31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kita Pancasila
K

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Adi Saputra

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Lima sila dari Pancasila, dasar negara kita yang akhir-akhir ini semakin dilupakan dan disepelekan oleh generasi baru anak bangsa. Bahkan ada juga seorang tokoh intelektual yang lahir dan hidup sembari menikmati seluruh kebaikan Indonesia, dianggap sebagai ideologi yang gagal.

Perlahan Pancasila mulai dipudarkan, ideologi-ideologi dari luar dianggap lebih layak dan dipelajari anak-anak muda masa kini.

Mengacu pada kenyataan-kenyataan upaya pemudaran nilai-nilai luhur Pancasila, Balai Pancasila Institute membedah apa yang menjadi rumusan tersebut supaya memberikan sumbangan pemikiran, pijakan dan arah yang jelas bagi bangsa ini untuk menjadi bangsa besar sesuai dengan cita-cita dan tujuan didirikannya bangsa ini oleh semua komponen pendiri bangsa yang mewakili seluruh anak bangsa, tentunya sesuai dan berdasarkan Pancasila.

Apapun bangsanya pasti memiliki jalan sendiri sesuai karakter dan sejarah bangsa itu sendiri. Itulah sebab mengapa dunia ini terdiri dari berbagai bangsa, suku dan agama.

Sebenarnya para pendiri kita sudah meletakkan dasar bernegara yaitu Pancasila, sebuah penggalian berdasarkan sejarah kejayaan bangsa ketika itu dan karakter bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama, tetapi memiliki satu kesamaan dalam hal adat istiadat ketimuran.

Namun, kenapa seakan-akan Pancasila hanya dianggap jargon semata dan tampak sulit mewujudkannya? Jawabannya adalah karena sebagian besar orang memandang Pancasila tidak secara sederhana, dan tidak melihat dari sudut pandang sebagai rakyat Indonesia yang memiliki adat istiadat ketimuran.

Untuk mewujudkan sebuah negara yang besar sangatlah sederhana hanya dengan syarat setiap warga negara Indonesia melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen.

Setiap anak bangsa Indonesia akan merasa mempunyai satu ibu, walau berbeda suku, ras dan agama namun ia akan tetap mengayomi juga merangkul siapapun dan bagaimanapun sesuai hak dan kewajibanya berdasarkan konstitusi.

Maka jadilah kita bangsa yang besar yang bangga dan mempunyai karakter yang kuat. Tetap bersatu walau dengan jutaan perbedaan, tetap bersatu dalam membangun bangsa kita, bangsa Indonesia karena kita pancasila. Jayalah bangsaku!

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img