26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

LKAAM Padang Pariaman Dukung Pelaksanaan Porprov di Padang Pariaman
L

Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni kembali menegaskan komitmen pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol Padang Pariaman – Pekan Baru yang berada di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Hal itu disampaikannya di hadapan peserta Rapat Kerja LKAAM se-Sumatera Barat, bertempat di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Nagari Parit Malintang, Selasa (13/11).
Katanya, salah satu bentuk keseriusan pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol dimaksud, terlihat telah dibebaskannya sejumlah lahan untuk keperluan pembangunan ruas tol dimaksud. “Jadi bagaimana mungkin saya dikatakan tidak serius mendukung pembangunan jalan tol di Kabupaten Padang Pariaman ini, padahal sampai saat ini keperluan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol itu sendiri belum dibayar atau diganti rugi sepeserpun. Ini kan jelas bentuk komitmen kita dan masyarakat Padang Pariaman dalam mendukung pembangunan jalan tol dimaksud,” Katanya.
Dengan ini pihaknya jelas menyadari sepenuhnya, bahwa pembangunan jalan tol di daerah ini adalah bagian harga diri sekaligus marwahnya Sumatera Barat. “Makanya masyarakat dan Pemerintah Padang Pariaman dua ribu persen mendukung program tersebut,” jelasnya.
Ali Mukhni menegaskan, pihaknya merasa perlu menegaskan hal tersebut, karena sejauh ini ada sinyalemen berkembang yang mengaitkan pembangunan jalan tol tersebut dengan masalah politik, sehingga seolah-olah ada kesan bahwa Sumbar termasuk Padang Pariaman tidak begitu serius mendukung pembangunan jalan tol di daerah ini.
Padahal fakta di lapangan sebutnya, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM sangat serius mendukung program pembangunan jalan tol tersebut.
Di pihak lain, Bupati Ali Mukhni juga menegaskan pentingnya peran ninik mamak, baik itu  yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau LKAAM ataupun lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada di nagari, dalam mendukung program pemerintah daerah.
“Jujur saja harus kami akui, sejarah berdirinya Kantor Bupati di Parit Malintang ini juga tidak terlepas dari dukungan Ninik Mamak, termasuk ninik mamak yang tergabung dalam LKAAM Padang Pariaman,” tegasnya.
Pihaknya juga menyadari bahwa pencapaian pembangunan yang diraih Kabupaten Padang Pariaman saat ini, juga tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa dukungan berbagai pihak, terutama dukungan dari kalangan Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM.
Dia mencontohkan berbagai pencapain pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman akhir-akhir ini, seperti pembukaan dan pengembangan Kawasan Tepadu Tarok (KPT), atau pembangunan Politeknik Ilmu Pelayaran yang belakangan disebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.
Sementara itu, Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuthi Dt Rajo Pangulu maupun Ketua LKAAM Padang Pariaman, Damsuar Dt Bandaro Putiah dalam kesempatan itu juga menegaskan komitmen LKAAM dalam mendukung setiap program pemerintah yang bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Baik itu program yang bersifat fisik maupun pembangunan mental spritual lainnya.
“Karena seperti diketahui tantangan yang dihadapi oleh anak kemenakan kita dewasa ini juga semakin komplek. Makanya ini tentu menjadi perhatian bagi semua pihak, termasuk ninik mamak dan pemerintah daerah,” ujar Damsuar Dt Bandaro Putiah.
Senada dengan itu Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen LKAAM Sumbar mendukung setiap program positif yang digalang pihak pemerintah, termasuk pembangunan jalan tol.
“Bagaimana tidak karena dengan adanya ruas jalan tol trans Sumatera ini misalnya, maka akses menuju Kota Pekanbaru dan daerah lainnya juga akan semakin cepat pula. Inikan jelas sangat positif dan perlu kita dukung sepenuhnya,” terangnya.
Tidak kalah pentingnya, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen pihak LKAAM Provinsi Sumbar untuk memperjuangkan percepatan sejumlah program pembangunan yang ada di Provinsi Sumatera Barat.
Pada Raker Selasa kemarin Ninik Mamak yang tergabung dalam LKAAM Padang Pariaman juga menyampaikan pernyataan tekad mendukung suksesnya pelaksanaan Porporv Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.
- Advertisement -

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Goro Hingga Tengah Malam, Pemkot dan Masyarakat Telah Bersihkan Pasar Bawah yang Terbakar

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah berjibaku, Minggu (12/9/2021), hingga tengah malam bergotong royong (Goro) membersihkan sisa-sisa kebakaran di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, pasca kebakaran pada...
- Advertisement -

Kakankemenag Hadiri Evaluasi PPKM Level 3 Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga menghadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kota Padang Panjang bersama seluruh Pimpinan Forkompinda Kota Padang Panjang di Balaikota Padang Panjang, Selasa (14/09/2021)

Goro Hingga Tengah Malam, Pemkot dan Masyarakat Telah Bersihkan Pasar Bawah yang Terbakar

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Setelah berjibaku, Minggu (12/9/2021), hingga tengah malam bergotong royong (Goro) membersihkan sisa-sisa kebakaran di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, pasca kebakaran pada...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Di Padang Pariaman, Kemenkominfo Ulas Tips menjadi orangtua sukses mendidik generasi alpha

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Menjadi orang tua dari generasi alpha atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar abad ini, bukan hal yang mudah.

Tingkatkan Kedisiplinan Personil, Propam Polres Padang Pariaman Laksanakan Gaktibplin

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Usai melaksanakan apel pagi, Kasi Propam Polres Padang Pariaman Ipda Agus Zainal, SH memimpin Operasi Penegakan, Ketertiban, dan Disiplin...

Kenali Ciri dan Dampak Korban Cyber Bullying, Ini Kata Akademisi UNP

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Ciri-ciri korban bullying antara lain, tidak ingin bersekolah, perubahan mendadak dengan cara bicara, pengaduan berulang secara fisik, sering menangis, dan menarik diri dari pergaulan.

Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman Tangkap Pelaku Curanmor

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Gagak Hitam Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Padang Pariaman menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor). Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman,...

Dede Yusuf dan Olivia Zalianty Hadir Virtual di Padangpariaman, Ini Kata Bupati Suhatri Bur

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Artis papan atas tanah air dan sutradara film dihadirkan Kemenkominfo RI sebagai narasumber webinar di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Diantaranya, Dede Yusuf, Olivia Zalianty dan Rudi Soedjarwo.

Kemenkominfo Beberkan Dampak Positif Bermedia Sosial di Padangpariaman, Ini Kuncinya

Padangpariaman,BeritaSumbar.com, — Kemenkominfo RI menghadirkan sederet pakar internet dalam sebuah webinar di Kabupaten Padangpariaman, Sumbar. Kata para pakar itu, media sosial bila dikelola dengan baik, bisa memberi dampak positif.

Kapolres Padang Pariaman Tinjau Proses Vaksinasi Di Pondok Pesantren

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,- Kapolres Padang Pariaman yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Alfias Marzuki SE MH meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi merdeka pondok pesantren se indonesia yang dilaksanakan di Korong Kampung Guci Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (07/09/2021).

Polres Padang Pariaman bersama Forkopimda Kabupaten Padang Pariaman Gelar Vaksinasi Massal

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Polres Padang Pariaman bersama Pemda Kabupaten Padang Pariaman, Kodim 0308 Pariaman menggelar gebyar vaksinasi massal di Gor Stadion Utama Sumatera Barat Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, pada Sabtu (04/09/2021).

Optimalkan Kecakapan Digital Saat Pandemi, Ini Kata Pakar

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Kecakapan digital menjadi sesuatu yang penting untuk dioptimalkan selama pandemi. Para pakar membahasnya dalam sebuah webinar bertajuk Literasi Digital yang digelar di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, baru-baru ini.

Tenaga Pendidik Padang Pariaman Diminta Adopsi Teknologi

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Abinul Hakim meminta tenaga pendidik beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
- Advertisement -