Karayiang, Kepala Kantor Kemenag H. Asra Faber dan Ketua LKAAM J.Dt. Tan Mamat nan Kayo, meminta agar LKAK menjadi kalender tahunan dan digarap lebih profesional lagi.

“Kami atas nama ninik mamak, minta pemko dan kemenag Payakumbuh lebih bersinergi dalam menggelar lomba ini tiap tahun, karena akan melahirkan generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia dan memahami dan menguasai budaya Minangkabau,” tegas Dt. Tan Mamat nan Kayo.

Dukungan yang diberikan berbagai pihak itu, membuat  Kabag Kesra Davitra percaya diri untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu LKAK ke depan. “Kita siap bekerja lebih profesional tahun depan,” katanya.  Karena, tujuan LKAK tidak hanya sekedar memeriahkan Tahun Baru Islam, tapi meningkatkan minat dan partisipasi pelajar dan gerenasi muda dalam melestarikan nilai keagamaan dan adat istiadat.

Menurut walikota, disetiap nagari dan sekolah di Payakumbuh, langka pelajar atau generasi muda yang punya talenta dalam berpidato adat. Mudah-mudahan dengan lomba ini, ke depan makin banyak anak nagari dan pelajar yang mampu berpidato pasambahan adat, baik  sebagai pendatang atau sebagai tuan rumah.

Kegiatan LKAK yang digelar Bagian Kesra itu, memperlombakan 13 kreatifitas, menyediakan hadiah tabanas puluhan juta rupiah,plus trofi dan penghargaan.

Hasil lengkap ke-13 lomba tersebut, Lomba Bintang Kasidah putra, pemenang I/II/III, Delerianto Kelurahan Koto Tangah, Ihsan Nuzula Kelurahan Sungai Durian dan Resmusaldi Kelurahan Parambahan. Di bagian puteri,  pemenang I/II/III, Yuli Kamidarwati Kelurahan Tanjung Pauh, Pepi Yetmi Kelurahan Aur Kuning dan  Rahma Dian Putri dari SMA N 2.

Lomba Pidato Adat,   Tim Sipokok (tuan rumah),  pemenang I/II/III masing-masing SMAN 3,  SMA Raudhatul Janah dan MAN 2 Payakumuh.  Sedangkan Tim Tamu (sipendatang) pemenang I/II/III masing-masing MAN 2, SMAN  3 dan SMKN 2 Payakumbuh.

Lomba Busana Muslim putri, pemenang I/II/III Ina Defitri SMKN 3, Fadindia Alifa Putri SMPN 9  dan Intan Kartika MAN 2 Payakumbuh. Lomba Busana Muslim putera, pemenang I/II/III diraih  Muamar Yasfi Hidayat SMAN 3,  Abdul Hamid MTS  Syekh Ibrahim Harun dan Hilmi Razaka Gafar dari SMA  Insan Cendikia Payakumbuh.

Lomba Baca Puisi Islam Tingkat SLTP putra, pemenang I/II/III Hilman Azka Fikri SMP RJ,  M.Fachri Muslim MTSN  3 Husnuzan SMPN 3 Payakumbuh. Dibagian puteri, pemenang I/II/III Salsabila Fitri SMP RJ, Arisya Ghina Ramadhani SMP RJ dan Siti Lutfiah Sari Sugiarto dari SMPN 1 Payakumbuh.

Lomba Baca Puisi Islam Tingkat SLTA putra, pemenang I/II/III Habiburahman SMAN 2, Saputra Harianto MAN 2  dan Ilham Hamid dari MAN 2 Payakumbuh. Di bagian puteri, pemenang I/II/III, Lisa Sania Rahmi SMAN 2, Sitti Luchia MAN 2 dan Mayyola Mahari dari SMA RJ Payakumbuh.

Berikut lomba Baju Adat Lambak Ompek (model dan perias), pemenang I/II/III  Kurnia Febrianti (model), Azizah (perias)  SMAN 3,  Gita Billy Safitri (model), Puja Hita Perdini (perias)  SMKN 1 Payakumbuh dan  Rama Anasya (model), Atikah Darayani (perias) dari SMAN 2 Payakumbuh

Pemenang Lomba Khutbah Jum’at, pemenang I/II/III, masing –masing Fachri SMA RJ , Muhammad Arief SMAN 1 dan Dede Andrean MAN 2 Payakumbuh. Lomba penyelenggaraan jenazah, pemenang I/II/III, tim  TPQ  Mesjid Istiqomah Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Payakumbuh Utara.  Tim TPA Jihad Kelurahan Parik, Latina, dan tim  TPA Muslimat Kelurahan Parit Rantang Payakumbuh Barat

Kemudian Lomba Qasidah Rebana, pemenang I/II/III  grup Mesjid Al Muttaqin Payakumbuh Barat,  grup  Al Falah Payakumbuh Barat,grup  Ar Rohim Payakumbuh Timur. Lomba Asmaul Husna, pemenang I/II/III grup  Harapan Suer Payakumbuh Utara, grup Ompang Tanah Sirah, dangroup Ijtihad Kecamatan Latina.

Lomba Hafalan Surat Yasin, pemenang I/II/III, kelompok yasin  AnNur Payakumbuh Utara, Kelompok  Hasanah Payakumbuh Barat  dan Kelompok Muttahidin Kecamatan  Latina. Lomba Shalawat, pemenang I/II/III grup Shalawat Mesjid Amaliyah, grup Shalawat Mesjid Muslimin,  grup Shalawat Payolansek.

Lomba Cerdas Cermat perorangan, pemenang I/II/III,  Fakhri SMA RJ, M.Iqbal SMAN 1 dan Anharu Rizki dari  MAN 1 Payakumbuh. Sedangkan, Lomba Syahril Qur’an, pemenang I/II/III  Lisa Sania Rahmi SMA N, Gina Fitriani SMA N 1 dan Novendri MAN 2 Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.

Bambang Surya Irwan Lantik Drs. Hamdani Hasnam, M.Si Sebagai Anggota DPRD Sijunjung

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota dewan dari Kader Partai Golkar. Pelantikan dan pengucapan sumpah anggota dewan ini, Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-4-2021, tentang pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Saudara Drs. Hamdani Hasnam, M.Si, sisa masa jabatan tahun 2019-2024, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa(26/1).
- Advertisement -

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pembelajaran Tatap Muka Di Kabupaten Sijunjung Berjalan Lancar

Proses belajar tatap muka berjalan lancar, di Kabupaten Sijunjung sampai saat ini. Pelaksanaan dilapangan dengan sistem 50 persen anak yang masuk ke dalam kelas, dengan bergantian hari.Pokoknya kita patuhi protokol kesehatan secara ketat dan baik untuk menjaga kelangsungan proses pembelajaran berjalan sesuai harapan kita bersama, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler,SH.MM, diruang kerjanya, Senen (25/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -