30 C
Padang
Senin, April 19, 2021
Beritasumbar.com

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna
K

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – “Mamiliah Badunsanak” begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, Lurah Padang Karambia Budiarto mengatakan pemilihan seperti ini dilakukan agar dikemudian hari tidak ada lagi masyarakat yang komplen atas pemilihan ketua LPM dan KT untuk periode 2021-2026 karena tidak sesuai dengan harapan mereka.

“Biasanya kan hanya perwakilan dari setiap RT /RW dan Tokoh Masuarakat saja yang memeilih, jadi sekarang kita merubah pola yang biasanya dan melibatkan langsung seluruh warga Padang Karambia supaya mereka bisa menentukan pilihan masing-masing,” kata Lurah Padang Karambia Budiarto kepada media dilokasi pemilihan.

“Sebelumnya masyarakat juga telah mendengar visi dan misi dari masing-masing calon, dan hari ini mereka memilih di TPS yang telah kita sediakan,” tambahnya.

Budi menyebut pihak kelurahan juga telah membentuk Petugas Penyelenggara Pemungutan Suara (PPPS) yang akan bertugas pada hari “H” nanti, sedangkan untuk logistik pemilihan sendiri penyelenggara meminjam ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.

“Sedangkan untuk C Pemberitahuan (undangan untuk memilih-red) yang kita distribusikan disana sudah diatur jadwal memilihnya agar tidak menimbulkan kerumunan masyarakat dan kita juga menyediakan bilik khusus untuk pemilih yang suhunya diatas 37 derajat celcius,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, “Semua ini kita seting seperti pemilihan Kepala Daerah Kemaren, mungkin pemelihan seperti ini yang pertama kali di Payakumbuh atau bisa jadi yang pertama kali juga di Sumatera Barat,” lanjutnya sambil tersenyum.

Ketika mengunjungi lokasi Pencoblosan Camat Payakumbuh Selatan L. Kefrinasdi mengatakan ini merupakan momen yang sangat luar biasa, dimana masyarakat bisa langsung pemilih ketua LPM dan KT secara lansung.

“Melihat antusiasme masyarakat, atas nama Kecamatan Payakumbuh Selatan saya sangat bangga sekali, dan memberikan apresiasi karena dengan pemilihan seperti ini akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas seperti yang diharapkan masyarakat,” ucap Camat Payakumbuh Selatan.

Sementara itu Dewan Pimpinan Cabang LPM Kota Payakumbuh Doni Saputra memberikan suport dan dukungan atas gebrakan yang dilakukan oleh Kelurahan Padang Karambia untuk pemilihan ketua LPM dan KT yang lebih demokratis.

“Karena LPM merupakan mitra kerja dari kelurah di lapangan, maka ketuanya harus sesuai dengan keinginan masyarakat, harapannya LPM terpilih nanti bisa bekerja sama dengan kelurahan agar pembangunan di keluraha ini lancar,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi mengatakan sesuai dengan temanya melalui pemilihan ini akan tercipta kepengurusan yang solid dan efektif, karena yang memilih langsung dari seluruh lapisan masyarakat.

“Kita ingin nantinya lahir kepengurusan yang mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan bisa membawa KT Padang Karambia menjadi karang taruna yang bisa dibanggakan untuk seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Yonaldi mengharapkan, “Untuk kedepannya seluruh kelurahan yang akan memilih kepengurusan KT yang baru bisa mencontoh pemilihan seperti ini yg lebih demokrasi dan visi misi yang jelas,” harapnya

Saat temui media Busra Algeri yang juga mantan ketua LPM Padang Karambia mengatakan dengan pemilihan layaknya Pilkada ini merupakan sebuah gebrakan besar untuk memilih pimpinan ditingkat kelurahan dan semoga bisa menjadi contoh untuk kelurahan lainnya di payakumbuh khususnya.

“Dengan pemilihan ketua LPM dan KT yang badunsanak ini mudah-mudahan dapat terpilih ketua yang bisa mengayomi masyarakat dan bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk kemajuan daerah kita,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia pemilihan Yudi Nelta menyebut pihaknya menyediakan surat suara sebanyak 1.000 lembar untuk masing-masing pemilihan dimana untuk wajib pilih berusia 13 tahun keatas dan unruk menarik minat pemilih panitia juga menyediakan dorprice.

“Setiap pemilih akan menerima dua surat suara dan untuk dorprice sendiri berasal dari swadaya masyarakat dan ada juga dari ketua Darma Wanita Payakumbuh Ny. Cece Rida Ananda,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Lagi Patroli, Polsek Pancung Soal Temukan Warga Asyik Main Judi

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Anggota Polsek Pancung Soal saat itu sedang melaksanakan patroli mendapatkan beberapa orang sedang asik bermain judi song atau remi disebuah warung. Tiga pelaku berhasil kabur sedangkan 2 pelaku ditangkap
- Advertisement -

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Dipimpin Rektor UIN Imam Bonjol TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Muttahiddin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Hari ke lima Ramadhan, Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Eka Putra Wirman mengunjungi Masjid Muttahiddin Parambahan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sabtu (17/04).
- Advertisement -

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dipimpin Rektor UIN Imam Bonjol TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Muttahiddin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Hari ke lima Ramadhan, Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dipimpin oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Eka Putra Wirman mengunjungi Masjid Muttahiddin Parambahan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sabtu (17/04).

Tim Safari Ramadhan DPRD Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Al Mukarrahmah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Didampingi Ketua DPRD Kota Payakumbuh Beserta Sekretaris Daerah Dan Jajaran OPD Kota Payakumbuh, Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar Kunjungi Mesjid Al-Mukarrahmah Padang Tinggi Piliang, Sabtu (17/4). Tim Safari Ramadhan dari Provinsi Sumatra Barat Dipimpin oleh Supardi,Ketua DPRD Sumbar.

Bersama Kajati Sumbar, Wako Bersafari Ramadhan Ke masjid Muhsinin

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi bersama rombongan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat disambut hangat pengurus Masjid dan jamaah Masjid Muhsinin Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (17/4).

Daerah Tetangga Zona Merah, Ini Pesan Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi menyampaikan dilema yang saat ini dihadapi pemerintah dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 apalagi di Bulan Ramadhan adalah antara kebutuhan beribadah di mesjid dan di sisi lain posisi Payakumbuh yang belum aman, karena daerah tetangga (Kabupaten Limapuluh Kota) saat ini statusnya zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar.

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.
- Advertisement -