29 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna
K

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – “Mamiliah Badunsanak” begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, Lurah Padang Karambia Budiarto mengatakan pemilihan seperti ini dilakukan agar dikemudian hari tidak ada lagi masyarakat yang komplen atas pemilihan ketua LPM dan KT untuk periode 2021-2026 karena tidak sesuai dengan harapan mereka.

“Biasanya kan hanya perwakilan dari setiap RT /RW dan Tokoh Masuarakat saja yang memeilih, jadi sekarang kita merubah pola yang biasanya dan melibatkan langsung seluruh warga Padang Karambia supaya mereka bisa menentukan pilihan masing-masing,” kata Lurah Padang Karambia Budiarto kepada media dilokasi pemilihan.

“Sebelumnya masyarakat juga telah mendengar visi dan misi dari masing-masing calon, dan hari ini mereka memilih di TPS yang telah kita sediakan,” tambahnya.

Budi menyebut pihak kelurahan juga telah membentuk Petugas Penyelenggara Pemungutan Suara (PPPS) yang akan bertugas pada hari “H” nanti, sedangkan untuk logistik pemilihan sendiri penyelenggara meminjam ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.

“Sedangkan untuk C Pemberitahuan (undangan untuk memilih-red) yang kita distribusikan disana sudah diatur jadwal memilihnya agar tidak menimbulkan kerumunan masyarakat dan kita juga menyediakan bilik khusus untuk pemilih yang suhunya diatas 37 derajat celcius,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, “Semua ini kita seting seperti pemilihan Kepala Daerah Kemaren, mungkin pemelihan seperti ini yang pertama kali di Payakumbuh atau bisa jadi yang pertama kali juga di Sumatera Barat,” lanjutnya sambil tersenyum.

Ketika mengunjungi lokasi Pencoblosan Camat Payakumbuh Selatan L. Kefrinasdi mengatakan ini merupakan momen yang sangat luar biasa, dimana masyarakat bisa langsung pemilih ketua LPM dan KT secara lansung.

“Melihat antusiasme masyarakat, atas nama Kecamatan Payakumbuh Selatan saya sangat bangga sekali, dan memberikan apresiasi karena dengan pemilihan seperti ini akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas seperti yang diharapkan masyarakat,” ucap Camat Payakumbuh Selatan.

Sementara itu Dewan Pimpinan Cabang LPM Kota Payakumbuh Doni Saputra memberikan suport dan dukungan atas gebrakan yang dilakukan oleh Kelurahan Padang Karambia untuk pemilihan ketua LPM dan KT yang lebih demokratis.

“Karena LPM merupakan mitra kerja dari kelurah di lapangan, maka ketuanya harus sesuai dengan keinginan masyarakat, harapannya LPM terpilih nanti bisa bekerja sama dengan kelurahan agar pembangunan di keluraha ini lancar,” ujarnya.

Dikesempatan itu juga Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi mengatakan sesuai dengan temanya melalui pemilihan ini akan tercipta kepengurusan yang solid dan efektif, karena yang memilih langsung dari seluruh lapisan masyarakat.

“Kita ingin nantinya lahir kepengurusan yang mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan bisa membawa KT Padang Karambia menjadi karang taruna yang bisa dibanggakan untuk seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Yonaldi mengharapkan, “Untuk kedepannya seluruh kelurahan yang akan memilih kepengurusan KT yang baru bisa mencontoh pemilihan seperti ini yg lebih demokrasi dan visi misi yang jelas,” harapnya

Saat temui media Busra Algeri yang juga mantan ketua LPM Padang Karambia mengatakan dengan pemilihan layaknya Pilkada ini merupakan sebuah gebrakan besar untuk memilih pimpinan ditingkat kelurahan dan semoga bisa menjadi contoh untuk kelurahan lainnya di payakumbuh khususnya.

“Dengan pemilihan ketua LPM dan KT yang badunsanak ini mudah-mudahan dapat terpilih ketua yang bisa mengayomi masyarakat dan bekerja sama dengan pihak kelurahan untuk kemajuan daerah kita,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia pemilihan Yudi Nelta menyebut pihaknya menyediakan surat suara sebanyak 1.000 lembar untuk masing-masing pemilihan dimana untuk wajib pilih berusia 13 tahun keatas dan unruk menarik minat pemilih panitia juga menyediakan dorprice.

“Setiap pemilih akan menerima dua surat suara dan untuk dorprice sendiri berasal dari swadaya masyarakat dan ada juga dari ketua Darma Wanita Payakumbuh Ny. Cece Rida Ananda,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.
- Advertisement -

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.

Terjadi Penambahan 22 Kasus Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya lonjakan kasus masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 22 kasus.
- Advertisement -