31 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Korban Minta Pemko Kucurkan Bantuan, DI PAYAKUMBUH SEJAK LEBARAN SUDAH 5 BANGUNAN TERBAKAR
K

Kategori -

Para korban kebakaran yang terjadi di Payakumbuh, pasca lebaran baru lalu, berharap, Pemko Payakumbuh secepatnya mengucurkan bantuan, untuk meringankan beban mereka membangun kembali rumahnya yang sudah menjadi abu. Sejak 1 Syawal, hingga Jum’at (8/8), tercatat sudah lima bangunan rumah ludes terbakar beserta seluruh isinya. Total kerugian ditaksir Milyaran rupiah. Sementara, sebagian pemilik bangunan hingga kini masih tinggal mengungsi di rumah keluarganya.

“Saya minta pemko segera meringankan derita yang kami alami. Karena berapapun bantuan yang diberikan, sangat kami hargai dan bagaikan dahaga di padang pasir,” kata M. Alim, petani yang rumahnya ludes terbakar di Kelurahan nan Kodok, Minggu (10/8).

Diakui korban, pemko sudah memberikan bantuan tanggap darurat, berupa makanan/minuman instan, beras, pakaian tidur, selimut dan alat-alat keperluan dapur. Tapi, jika bantuan modal buat pembangunan rumah segera diberikan, akan lebih kami hargai, ucap korban lainnya. “Kami ini orang kecil dan pelaku ekonomi lemah, jadi butuh pertolongan pemko,” kata Od korban kebakaran di Payolansek.

Dari lima rumah yang terbakar, hanya rumah Ridianto yang dapat diselamatkan. Rumah anggota TNI ini, hanya menghanguskan dapurnya saja, terjadi pada hari pertama lebaran. Kebakaran lainnya, yaitu dua bangunan rumah kayu yang ditempati lima penyewa. Bangunan kayu milik Irwan Bay dan Oki ini, berbentuk lima kios ini rata dengan tanah. Seluruh isinya, perabaton, alat salon, sepeda motor, TV, mesin potong kayu ikut terbakar. Kejadiannya, Rabu (1/8), sehari setelah lebaran.

Sepekan kemudian, kebakaran juga menimpa rumah milik M. Alim, di Kelurahan nan Kodok, Payakumbuh Utara. Rumah petani ekonomi lemah ini, juga ludes terbakar, disaat korban tengah ke sawah. Seluruh harta benda yang ada dalam rumah M. Alim hangus terbakar, dan tak satupun dapat diselamatkan. Kejadian teranyar, rumah tukang perabot di Kelurahan Bodi, Aia Tabik, Payakumbuh Timur.

Jalan Sempit

Kebakaran di rumah Yon Arianto ini, cukup tragis. Pemiliknya tengah pergi shalat Jum’at, sedangkan isterinya pergi kerja, menjadi buruh pembuat kue dan tiga anaknya dititip di rumah tetangga. Seluruh bangunan dan harta yang ada dalam rumah ikut terbakar. M. Alim dan Yon Arianto, kini tak punya apa-apa, selain isteri dan anak-anaknya.

Tapi, masih untung petugas pemadam kebakaran di rumah milik Yon Arianto, di Bodi Aia Tabik ini, cepat datang ke TKP. Jika terlambat, sejumlah rumah milik masyarakat lainnya akan ikut terbakar. Diperkirakan Bodi Air Tabik akan menjadi lautan api, karena rumah yang sangat rapat dan cuaca panas yang sangat terik.

Petugas pemadam kebakaran dikomandoi Kepala UPT Damkar Ahdion, harus ekstra keras memadamkan api dari jarak sekitar 300 meter. Pasalnya, tiga unit mobil kebakaran, termasuk dari Kabupaten Limapuluh Kota, tidak dapat mendekati bangunan rumah yang terbakar, karena jalan lingkungan yang sempit. Petugas harus menyambung slang untuk menjangkau bangunan yang terbakar.

“Alhamdulillah, kami mampu melokalisir dan menjinakkan api, agar tak merambat ke rumah tetangga. Kalau sedikit terlambat, tak terbayangkan, puluhan rumah serta peternak ayam akan hangus terbakar,” ucap Ahdion didampingi awak kebakaran Mamad.

Kesulitan petugas untuk mendekati lokasi kebakaran itu, sudah diketahui Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Nasrul, anggota DPRD dari Fraksi PKS Payakumbuh, saat keduanya datang ke TKP. Kepala UPT Damkar Ahdion, minta pemko segera membeli kendaraan kebakaran kecil, untuk leluasa mendekati lokasi kebakaran, kalau jalan yang dilewati cukup kecil.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -