26.2 C
Padang
Sabtu, Mei 15, 2021
Beritasumbar.com

Jumlah Warga Positif Covid Sumbar Meningkat, Bupati Minta Aksi Serius Sampai Ke Nagari
J

Kategori -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, – Positif rate Covid-19 terus menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Langkah dan aksi terus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk menekan lonjakan positif Covid-19 yang terjadi.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, pengawasan dan penerapan protokol kesehatan di sumbar masih lemah. Jumlah nominal masyarakat yang sudah dan belum menerima vaksin juga menjadi sebuah data untuk mengetahui realisasi vaksinasi yang dilakukan.

“Masih lemah, kita sudah masuk pada posisi lima besar angka positif covid 19 di Indonesia. Pemerintah kota dan kabupaten tolong perhatikan ini,” pungkas gubernur dalam rapat penanganan Covid Provinsi Sumatra Barat dalam rangka menyikapi perkembangan positif rate secara virtual.

Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Hermanto, M,H menyebutkan, Kasus terkonfirmasi Covid-19 Sumatra Barat (sumbar) 34.917. Bersama Polres yang tersebar di seluruh Sumbar terus melakukan update informasi terkait positif rate yang di wilayah hukum Polda Sumbar. Perubahan zona menjadi perhatian serius Polda Sumbar.

“Seluruh kapolres saya perintahkan untuk upadate informasi dan bekerja serius untuk terus menerus melakukan sosialisasi dan himbauan tegas di setiap wilayah. Kasus ini terus meningkat dan tidak main-main,” kata Kapolda

Harapan kita, pemerintah daerah kota/kabupaten terus memiliki pemetaan sebaran Covid -19 agar trand sebaran ini. “Sebaiknya punya pemetaan zona dan terus melakukan sosialisasi dengan baik,” harap kapolda.

Selain itu tambah Kapolda, antisipasi arus transportasi orang dan barang pada bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijiriah juga menjadi perhatian serius. Sebagai langkah kongkrit, blokade di perbatasan wilayah akan dilakukan sebagai bentuk protokol kesehatan larangan mudik.

“Pengawasan ketat diwilayah perbatasan provinsi terhadap masyarakat yang keluar masuk. Sudah banyak kendaraan bernomor polisi luar sumbar yang memanfaatkan jadwal larangan masuk ke wilayah.” Tutup kapolda

Dikatakan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, setiap Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 kecamatan hingga pemerintah nagari agar selalu melakukan aksi untuk penekanan positif rate yang terjadi. Ekspansi paparan covid-19 menggerus sektor-sektor potensial yang ada. Dan berdampak serius kepada sirkulasi ekonomi masyarakat secara umum.

“Kita jangan lengah, kasus kesehatan ketika pandemi ini adalah kasus serius. Aksi nyata untuk penekanan agar pengurangan angka terpapar terus terjadi. Aksi Satgas di lapangan sebagai penentu dan yang akan memberikan hasil,” kata bupati setelah rapat penanganan Covid Provinsi Sumatra Barat dalam rangka menyikapi perkembangan positif rate.

Ditambahkan bupati, data kongkrit masyarakat terpapar Covid-19 perlu diakumulasi dengan tepat dan jelas. Juga fasilitas kesehatan berikut petugas kesehatan Rumah Sakit dan puskesmas yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sudah sama-sama kita dengar, paparan Gubernur dan Kapolda. Dengan data kongkrit dan jelas, sehingga kita dapat memetakan penyebaran serta langkah dan aksi tepat untuk menekan angka peningkatan paparan Covid-19 yang terjadi di wilayah kita,” tegas bupati.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).
- Advertisement -

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku.  Daunnya berbentuk...
- Advertisement -

Wawako Bukittinggi Marfendi Kunjungi Komplek PeWI di Ngarai

Bukittinggi, beritasumbar.com - Usai shalat tarawih dan berceramah di masjid, Wakil Wali Kota (Wawako) Bukittinggi, Marfendi, ditengah kesibukannya, masih sempatkan diri bersilaturrahmi mengunjungi masyarakat....

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Sukseskan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Bupati Limapuluh Kota Himbau Untuk Tingkatkan Koordinasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com- Dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Polres Limapuluh Kota gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, bersama Pemerintah derah Kabupaten Limapuluh Kota dan instansi terkait, yang bertempat di Aula Polres Limapuluh Kota, pada Selasa, (27/4/2021).

Hadir Di Acara PERPEMINDO, Ini Kata Wabup Tentang Peluang Kerja Di Luar Negeri

BALI - Kepedulian pemerintah terhadap pekerja migran Indonesia hal ini didukung oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Limapuluh Kota, provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam mensosialisasikan peluang kerja di luar negeri. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri ketika menghadiri malam penerimaan penghargaan dari Perhimpunan Pengusaha Penempatan Migran Indonesia (PERPEMINDO) dan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan pembinaan kelembambagaan penempatan di Provinsi Bali, Senin (26/4/2021).

Limapuluh Kota Terima Bantuan Alat PCR Senilai 1,7 Miliar Rupiah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Pemkab Limapuluh Kota terima bantuan alat PCR Senilai 1,7 Miliar rupiah. Bantuan tersebut buah hasil pertemuan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo dengan kepala BNPB Letjend TNI Doni Moenardo beberapa waktu lalu.

Untuk Jangkau Pasar Yang Luas, Bupati Dorong UMKM Sertifikasi Produk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Rabu 21/4 Inspektur Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Dra, Maya Gustina Andarini, Apt, Msc berkunjung ke Limapuluh Kota. Tim Dari Balai Obat Dan Makanan ini disambut lansung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo
- Advertisement -