26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kesbangpol Gelar Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan
K

Kategori -
- Advertisement -

Dalam rangka penyegaran kembali mengenai pemahaman masyarakat kota Payakumbuh akan wawasan kebangsaan, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Payakumbuh gelar acara Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan, selama dua angkatan, 2-3 April 2014.

Ketua pelaksana kegiatan Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol, Harlon, M.Si, melaporkan, gelar acara di Aula Gedung Gambir Fakultas Pertanian Unand Payakumbuh itu, diikuti total 427 peserta. Hari pertama diikuti 200 peserta, melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pengurus karang taruna serta pengurus OSIS tingkat SMP dan SMA se-Kota Payakumbuh.

Kegiatan mengangkat thema “Peningkatan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Dalam Menegakkan Ideologi Negara” ini, dibuka Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, didampingi Asisten Pemerintahan Sekdako Payakumbuh Yoherman dan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman.

Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar dalam sambutannya mengingatkan kepada para peserta akan pentingnya menjaga dan terus menumbuhkan semangat berbangsa dan bernegara ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan, saat ini masyarakat dihadapkan dengan berbagai persoalan yang dapat memicu munculnya konflik internal. Menjelang pesta demokrasi Pemilu, bukan tidak mungkin masyarakat akan terkotak-kotak karena perbedaan kepentingan politik diantara sesama masyarakat.

Karena itu, kepada peserta forum pemantapan wawasan kebangsaan agar dapat meredam sedini mungkin hal-hal yang memicu timbulnya konflik tersebut. Semangat kebangsaan, yang diiringi dengan semangat persatuan dan kesatuan ini, tidak boleh luntur dikarenakan perbedaan pilihan politik. Sebaliknya, tujuan Pemilu menambah terciptanya semangat kebersamaan dalam membangun kota ini. Berbeda pendapat dan pilihan dalam Pemilu ilindungi oleh undang-undang. Tapi, tidak merusak sendi-sendi persatuan dan kesatuan warga, katanya.

Adapun narasumber dalam acara tersebut antara lain Kepala Kantor Kesbang Pol Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Rubintoro Suhada, Dandim 0306 Lima Puluh Kota Trisno Widodo, Prof. Mestika Z. dan Prof. Azwar Ananda dari Padang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img