24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek Akan Menggelar Festival Jajanan Minang 2016
K

Kategori -

BeritaSumbar.com – PADANG – Minangkabau selain dikenal dengan adat dan budayanya, juga dikenal dengan kulinernya yang diakui oleh dunia. Kelezatannya baru saja mendapat sanjungan dari Kvitland, seorang musisi Norwegia, lewat dirilisnya lagu ‘Nasi Padang’. Pengakuan lain juga pernah didapatkan dari Raja Saudia Arabia, yang mengangkat H. Syamsuddin asal Bukittinggi, Sumatera Barat, menjadi juru masaknya.

Berkenaan dengan ini, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ingin mengenalkan bahwa Minangkabau juga memiliki jajanan yang lezat, dengan mengadakan Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016), yang akan digelar mulai pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB, pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Desember 2016. Acara berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru – Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

“Pastikan kita menjadi bagian dalam Festival ini, ajak dunsanak kasadonyo, ajak pecinta kuliner Minang,” kata Bobi Arianto, Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

FJM 2016 yang akan digelar oleh Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ini berawal dari inisiatif Bobi Arianto, di saat acara Buka Bersama pada bulan Ramadan 2016 lalu. Melihat tingginya semangat para perantau Minang di Jabodetabek, dan rasa cinta mereka pada Ranah Minang, akhirnya memperkuat keyakinan Bobi Arianto untuk menggelarnya.

“Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016) siap memanjakan lidah Anda dengan segala makanan khas Minang, kehadiran Anda juga akan dimanjakan oleh hiburan bernuansa Minang. Puluhan stand jajanan Minang dengan ornamen khas Minang akan mengobati kerinduan Dunsanak pada Ranah Minang,” kata Ghea Mirrela, Co-Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

Selain mengenalkan jajanan Minang, acara ini nanti juga akan menampilkan tari tradisi Minangkabau, lagu tradisi Minangkabau, Randai, Tambua Tansa, KIM dan hiburan dari artis-artis Minangkabau.

“Kawan-kawan di Komunitas Anak Anak Minang – Jabodetabek berusaha untuk memberikan yang terbaik pada FJM 2016 ini, agar rasa Minang itu tetap ada. Bagi yang ingin ikut membuka stand makanan, cenderamata, maupun produk lainnya, dan atau menjadi sponsor Festival Jajanan Minang ini, silakan menghubungi 081267858025, A. Cendikia,” kata uda Riri Saputra.

Selain kegiatan FJM 2016 ini, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek juga telah melaksanakan agenda kerja tahun 2016; pembagian takjil di Tanah abang (bekerjasama dengan komunitas pulang kampuang.com), pembagian takjil di Masjid An-Nuri – Bintaro, Tour the Bandung, Halal bi halal di Rangunan Zoo pada bulan Juli 2016, dan pendirian Rumah Baca di perumahan Nelayan, ‘Sasak Ranah Pasisie’, Pasaman Barat, bekerja sama dengan Rumah Baca Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2016 lalu. Kegiatan ini didukung penuh oleh uda Riri Saputra, Founder fanspage Anak-Anak Minang.

Pada tanggal 29 Oktober 2016 lalu, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek juga sukses menggelar event ‘Malam Apresiasi Tokoh Inspirasi Minang’ yang diliput oleh TVRI dan TV ONE. Acaranya makin meriah dengan kehadiran bundo Elly Kasim. Bertepatan dengan semangat Sumpah Pemuda, acara ini juga berisi pemberian apresiasi kepada para Tokoh Minang dari berbagai kategori. Dan juga ada aksi penggalangan dana pembangunan untuk MDA – Pondok Sasak, Kabupaten Pasaman Barat. Alhamdulillah, kegiatan ini diapresiasi penuh oleh Alfatih Timur, Founder kitabisa.com.

“Dengan penyelenggaraan Festival Jajanan Minang 2016 ini kita juga berharap, semoga para perantau asal Minangkabau jadi semakin tahu dengan Komunitas Anak-Anak Minang, agar dapat ikut berperan aktif, demi memajukan komunitas kita ini, yang berorientasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap Minangkabau, serta menjaga budaya Minang, meski kita hidup di rantau,” kata Ghea Mirrela yang juga adalah seorang penulis novel.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.
- Advertisement -

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.

Pakan Sinayan Perdana Gelar Musrenbang Di Tahun 2021

Mengawali tahun 2021, Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Tingkat Kelurahan, Senin, 11 Januari 2021.
- Advertisement -

Laga Divisi 3 Turnamen Nusa Bersinar Cup Di NDB Ditutup Wawako Erwin Yunaz

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tidak setengah-setengah memberikan support kepada pemain dan panitia sejak Turnamen Nusa Bersinar CUP dihelat pertengahan Desember tahun lalu. Laga Divisi 3 yang dibuka dan diresmikan orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, juga ditutupnya dengan menyerahkan hadiah langsung kepada sang pemenang, Kamis (8/1) malam, di lapangan Badminton Outdoor Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Kecamatan Payakumbuh Barat.

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...
- Advertisement -