25.5 C
Padang
Minggu, Mei 9, 2021
Beritasumbar.com

Kejati Sumbar: Tiga Kasus Korupsi Tunggu Audit
K

Kategori -

Padang – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat, Sugiyono mengatakan tiga kasus korusi masih menunggu hasil penghitungan kerugian negara oleh BPK dan BPKP.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar terhadap tiga kasus yang statusnya berada di tingkat penyidikan itu,” kata Sugiyono usai melakukan pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), di Padang, Senin.

Tiga kasus itu adalah dugaan korupsi pemberian fasilitas kredit Cabang Utama Bank Nagari Padang, dugaan korupsi di tubuh Sekretariat Pemerintahan Kota (Pemkot) Solok 2008, dan dugaan korupsi pembangunan kampus III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol (IB) Padang.

Ia mengatakan, pihaknya pun menginginkan agar kasus itu segera tuntas. Hanya saja pemrosesannnya tersangkut di penghitungan kerugian negara.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan lembaga yang benarkan melakukan penghitungan kerugian negara itu,” katanya.

Saat ditanyai tentang pemrosesannya, ia mengatakan untuk kasus IAIN Kejati Smbar telah memeriksa sebanyak 40 saksi, dengan dua tersangka.

Sedangkan kasus korupsi Cabang Utama Bank Nagari Padang, hingga saat ini terdapat empat nama yang ditetapkan sebagai tersangka. Pihak Kejati juga telah melakukan penyitaan uang sebesar Rp1,46 miliar, terkait kasus itu.

Sedangkan untuk korupsi Pemkot Solok, ia mengatakan pihak penyidik pidana khusus telah mengantongi nama calon tersangka. Hanya saja belum untuk dipublikasikan.

“Ketiga kasus itu saat ini menunggu perhintungan kerugian keuangan negaranya,” katanya.

Penyidikan dugaan korupsi pemberian fasilitas kredit Cabang Utama Bank Nagari Padang itu, telah dilakukan sejak Januari 2015.

Sedangkan dugaan korupsi Sekretariat Pemerintahan Kota (Pemkot) Solok 2008, penyidikan juga telah dimulai sejak Januari 2015. Terdapat tiga dana yang diduga bermasalah dalam perkara itu yaitu perjalanan dinas luar daerah fiktif, biaya rumah tangga kepala daerah, dan honor pengelolaan dan pengendalian keuangan daerah tahun anggaran 2008.

Dalam kasus itu telah diperiksa sejumlah saksi, beberapa di antaranya adalah Bupati Solok Syamsu Rahim, yang diperiksa selama tujuh jam dengan 15 pertanyaan pokok, di Kantor Kejati Sumbar, Jalan Raden Saleh, pada 15 Januari 2015. Ia diperiksa sebagai saksi karena pada saat kasus terjadi 2008, menjabat sebagai wali Kota Solok.

Selain Syamsu Rahim, Wali Kota Solok Irzal Ilyas juga telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang sama pada 10 Februari, dengan 15 pertanyaan pokok. Ia pada 2008 menjabat sebagai Wakil Walikota Solok.

Untuk dugaan korupsi pembangunan Kampus III IAIN IB Padang, dua nama telah ditetapkan sebagai tersangka sejak Juli 2015. (Ant/Oleh Agung Pambudi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

DWP Payakumbuh Gelar Bagi Sembako

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Darma Wanita Persatuan (DWP) Payakumbuh melalui program DWP peduli memberikan bantuan sembako untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I, II A, THL serta masyarakat kurang mampu yang tidak mendapatkan BLT dari pemerintah.
- Advertisement -

Next Gen Cari Penyanyi untuk Lagu-Lagu Chris Weni, Didukung oleh Indonesia Records dan Chossypratama

Chris Weni, dara cantik asal Pasuruan, Jawa Timur punya keahlian istimewa dalam menulis lagu, baik pada kekuatan lirik, juga pada komposisi akord. Karya-karya lagu yang ia tulis punya peluang besar untuk sukses di industri musik Tanah Air.

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.
- Advertisement -

Pertemuan Pengurus KMDM dan Pengurus Koperasi Kopertis X tentang Minimarket Digital

Padang,BeritaSumbar.com,-Selasa, 4 Mei 2021, Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) yang berkantor di Jl. Sungai Balang, Cupak Tangah, Pauh, Padang, mendapat kunjungan dari Pengurus Koperasi Kopertis X yang berkantor di Jl. Khatib Sulaiman Gunung Pangilun, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, 25173.

Tim Mata Elang Ringkus Pelaku Narkoba

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Tim Opsnal Mata Elang Sat Resnarkoba Polres Pariaman kembali berhasil meringkus seorang pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu inisial AP (33) di Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Rabu 5/5/2021 sekira pukul 23:00 WIB
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -