Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Antisipasi maraknya kamtibmas dan keresahan pengunjung di kawasan Batang Agam Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V, Babinsa Koramil 01/Pyk-Kodim 0306/50 Kota turun tangan membantu menertibkan area calon objek wisata keluarga kebanggaan warga di Payakumbuh itu.

Untuk informasi, Kawasan Batang Agam sendiri, tanahnya saat ini memang dimiliki oleh Pemko Payakumbuh, namun untuk aset bangunan dan fasilitas yang ada disana masih menjadi tanggung jawab BWSS V, sehingga pengelolaannya belum terealisasi, masih ada tahapan pembangunan lagi tahun ini seperti pengaspalan jalan dan pemasangan lampu penerangan, serta darana penunjang lainnya.

Belakangan ini, semenjak viral serta marak dan ramainya masyarakat yang sudah bermain dan berolahraga di lokasi rekreasi Batang Agam, untuk demi keamanan bersama, jajaran Koramil 01/Pyk bersama para pemuda dan tokoh masyrakat setempat melaksanakan penertiban demi untuk kenyamanan masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut.

Sebelum ditertibkan dan dikomandoi oleh Koramil 01/Pyk, issu tentang ketidaknyamanan sudah sering terjadi dan terdengar. Disamping maraknya issu tentang para remaja yang sudah larut malam masih di lokasi itu, juga maraknya para pengunjung yang merasa pernah kehilangan helm sepeda motornya dan kejadian lainnya yang masih banyak terjadi.

Selama pelaksanaan dan penyusunan kendaraan yang masuk lokasi Batang Agam, yang dilakukan oleh para pemuda setempat binaan dari koramil 01/Pyk, para pemuda hanya mengharapkan jasa dari para pengunjung untuk kegiatan mereka.

“Meski pengawasan yang dilakukan pemuda ini sering ditanggapi beragam oleh berbagai pihak, ada yang menanggapi positif dan ada juga yang menanggapi negatif,” ujar Mayor Inf T. Barus selaku Danramil 01 saat ini yang juga pada saat kelapangan didampingi Wadanramil Kapte Inf Joni Forta MP, bersama Danposramil Payakumbuh Barat Pelda Johan Dalizaro Harefa dan para babinsa, Rabu (8/7).

“Tetapi pada prinsipnya kami tulus dan ikhlas membantu pemerintah daerah untuk mengamankan aset daerah kita, terutama BWS V ini dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar Mayor Inf T. Barus.

Adep, yang juga salah seorang tokoh masyarakat setempat menyampaikan apresiasi kepada Danramil 01/Pyk beserta jajarannya yang sudah begitu peduli dengan tempat wisata BWS ini dan juga peduli dengan para pemuda dan masyarakat setempat disekitar Batang Agam.

“Semoga kedepannya masyarakat kami khususnya bisa juga mendapat tambahan kegiatan di lokasi objek wisata BWS ini,” ujarnya.

“Sesuai dengan tugas komando kewilayahan OMSP (operasi militer selain perang) yang sudah menjadi tugas pokok TNI dengan UU No 34 Tahun 2004, jajaran kami siap 1 kali 24 jam membantu kegiatan di wìlayah kota Payakumbuh,” ujar Mayor Inf T. Barus di akhir wejangan dan nasehatnya kepada para petugas parkir di lokasi BWS tersebut.(humas)

loading...