24 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Ketua MUI Payakumbuh Selatan Ajak Masyarakat Nonton Film Pemberontakan G 30 S/ PKI
K

Kategori -

Payakumbuh – Bagaimana sejarah kelam pemberontakan G 30 S/ PKI yang hingga kini selalu diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila? Mungkin generasi muda saat ini banyak yang bingung menjelaskannya. Publik pun kembali hangat memperbincangkan isu tentang PKI dan komunisme akhir-akhir ini.

“Kalau dulu, kita diminta menonton film G 30 S/ PKI. Bahkan ada tugas sekolah untuk membuat review tentang film tersebut. Sehingga kita punya pemahaman dasar tentang kebiadaban G 30 S/ PKI. Semenjak 2008 itu tidak ada lagi,” papar Ketua MUI Payakumbuh Selatan, Ustadz H Hannan Putra Lc MA dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (29/9/2020).

Menurut Sang Ustadz, saat ini generasi muda hanya faham kalau pemberontakan PKI hanya terjadi di Madiun tahun 1948. “Padahal, PKI yang waktu itu sebagai partai nomor 2 terbesar di Indonesia ada di mana-mana. Tak luput di tempat kita seperti Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Banyak saksi sejarah yang saat ini masih hidup. Mereka menyaksikan orang tua dan Keluarga mereka pernah dibantai oleh PKI,” papar Sang Ustadz.

Yang lebih menyedihkannya lagi, lanjut beliau, ada pula yang punya pemahaman kalau PKI adalah korban ketidak-adilan pemerintah orde lama. Sehingga ada penggiringan opini bahwa pemerintah harus meminta maaf kepada PKI.

“Jadi mari kita kembali memahami sejarah. Bahwa negara kita punya trauma masa lalu, yakni pemberontakan kaum komunis yang kemudian melahirkan TAP MPRS no.XXV Tahun 1966. Mari kita ambil hikmah besar dari sejarah kelam bangsa kita yang pernah dikhianati PKI,” papar beliau.

Ustadz Alumnus Al-Azhar Kairo Mesir tersebut mengapresiasi jika ada kalangan masyarakat yang mau menyelenggarakan nonton bareng film tersebut. Sebagaimana akan ditayangkan di sejumlah stasiun televisi nasional esok, Rabu (30/9/2020) seperti; TV One, SCTV, dan lainnya.

“Ada sejumlah kafe yang ingin buat nobar. Pendapat kami, ya silahkan saja asal bisa mematuhi protokol kesehatan. Sehingga keramaian yang timbul tidak menciptakan cluster baru penyebaran covid-19. Ini yang harus dijaga bersama,” ujarnya.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.
- Advertisement -

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Silaturahmi Dengan Paguyuban Jawa Di Payakumbuh, Ini Kata Walikota

Wali Kota Riza Falepi menerima kunjungan dari perwakilan masyarakat suku jawa yang berada di Kota Payakumbuh yang dikenal dengan nama Paguyuban Saduluran Ngapak dan Paguyuban Pakuwojo di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Minggu (17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -