27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ketua MK Hamdan Zoelva Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Sawahlunto
K

Kategori -
- Advertisement -

Pelaksanaan ibadah haji ini memakan waktu sekitar 40 hari sehingga dijadwalkan kembali ke tanah air yaitu pada 17 Oktober tiba di Bandara Internasional Minangkabau. Diakui kepala Kemenag kuota haji untuk tahun ini meningkat dari 55 di tahun sebelumnya menjadi 74.

Calon jemaah haji kota Sawahlunto tahun ini tampaknya lebih beruntung, karena mendapat trik-trik khusus dan dilepas langsung oleh seorang Hamdan Zoelva, ketua Mahkamah Konstitusi RI.

Dalam kesempatan melepas jemaah haji kota Sawahlunto yang berlangsung di Mesjid Agung Nurul Islam pada kamis (4/9) Hamdan memaparkan kepada calon jemaah haji kota Sawahlunto cara untuk dapat mencium batu Hajar Aswad.

“Memang mencium batu Hajar Aswad tidak diwajibkan saat pelaksanaan ibadah haji, namun dapat meraih batu ini menjadi pengalaman spiritual yang luar biasa bagi seorang muslim” ungkap Hamdan yang mengaku pernah diberi pertolongan oleh Allah untuk mencium batu ini.

Tidak semua jemaah haji dapat mencapai batu yang disucikan Allah ini, karena kesempatan untuk menciumnya tidaklah mudah, ada puluhan ribu manusia memadati Ka’bah. Namun dengan pertolongan Allah, tidak ada yang tidak mungkin” lanjutnya.

Hamdan sendiri mengaku mendapatkan trik-trik ini dari seorang ulama, dan mempraktekkannya sendiri saat berada di Mekkah.

Menurut Hamdan, yang terpenting dalam pelaksanaan ibadah haji adalah meluruskan niat, semata-mata untuk beribadah. Jika ada niat untuk meningkatkan derajat di mata manusia, atau niat untuk belanja, maka yang didapat oleh jemaah haji hanyalah dunia.

“Ketika berada di Mekkah, upayakan sholat sunad hajad di Mesjidil Harom dan meminta pertolongan Allah untuk mencium hajar Aswad. INsya Allah, doa dan niat kita didengarkan Allah” ujar ketua Mahkamah Konstitusi yang sebelumnya menjadi pembicara pada acara Pekan Konstitusi yang diselenggarakan di Sawahlunto. (humas sawahlunto)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img