29 C
Padang
Senin, Juli 26, 2021
Beritasumbar.com

Komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek Akan Menggelar Festival Jajanan Minang 2016
K

Kategori -

BeritaSumbar.com – PADANG – Minangkabau selain dikenal dengan adat dan budayanya, juga dikenal dengan kulinernya yang diakui oleh dunia. Kelezatannya baru saja mendapat sanjungan dari Kvitland, seorang musisi Norwegia, lewat dirilisnya lagu ‘Nasi Padang’. Pengakuan lain juga pernah didapatkan dari Raja Saudia Arabia, yang mengangkat H. Syamsuddin asal Bukittinggi, Sumatera Barat, menjadi juru masaknya.

Berkenaan dengan ini, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ingin mengenalkan bahwa Minangkabau juga memiliki jajanan yang lezat, dengan mengadakan Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016), yang akan digelar mulai pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB, pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Desember 2016. Acara berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru – Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

“Pastikan kita menjadi bagian dalam Festival ini, ajak dunsanak kasadonyo, ajak pecinta kuliner Minang,” kata Bobi Arianto, Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

FJM 2016 yang akan digelar oleh Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ini berawal dari inisiatif Bobi Arianto, di saat acara Buka Bersama pada bulan Ramadan 2016 lalu. Melihat tingginya semangat para perantau Minang di Jabodetabek, dan rasa cinta mereka pada Ranah Minang, akhirnya memperkuat keyakinan Bobi Arianto untuk menggelarnya.

“Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016) siap memanjakan lidah Anda dengan segala makanan khas Minang, kehadiran Anda juga akan dimanjakan oleh hiburan bernuansa Minang. Puluhan stand jajanan Minang dengan ornamen khas Minang akan mengobati kerinduan Dunsanak pada Ranah Minang,” kata Ghea Mirrela, Co-Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

Selain mengenalkan jajanan Minang, acara ini nanti juga akan menampilkan tari tradisi Minangkabau, lagu tradisi Minangkabau, Randai, Tambua Tansa, KIM dan hiburan dari artis-artis Minangkabau.

“Kawan-kawan di Komunitas Anak Anak Minang – Jabodetabek berusaha untuk memberikan yang terbaik pada FJM 2016 ini, agar rasa Minang itu tetap ada. Bagi yang ingin ikut membuka stand makanan, cenderamata, maupun produk lainnya, dan atau menjadi sponsor Festival Jajanan Minang ini, silakan menghubungi 081267858025, A. Cendikia,” kata uda Riri Saputra.

Selain kegiatan FJM 2016 ini, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek juga telah melaksanakan agenda kerja tahun 2016; pembagian takjil di Tanah abang (bekerjasama dengan komunitas pulang kampuang.com), pembagian takjil di Masjid An-Nuri – Bintaro, Tour the Bandung, Halal bi halal di Rangunan Zoo pada bulan Juli 2016, dan pendirian Rumah Baca di perumahan Nelayan, ‘Sasak Ranah Pasisie’, Pasaman Barat, bekerja sama dengan Rumah Baca Indonesia pada tanggal 21 Agustus 2016 lalu. Kegiatan ini didukung penuh oleh uda Riri Saputra, Founder fanspage Anak-Anak Minang.

Pada tanggal 29 Oktober 2016 lalu, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek juga sukses menggelar event ‘Malam Apresiasi Tokoh Inspirasi Minang’ yang diliput oleh TVRI dan TV ONE. Acaranya makin meriah dengan kehadiran bundo Elly Kasim. Bertepatan dengan semangat Sumpah Pemuda, acara ini juga berisi pemberian apresiasi kepada para Tokoh Minang dari berbagai kategori. Dan juga ada aksi penggalangan dana pembangunan untuk MDA – Pondok Sasak, Kabupaten Pasaman Barat. Alhamdulillah, kegiatan ini diapresiasi penuh oleh Alfatih Timur, Founder kitabisa.com.

“Dengan penyelenggaraan Festival Jajanan Minang 2016 ini kita juga berharap, semoga para perantau asal Minangkabau jadi semakin tahu dengan Komunitas Anak-Anak Minang, agar dapat ikut berperan aktif, demi memajukan komunitas kita ini, yang berorientasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap Minangkabau, serta menjaga budaya Minang, meski kita hidup di rantau,” kata Ghea Mirrela yang juga adalah seorang penulis novel.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -