24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan
K

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) setiap tahun adalah dengan membangun bendungan.

“Bendungan merupakan salah satu solusi dari permasalahan banjir yang ada ini,” kata Kepala Balai Teknik Bendungan Kementerian PUPR, Duki Malindo, ST, MCM, saat Webinar yang diselenggarakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, kemarin.

Solusi pembangungan bendungan direspon positif oleh Dijen SDA Kemen PUPR yang hadir dalam kegiatan webinar tersebut sekaligus menjadi Keyneto Speaker dalam kegiatan tersebut.

Ia mengatakan Kementerian PUPR semaksimal mungkin sesuai dengan tupoksi akan bergerak di sempadan sungai, membuat embung, bendungan, normalisasi sungai, dan tanggul pantai. Tetapi ini tidak ada apa-apanya tanpa peran serta Bapak-Ibu di daerah, termasuk masyarakat sekalian.

“Yang bisa kami lakukan adalah mengoperasikan bendungan yang ada di seluruh Indonesia secara optimal, sehingga tampungan air dapat maksimal di musim hujan. Kedua, semaksimal mungkin kami menyiapkan sarana prasarana yang stand by dan tercatat di masing-masing balai untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah, BNPB, selanjutnya, kami menginventarisir kegiatan di masing-masing Balai, bila sewaktu-waktu diperlukan dapat digunakan di lokasi lokasi bencana,” kata dia.

Sementara itu, Kepala BWS Sumatera V Padang, Dian Kamila, ST,MT dalam paparannya terkait wacana pembangunan bendungan Gunung Malintang di Desa Gunung Malintang Kecamatan Pangkalan Kabupaten Limapuluh Provinsi Sumatera Barat.

BWS Sumatera V Padang dan HATHI cabang Sumatera Barat, memperoleh banyak dukungan dari pihak akademisi, pakar, dan instansi terkait untuk menyelesaikan permasalahan banjir tersebut.

“Bahkan Dirjen SDA juga berpesan untuk BWS Sumatera V Padang segera berkoordinasi dengan para pakar, dan mengharapkan adanya permodelan sehingga menemukan solusi terbaik untuk permasalahan banjir ini,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang turut menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan webinar tersebut menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih beliau atas keseriusan Kementerian PUPR dalam mengatasi permasalahan banjir Pangkalan ini.

Sebelumnya fenomena banjir pada Sungai Batang Maek Kabupaten Limapuluh Kota hampir terjadi setiap tahun, dimana kejadian terbaru terjadi pada Maret 2017 dengan puncak debit air 2.345 m3/s yang merendam Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan Kapur IX telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi yang besar.

Peristiwa tersebut menjadi kekhawatiran bagi BWS Sumatera V Padang dan Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) Cabang Sumatera Barat kemudian berintegrasi dan memandang diperlukan wadah diskusi antar sektor baik pemerintah, akademisi, maupun praktisi terkait permasalahan banjir di Pangkalan. Sehingganya dengan kegiatan tersebut didapatkan solusi jangka panjang yang dapat diterapkan untuk penanganan banjir di Pangkalan yang sering terjadi pada beberapa tahun terakhir.

Panitia membuka kuota pendaftaran sebanyak 450 orang peserta, kegiatan webinar ini diikuti oleh para anggota HATHI, para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, civitas akademisi, praktisi, masyarakat umum, dan stakeholders lainnya. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.
- Advertisement -

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...
- Advertisement -