29 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kajian Rutin Riyadhusshalihin Santri Asrama MAN 1 Solok PK Bersama Ustadz Nasrul Hamsyah
K

- Advertisement -

Kabupaten Solok, beritasumbar.com – Usai menunaikan ibadah shalat magrib berjama’ah, santri asrama putera dan puteri MAN 1 Solok Plus Keterampilan mengikuti kajian Riyadhusshalihin bersama Ustadz Nasrul Hamsyah, S.Ag di Masjid Jabal Nur, Senin (09/01/2023)

Pada pekan pertama semester genap ini, Ustadz Nasrul Hamsyah menjelaskan materi kajian tentang “Sabar.” Materi ini menjadi pilihan yang tepat untuk memotivasi santri yang tinggal di asrama untuk lebih bersabar lagi dalam mengikuti program asrama dan juga belajar di madrasah serta menghadapi tantangan-tantangan dalam kehidupan mereka.

“Sabar itu merupakan fi’il amar atau kata perintah, bersabarlah.” ujar Ustadz Nas. Ia melandasi materi kali ini dengan Surah Al-Baqarah ayat 155-156.

“Ada banyak bentuk ujian yang kita temui dalam keseharian kita, kekurangan harta, makanan, dan lain-lain. Jika kita menghadapi suatu ujian atau cobaan, maka ucapkanlah Innalillahi wainna ilaihi raji’un,” jelasnya

Ustadz Nasrul memberikan banyak contoh-contoh tentang kesabaran, terutama contoh atau kisah yang termuat dalam buku Riyadhussalihin karya ulama masyhur, Abu Zakaria Muhyidin an-Nawawi.

“Kuatkan hati, kuatkan kesabaran dalam menggapai cita-cita,” pesan guru BK MAN 1 Solok tersebut mengakhiri tausiyahnya.

Kegiatan kajian tersebut dihadiri oleh 73 orang santri dan 6 orang pembina asrama putera dan puteri. Kegiatan berlangsung lancar dan santri menyimak secara seksama.

Kajian Riyadhusshalihin ini merupakan program kegiatan santri asrama MAN 1 Solok PK yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin setelah shalat magrib. (Fitria)

Santri asrama MAN 1 Solok Plus Keterampilan mengikuti kajian Riyadhusshalihin di Masjid Jabal Nur MAN 1 Solok PK.
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img