26 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kakankemenag Pembinaan Penyuluh dan Pengukuhan APRI Cabang Padang Panjang
K

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar melakukan Pembinaan Penyuluh dan Pengukuhan Pengurus Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Padang Panjang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu (25/08/2021)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Urais Binsyar H. Edison bersama Ketua APRI Provinsi Sumatera Barat Syaiful Rizal, Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar didampingi Kasi Bimas Islam H Syaiful Arifin beserta JFU Bimas Islam, Ketua APRI DPD Provinsi Sumatera Barat, Kepala KUA Padang Panjang Timur Muhammad Nur beserta seluruh Penghulu dan Penyuluh se Kota Padang Panjang

Ketua APRI Provinsi Sumatera Barat Syaiful Rizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penghulu dalam kegiatannya diharapkan berkoordinasi dengan Lembaga yang menaungi yakni Kementerian Agama didaerah tempat penghulu bertugas.

“Mari jaga Integritas dan profesionalitas dalam bertugas,” ujarnya.

“Terimakasih kepada Kakankemenag beserta jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan pelantikan dan pembinaan ini,” tukasnya.

Sementara Kakankemenag Kota Padang Panjang dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada yang telah dilantik menjadi pengurus APRI Cabang Padang Panjang dan semoga amanah

Pada Kesempatan ini Julpagni dikukuhkan menjadi Ketua Cabang Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kota Padang Panjang beserta anggota lainnya.

Untuk Penyuluh Agama Kakankemenag berpesan setidaknya Empat tugas Penyuluh Agama

  1. Edukasi
    Edukasilah masyarakat menjadi Rahmatan Lil A’lamin
  2. Informatif
    Informasi yang patut disampaikan
  3. Konsultatif
    Penyuluh Agama menjadi Narasumber atau tempat bertanya oleh masyarakat terkait permasalahan agama
  4. Advokasi
    Melakukan pembinaan, pendampingan terhadap masyarakat yang bermasalah

Kakankemenag melaporkan kepada Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat bahwa “Kemenag Padang Panjang telah melahirkan sebuah Inovasi “Lingkar Sakinah” yang menjadi unggulan Seksi Bimas Islam yang mana layanan ini ada disetiap Kelurahan di Kota Padang Panjang,” ujarnya

Kemudian menutup sambutannya Kakankemenag berharap kepada penyuluh maupun penghulu untuk bekerja sesuai dengan regulasi menurut aturan pemerintah dan juga sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Urais Binsyar H. Edison dalam pembinaannya juga menyampaikan terimakasih kepada Kakankemenag Kota Padang Panjang beserta jajarannya yang telah mengukuhkan kegiatan ini sebagai sarana Advokasi dan berbagi informasi tentang tugas Penghulu.

“Perlu diingat bahwa Organisasi Profesi APRI dikukuhkan bukan untuk berkesan eksklusif, tapi sebagai sarana untuk berbagi informasi dan advokasi,” ujar Edison. (Adi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img