24 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kemenkominfo Ulas Cara Aman Transaksi Online di Pasaman Barat
K

Kategori -
- Advertisement -

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Kemenkominfo RI kembali menggelar webinar bertajuk literasi digital di Kabupaten Pasaman Barat. Kali ini, tema yang diulas antara lain cara aman bertransaksi online.

Salah satu narasumber webinar itu, Penyiar Radio dan Dosen, Ilham Ramdana Ilham menjabarkan tips aman di media sosial, meliputi gunakan email yang berbeda, serta hilangkan nomor kartu kredit setiap usai bertransaksi.

“Hati-hati login di komputer orang, gunakan password yang kuat, jangan sembarang mengunduh dan membagikan sesuatu di media sosial,” katanya.

Pada kesemapatan yang sama, Konsultan Media dan CEO Instereo Group, Pati Perkasa menegaskan bahwa internet sehat dapat dirasakan pada bisnis yang sedang dijalani, kehidupan yang senang, koneksi pertemanan yang semakin meluas, serta menciptakan personal branding yang baik di dunia maya.

“Tips agar berinternet sehat, manfaatkan kekuatan dunia digital. Menghindari emosi negatif dan mencurahkan energy positif. Serta, tidak mengakses konten illegal seperti, pornografi, SARA, dan perjudian,” bebernya pada webinar yang dihelat Sabtu 14 Agustus 2021 itu.

Narasumber lain, CEO Witbox salah satu perusahaan agensi kreatif, Ahmad Hafidz menuturkan cara aman bertransaksi online.

“Jika ingin berbelanja online maka upayakan belanja di platform terpercaya. Pahami sistem pembayaran, berkomunikasi dengan penjual, pahami sistem keluhan, memahami hak dan kewajiban, serta pahami keamanan produk,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kurikulum SMAN 1 Pesaman, Herman Dewilda menyebut penggunaan media sosial harus disertai akal budi, mematuhi ajaran agama, mentaati hukum, adat-istiadat serta nilai-nilai yang senantiasa dipakai dalam tatanan masyarakat.

“Orang bijak sebelum mengunggah di media sosial adalah orang yang selalu berpedoman kepada agama, akal budi, pengalaman, pengetahuan, ketajaman pikiran, kepandaian, dan kehati-hatiannya,” katanya.

Webinar diakhiri oleh Nutrisionist, Konten Kreator, dan Influencer dengan Followers 10,3 ribu, yaitu Rani Apriliani. Dia menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img