26 C
Padang
Minggu, Agustus 1, 2021
Beritasumbar.com

Kabupaten Pesisir Selatan Rampungkan PLTS Rp1,8 Miliar
K

Kategori -

Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyatakan telah merampungkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya tahun 2015 senilai Rp1,8 miliar.

Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas Kehutanan dan ESDM Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus, di Painan, Rabu, menjelaskan lokasi pembangunan PLTS dengan total kapasitas terpasang 135 KV itu tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain Kecamatan Silaut, Lunang, dan Air Pura.

Proyek serupa juga dialokasikan pada beberapa kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Lengayang, Sutera, Bayang, dan di Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Semuanya selesai. Serapan biaya Rp1,6 miliar. Itu merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam menyediakan sumber energi bagi masyarakat,” ujarnya lagi.

Menurutnya, ke depan pemerintah daerah terus berupaya melakukan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), utamanya sumber energi sekunder seperti pembangkit tenaga listrik.

Upaya itu, sesuai dengan rencana pemerintah yang menargetkan bauran energi basional dari EBT mencapai 25 persen pada tahun 2025 mendatang.

Secara terpisah, Kepala Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Sumbar, Heri Martunis, menyampaikan pengembangan EBT saat ini merupakan salah satu prioritas pihaknya.

Bahkan, pemakaian EBT pada pembangkit listrik juga tertuang dalam draf Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) 2016–2024 yang tengah disusun.

“Dalam perencanaannya, total kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga air di Sumbar tahun 2025 sebesar 1.100 megawatt,” katanya lagi.

Selain itu, pihaknya menargetkan pemanfaatan panas bumi hingga 1.600 MW pada periode tersebut, mengingat besar potensi panas bumi yang dimiliki hingga 902 MW.

“Sedangkan yang termanfaatkan saat ini baru 200 MW di Kabupaten Solok Selatan yang dikembangkan PT Supreme Energy,” ujarnya lagi.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Rafdinal mengakui, dukungan dana APBD untuk EBT hingga kini memang relatif kecil. “Karena investasinya besar. Namun, DPRD mendukung upaya itu,” ujar dua. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -