28.5 C
Padang
Jumat, Juni 18, 2021
Beritasumbar.com

LKAAM Padang Pariaman Dukung Pelaksanaan Porprov di Padang Pariaman
L

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni kembali menegaskan komitmen pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol Padang Pariaman – Pekan Baru yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu disampaikannya di hadapan peserta Rapat Kerja LKAAM se-Sumatera Barat, bertempat di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Nagari Parit Malintang, Selasa (13/11).
Katanya, salah satu bentuk keseriusan pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol dimaksud, terlihat telah dibebaskannya sejumlah lahan untuk keperluan pembangunan ruas tol dimaksud. “Jadi bagaimana mungkin saya dikatakan tidak serius mendukung pembangunan jalan tol di Kabupaten Padang Pariaman ini, padahal sampai saat ini keperluan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol itu sendiri belum dibayar atau diganti rugi sepeserpun. Ini kan jelas bentuk komitmen kita dan masyarakat Padang Pariaman dalam mendukung pembangunan jalan tol dimaksud,” Katanya.
Dengan ini pihaknya jelas menyadari sepenuhnya, bahwa pembangunan jalan tol di daerah ini adalah bagian harga diri sekaligus marwahnya Sumatera Barat. “Makanya masyarakat dan Pemerintah Padang Pariaman dua ribu persen mendukung program tersebut,” jelasnya.
Ali Mukhni menegaskan, pihaknya merasa perlu menegaskan hal tersebut, karena sejauh ini ada sinyalemen berkembang yang mengaitkan pembangunan jalan tol tersebut dengan masalah politik, sehingga seolah-olah ada kesan bahwa Sumbar termasuk Padang Pariaman tidak begitu serius mendukung pembangunan jalan tol di daerah ini.
Padahal fakta di lapangan sebutnya, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM sangat serius mendukung program pembangunan jalan tol tersebut.
Di pihak lain, Bupati Ali Mukhni juga menegaskan pentingnya peran ninik mamak, baik itu  yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau LKAAM ataupun lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada di nagari, dalam mendukung program pemerintah daerah.
“Jujur saja harus kami akui, sejarah berdirinya Kantor Bupati di Parit Malintang ini juga tidak terlepas dari dukungan Ninik Mamak, termasuk ninik mamak yang tergabung dalam LKAAM Padang Pariaman,” tegasnya.
Pihaknya juga menyadari bahwa pencapaian pembangunan yang diraih Kabupaten Padang Pariaman saat ini, juga tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa dukungan berbagai pihak, terutama dukungan dari kalangan Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM.
Dia mencontohkan berbagai pencapain pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman akhir-akhir ini, seperti pembukaan dan pengembangan Kawasan Tepadu Tarok (KPT), atau pembangunan Politeknik Ilmu Pelayaran yang belakangan disebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.
Sementara itu, Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuthi Dt Rajo Pangulu maupun Ketua LKAAM Padang Pariaman, Damsuar Dt Bandaro Putiah dalam kesempatan itu juga menegaskan komitmen LKAAM dalam mendukung setiap program pemerintah yang bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Baik itu program yang bersifat fisik maupun pembangunan mental spritual lainnya.
“Karena seperti diketahui tantangan yang dihadapi oleh anak kemenakan kita dewasa ini juga semakin komplek. Makanya ini tentu menjadi perhatian bagi semua pihak, termasuk ninik mamak dan pemerintah daerah,” ujar Damsuar Dt Bandaro Putiah.
Senada dengan itu Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen LKAAM Sumbar mendukung setiap program positif yang digalang pihak pemerintah, termasuk pembangunan jalan tol.
“Bagaimana tidak karena dengan adanya ruas jalan tol trans Sumatera ini misalnya, maka akses menuju Kota Pekanbaru dan daerah lainnya juga akan semakin cepat pula. Inikan jelas sangat positif dan perlu kita dukung sepenuhnya,” terangnya.
Tidak kalah pentingnya, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen pihak LKAAM Provinsi Sumbar untuk memperjuangkan percepatan sejumlah program pembangunan yang ada di Provinsi Sumatera Barat.
Pada Raker Selasa kemarin Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM Padang Pariaman juga menyampaikan pernyataan tekad mendukung suksesnya pelaksanaan Porporv Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terkendala Akses Jalan, Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Jalan Setapak

Kisah Pilu seorang ibu di desa Sigalabur Kab Pasaman, Melahirkan Anak di Tengah Hutan karena akses infrastruktur jalan hanya jalan setapak
- Advertisement -

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)
- Advertisement -

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_RA AL-Ikhlas DW Kemenag Perpisahan di Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi, Kamis 17 Juni 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Buka Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2024

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Jika ada pelanggaran pemilu yang terjadi nanti, silahkan saja laporkan ke Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman, jangan pula ragu dan takut. Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman, Anton Ishaq saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu/pemilihan partisipatif tahun 2024, Selasa (15/6) di Hotel Minang Jaya Lubuak Aluang.

Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

Padang Panjang, beritasumbar.com - Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil...

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Sejumlah Jalan Di Sijunjung Rusak-Terban

Sijunjung, beritasumbar.com - Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat beberapa titik jalan di Kabupaten Sijunjung rusak dan ada juga yang terban. Sekretaris Dinas PUPR...

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama...

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.

Menghadapi Pilwana Serentak, Pemnag Ulakan Sosialisasikan Tahapan Pilwana.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sehubungan dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Padang Pariaman dan sesuai tahapan pelaksanaan Pilwana yang telah berjalan. Nagari Ulakan yang merupakan salah satu peserta Pilwana serentak, melaksanakan Sosialisasi Pilwana yang menjadi kegiatan akhir pada Tahapan Persiapan.

Polres Padang Pariaman Terima Junjungan Tim Puslitbang Polri

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim penelitian Puslitbang Polri kunjungi Polres Padang Pariaman, Senin 7/6/2021.

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN

BeritaSumbar.Com (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai...

Nagari Seulayat Ulakan yang Tercepat Salurkan BLT DD Bulan Februari 2021 di Ulakan Tapakih

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran.

Yusrita Suhatri Bur : Perlu Dukungan Pemnag-PKK Untuk Pengentasan Stunting

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Ketua TP. PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengatakan untuk pengentasan stunting, PPK di masing-masing nagari perlu dukungan dari pemerintah...
- Advertisement -